Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Berikut 6 Cara Ampuh dan Mudah Mengatasi Insomnia

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mengatasi insomnia penting dilakukan dengan baik dan benar.

Apakah kamu sering mengalami insomnia? Kondisi dengan gejala atau ciri berupa gelisah dan kesulitan untuk tidur ini memang cukup mengganggu. Pasalnya, dapat memengaruhi kegiatan kamu di keesokan hari. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengatasi insomnia, karena dengan begitu, produktivitas juga agenda keseharian dapat berjalan lancar.


Pada dasarnya, penderita insomnia akan mengalami kesulitan untuk tidur bahkan tidak bisa tidur sama sekali. Meski umumnya tidak berbahaya, namun jika berlangsung dalam kurun waktu yang lama, tentu harus menjadi perhatian kamu. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi insomnia yang bisa kamu lakukan.

1. Relaksasi


Kamu dapat meluangkan waktu relaksasi yang dilakukan sebelum tidur. Contohnya seperti melakukan gerakan yoga ataupun pilates. Kegiatan tersebut dinilai dapat membuat kamu lebih rileks, nyaman, dan tenang, sehingga kamu bisa mendapatkan waktu tidur atau istirahat yang berkualitas. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa kegiatan, seperti mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik.

2. Berpikir Positif


Terkadang, kesulitan tidur itu berasal dari beban pikiran, seperti sering berpikiran negatif atau berlebihan. Untuk itu, penting bagi kamu agar selalu menjaga pikiran tetap positif, sehingga merasa lebih tenang dan nyaman. Jika memungkinkan, hindari rasa cemas dan khawatir yang berlebihan. Lakukan me time atau kegiatan favorit untuk mengatasinya. Namun, jika rasa tersebut sudah tidak bisa diatasi, sebaiknya kamu konsultasikan dengan ahli atau pakar.

3. Perbaiki Gaya Hidup


Ternyata pola hidup juga berpengaruh pada kualitas tidur seseorang, lho. Sebaiknya kamu hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan karbohidrat kompleks menjelang waktu tidur, karena sistem pencernaan akan bekerja lebih berat dan menyebabkan sulit tidur.


Selain itu, kamu juga dapat mengurangi dan membatasi konsumsi minuman berkafein atau beralkohol, karena jenis minuman ini dapat membuat kamu terjaga lebih lama. Tak hanya itu, hindari juga merokok sebelum tidur yang dapat membuat kamu kesulitan untuk tidur dan beristirahat.


Tak lupa, kurangi dan hindari stres, sempatkan untuk rutin berolahraga jika memungkinkan 30 menit setiap harinya. Kamu bisa memilih beberapa olahraga seperti, berenang, joging dan yoga yang dapat bantu meningkatkan kualitas tidur.

4. Antisipasi Perubahan Jam Tidur


Jika kamu melakukan perjalanan atau kegiatan dengan perubahan waktu yang cukup drastis, maka hal tersebut dapat pula berpengaruh pada ritme sirkadian yang mengatur waktu bangun, tidur, metabolisme serta tubuh kamu. Untuk mengatasinya, kamu dapat membuat jadwal rutinitas, termasuk waktu tidur.

5. Suasana Nyaman


Tips berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi insomnia adalah dengan menciptakan kamar atau suasana tidur yang nyaman. Hindari mengakses gadget sebelum tidur, pilihlah bantal yang tidak terlalu tinggi supaya leher kaku saat bangun tidur, buat posisi tidur senyaman mungkin dan juga atur suhu serta pencahayaan di kamar.

6. Konsumsi Obat


Jika insomnia sudah dalam tahap ‘akut’ atau berlangsung dalam jangka waktu yang lama dan telah mencoba berbagai macam cara namun belum berhasil, kamu dapat mengonsumsi obat tidur. Namun, mengonsumsi obat tidur tidak boleh sembarangan, pastikan kamu sudah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan gunakan resep serta arahan dari dokter itu sendiri, karena akan cukup berbahaya jika mengonsumsi obat tersebut tanpa melalui dokter.


Demikian informasi mengenai cara mengatasi insomnia untuk kamu yang sedang mengalaminya. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kamu mengatasi insomnia dan mendapatkan waktu tidur yang cukup serta berkualitas.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.