Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Berikut 5 Tanda Bayi Mau Berdiri, Lemomoms Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Tanda bayi mau berdiri penting diketahui Moms di rumah.

Pertumbuhan dan perkembangan anak wajib Moms ketahui, terutama tanda bayi mau berdiri. Hal ini karena saat bayi mulai berdiri sendiri dan melangkahkan kaki, merupakan tonggak utama dalam kemampuan motoriknya. Bayi mengalami fase perkembangan kemampuan sesuai dengan usianya. Mulai dari kemampuan membalikkan badan tanpa bantuan, duduk tegak sendiri, berdiri, dan berjalan.


Pada setiap fase kehidupannya, bayi selalu menunjukkan tanda-tanda tertentu. Apabila Moms mengamatinya secara intensif, tentu akan dapat mendampingi secara optimal. Selain itu Moms juga dapat waspada jika terjadi keterlambatan. Salah satunya adalah mengawasi tanda bayi akan berdiri berikut ini.

1. Bayi Mampu Duduk dan Mengubah Posisi Tanpa Bantuan


Pada usia 7 hingga 9 bulan, bayi akan mulai belajar duduk. Apabila si kecil sudah bisa duduk tanpa bantuan dan mampu mengubah posisi, artinya ia telah siap untuk masuk pada fase selanjutnya. Saat ia mulai duduk sambil sering mengangkat pantatnya, mulailah melakukan stimulasi untuk berdiri.


Lemomoms dapat memangku bayi, kemudian mengajaknya untuk bergerak seolah melompat di paha. Cara ini menstimulasi otot kakinya untuk menjadi semakin kuat. Namun, pastikan agar tulang belakang dan lehernya terjaga agar tidak cedera.

2. Fase Merangkak


Selanjutnya, bayi akan mulai belajar merangkak, biasanya dimulai pada usia 6 hingga 10 bulan. Bayi mungkin saja merangkak menggunakan tangan dan kakinya. Namun, beberapa dari mereka memilih menggunakan perutnya untuk merangkak.


Pada fase ini, si kecil mulai mempersiapkan kekuatan kakinya untuk berdiri nantinya. Jangan lupa, berikan stimulasi dengan tummy time, yaitu memposisikan bayi dalam keadaan telungkup dan bertumpu pada perutnya. Lemomoms juga bisa menstimulasi gerakan kakinya dengan memijat ringan dan menggerakkan seperti mengayuh sepeda.


Namun, perlu diingat bahwa saat menstimulasinya, lakukan dengan lembut. Jangan memaksa, sehingga otot si kecil tidak cedera. Jika ia tampak tidak nyaman dan kakinya menolak digerakkan, hentikan dahulu untuk mencobanya lagi di lain waktu. Hindari juga memaksa bayi berdiri sebelum waktunya, karena ini dapat mempengaruhi kesehatan tulang dan otot kakinya.

3. Sering Menunjukkan Gerakan Menungging


Pada saat bayi mempersiapkan dirinya untuk berdiri, ia mulai mencoba dengan sering menunjukkan gerakan menungging. Awasi fase ini, karena si kecil bisa tiba-tiba terguling. Namun, jangan halangi keinginannya untuk melatih kekuatan kakinya tersebut, biarkan ia berusaha, asalkan selalu dalam pengawasan.

4. Merangkak dengan Meluruskan Kaki


Posisi merangkak adalah bergerak maju atau mundur dengan bertumpu pada lutut dan tangannya. Namun, apabila bayi sering mengangkat lututnya, ini merupakan tanda ia mulai mempersiapkan diri untuk berdiri.


Tanda lainnya adalah ketika si kecil mulai mengangkat tangan untuk meraih benda-benda di sekitarnya. Untuk menstimulasinya, letakkan benda favoritnya agar ia tertarik untuk menggapainya. Namun, pastikan tidak ada benda-benda yang berisiko jatuh dan menimpa si kecil. Apabila bayi sudah mulai merambat naik dan berpegangan tangan pada Moms, artinya dia sudah mulai siap untuk berdiri.

5. Fase Melangkah


Setelah mulai berdiri dengan berpegangan, bayi akan memasuki fase melakukannya tanpa bantuan. Pastikan ia berada di alas yang empuk, karena mudah jatuh terduduk. Selanjutnya, bayi akan belajar berjalan dengan merambat sambil berpegangan pada benda ataupun tangan bunda. Dampingi terus fase ini demi keamanannya.


Itulah beberapa tanda bayi mau berdiri. Perhatikan tanda bayi mau berdiri ini, agar Moms bisa segera memberikan stimulasi padanya. Apabila si kecil terlambat berdiri, tak perlu khawatir, sebab masing-masing bayi berbeda kemampuannya. Namun, jika keterlambatan terlalu lama, segeralah konsultasi dengan dokter anak, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.