Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Berikut 6 Jenis Usaha Perorangan yang Harus Anda Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak jenis usaha perorangan yang bisa dicoba.

Memulai usaha adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan penghasilan. Ada banyak jenis usaha yang bisa dicoba oleh para pebisnis, salah satunya adalah usaha perorangan. Sesuai dengan namanya, bisnis ini menunjuk Anda sebagai pengelola utamanya. Konsep usaha perseorangan cukup sederhana, sehingga dapat dijalankan sendiri. Umumnya, usaha perseorangan ini banyak diterapkan di daerah pedesaan. Simak jenis usaha perseorangan berikut ini. banner consideration shipping bg blue

1. Usaha Perdagangan


Usaha dagang cukup sering dipilih sebagai usaha perseorangan karena pengelolaannya yang mudah dan dapat dibuat dalam skala kecil sekalipun. Ada banyak jenis usaha dagang ini seperti pedagang keliling, pedagang asongan, pedagang pasar, pedagang kaki lima, warung, dan toko kelontong.

Barang yang dijual pun sangat beragam, mulai dari makanan, sembako, alat bangunan, hingga peralatan sekolah. Untuk pedagang kaki lima dan pedagang keliling, modal yang dikeluarkan umumnya tidak sebanyak usaha dagang lain.

2. Usaha Jasa


Jika usaha dagang menawarkan barang, usaha jasa ini menawarkan pelayanan sebagai produk utamanya. Usaha jasa biasa menyiapkan produk layanan yang dibutuhkan sehari-hari. Contoh usaha jasa yang sering ditemukan di daerah sekitar adalah salon, bengkel, les privat, laundry, jasa jahit dan masih banyak lagi. Umumnya, usaha jasa bisa dimulai dengan modal yang lebih minim dibanding usaha dagang. Jadi, bisnis ini cocok untuk para pebisnis pemula.

3. Industri Kecil


Jenis usaha yang satu ini sedikit mirip dengan usaha jasa. Bidang usaha industri kecil biasanya dikelola perseorangan dan pengerjaannya dilakukan di rumah dengan melibatkan anggota keluarga atau tetangga dekat sebagai karyawannya. Beberapa contoh industri kecil rumahan yang banyak dicari adalah usaha pembuatan keramik, souvenir, mebel, anyaman, dan tembikar. Sektor industri kecil bisa memiliki target market yang luas jika dipasarkan dengan cara yang tepat. Bahkan sudah banyak industri kecil seperti mebel yang melakukan ekspor ke negara lain. Bisnis ini melakukan penjualan barang atau jasa kepada pelanggan secara perorangan maupun grup.banner consideration promotion bg blue

4. Usaha Pertanian


Sesuai dengan namanya, usaha pertanian ini melibatkan piranti khusus pertanian sebagai produk utamanya. Usaha pertanian paling banyak ditemukan di area pedesaan dan dikelola secara pribadi. Modal yang digunakan untuk membuka usaha pertanian ini tergantung pada skala usaha yang akan Anda bangun. Untuk usaha berskala kecil, modal yang diperlukan relative kecil, hal ini juga berlaku sebaliknya. Semakin besar usaha yang akan Anda buka, semakin besar pula modal yang Anda butuhkan.

Selain membuka toko, usaha pertanian ini juga bisa dijalankan oleh petani. Caranya cukup mudah, petani hanya perlu menjual hasil pertaniannya dan keuntungan yang didapat ini akan sepenuhnya menjadi milik petani tersebut. Waktu untuk bertani, modal, hingga keuntungan akan menjadi keputusan atau kebijakan dari petani tersebut tanpa campur tangan orang lain.

5. Startup


Startup seringkali disebut sebagai perusahaan rintisan yang baru beroperasi dengan modal minim namun penuh inovasi dan solusi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Usaha startup dapat dikatakan masih baru dan sedang menggali pangsa pasar yang tepat. Seringkali usaha ini diberi modal oleh perusahaan besar untuk mengembangkan startup tersebut. 

6. Content Creator


Di era serba digital seperti sekarang ini, content creator menjadi salah satu pekerjaan yang dapat menghasilkan banyak cuan. Sesuai dengan namanya, content creator bertugas menghasilkan karya berupa konten secara berkala dan nantinya akan disaksikan atau dinikmati oleh audiens.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah beberapa jenis usaha perseorangan yang perlu Anda ketahui. Usaha perseorangan memiliki konsep yang lebih mudah dibanding usaha kelompok. Cara pengelolaannya pun jauh lebih mudah sehingga para pemula tidak akan kesulitan dalam menjalankannya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.