Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Berikut 6 Cara Ampuh untuk Mencegah Gigi Berlubang

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mencegah gigi berlubang yang mudah dan aman dilakukan.

Cara mencegah gigi berlubang sebenarnya sangat mudah, asalkan kamu memperhatikan apa saja hal yang tidak boleh dan merusak kesehatan gigi. Kesehatan gigi menjadi salah satu hal yang penting. Bayangkan jika gigi kamu berlubang, rusak, dan tidak bisa dipertahankan. Tentu saja bisa memengaruhi penampilan dan membuat rasa percaya diri menurun. Selain itu gigi berlubang juga bisa disertai dengan masalah mulut lainnya, seperti bau mulut dan rasa sakit yang tak tertahankan.


Gigi berlubang dapat dialami dan terjadi pada siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi bagi mereka yang tidak bisa menjaga kesehatan gigi dan juga mulut, maka risiko mengalami gigi berlubang menjadi semakin besar. Ada beberapa cara mencegah gigi berlubang yang bisa kamu lakukan, diantaranya adalah:

1. Sikat Gigi 2 Kali Sehari


Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mencegah gigi berlubang adalah dengan rajin sikat gigi minimal dua kali sehari. Biasanya kegiatan ini dilakukan pada pagi dan sore hari saat mandi. Tapi waktu yang tepat untuk gosok gigi sebenarnya adalah pada saat malam hari sebelum kamu tidur. Selain itu, usahakan untuk menggunakan pasta gigi dengan kandungan flouride.

2. Kurangi Mengonsumsi Makanan dan Minuman Manis


Makanan dan minuman manis adalah salah satu musuh besar dari gigi dan menjadi penyebab yang sering kali membuat gigi berlubang. Makanan manis seperti permen, minuman bersoda, dan makanan yang mengandung banyak gula. Selain itu, kamu juga wajib menghindari makanan asam yang juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan gigi.

3. Kurangi Kebiasaan Ngemil Malam Hari


Mengonsumsi makanan ringan di malam hari memang sangat menyenangkan, namun sayangnya kegiatan ini tidak baik pada kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan setelah ngemil kamu akan cenderung malas untuk menggosok gigi.


Sisa-sisa makanan yang bersarang di gigi pada malam hari bisa membuat gigi menjadi berlubang. Sehingga sebaiknya hindari kegiatan tersebut, atau jika kamu memang suka ngemil malam hari sebaiknya jangan lupa untuk menggosok gigi sebelum tidur.

4. Periksa Kesehatan Gigi Secara Rutin


Banyak yang mengesampingkan pentingnya memeriksakan kesehatan gigi ke dokter gigi sebagai salah satu cara untuk mencegah gigi berlubang. Padahal cara ini tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi.


Dengan selalu memeriksakan kondisi gigi, maka kamu bisa memantau kondisi kesehatan gigi apakah baik atau tidak. Dan jika sudah tahu bahwa gigi kurang sehat, maka kamu bisa mendapatkan solusi terbaik untuk penyembuhannya. Lakukan pemeriksaan rutin setidaknya dua kali dalam satu tahun ke dokter gigi.

5. Bersihkan Sela-Sela Gigi

Kebersihan gigi adalah kunci utama gigi tetap sehat dan tidak berlubang, selain dengan cara sikat gigi. Untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan juga bisa dilakukan dengan cara menggunakan benang di bagian sela gigi. Benang yang digunakan pun tidak boleh sembarangan, ada benang gigi yang memang berfungsi untuk membersihkan sela sela gigi dari sisa makanan.

6. Mengonsumsi Makanan yang Baik Bagi Kesehatan Gigi


Tidak hanya menggunakan cara-cara diatas, untuk menjaga agar gigi tidak berlubang kamu bisa mencoba mengonsumsi makanan yang dianggap baik bagi kesehatan gigi. Berikut ini diantaranya:

  • Kacang, keju, dan makanan tinggi kalsium.
  • Air minum dengan kandungan flouride.
  • Buah dan sayuran dengan kandungan serat yang banyak seperti timun, apel, dan bayam.
  • Teh hitam tanpa ditambahkan gula atau zat pemanis.
  • Permen karet mengandung xylitol dan rendah kandungan gula.

Itulah beberapa cara mencegah gigi berlubang. Dengan berbagai cara ini diharapkan kamu bisa menjaga kesehatan gigi dengan lebih optimal. Gigi dan rongga mulut kamu pun menjadi lebih sehat, kuat, dan bebas dari lubang yang bisa mengganggu kesehatan gigi!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.