Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Berikut 6 Manfaat Baik Daun Jambu Biji untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat daun jambu biji yang wajib diketahui dari sekarang.

Manfaat daun jambu biji sangatlah banyak. Khususnya untuk kesehatan tubuh, baik itu sebagai pencegahan atau pengobatan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari daun jambu biji ini.


Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui khasiatnya, sehingga bisa memanfaatkan daun yang mudah ditemukan ini dengan baik.


Di dalam daun jambu biji terdapat berbagai kandungan nutrisi, seperti antioksidan, vitamin C, dan bersifat antiinflamasi. Dengan beragam kandungan di dalamnya, tentu manfaat yang diperoleh juga banyak. Inilah beberapa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan:

1. Mencegah dan Mengobati Diare


Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo, disebutkan bahwa daun jambu biji bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare, yaitu Staphylococcus Aureus. Mengurangi rasa sakit pada perut dan menghambat BAB, sehingga tubuh akan pulih lebih cepat.


Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus daun jambu biji dan akarnya ke dalam segelas air mendidih. Setelah proses perebusan selesai, saring daunnya lalu dinginkan airnya, dan minum. Waktu terbaik dalam meminumnya adalah saat perut kosong.

2. Kesehatan Jantung Semakin Membaik


Tingginya kandungan antioksidan dan vitamin dalam daun jambu biji mampu melindungi jantung dari kerusakan. Penyebab utamanya biasanya oleh radikal bebas. Selain itu, juga kaya dengan serat dan kalium yang juga berperan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

3. Mencegah Obesitas


Obesitas termasuk salah satu penyebab penyakit kronis berdatangan. Adanya lemak berlebih tersebut akan menghambat beberapa kinerja sel. Oleh karena itu, sangat baik jika mengonsumsi minuman ekstrak daun jambu biji.


Sebab, daun Jambu biji dipercaya bisa menurunkan berat badan secara alami. Fungsinya mampu mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula. Jadi, tidak perlu bingung lagi mencari cara yang aman.

4. Menurunkan Kolesterol


Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya Lemonizen cermat dalam mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, juga harus mengonsumsi sesuatu yang dapat menurunkannya. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi minuman ekstrak daun jambu biji. Dalam waktu 8 minggu saja sudah bisa menormalkan kembali kadar kolesterol.

5. Mencegah Risiko Kanker


Dalam sebuah penelitian dalam Journal of Complementary and Integrative Medicine, disebutkan bahwa daun jambu biji mampu mencegah dan mengobati penyakit kanker. Kadar antioksidan yang tinggi mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.


Selain kaya antioksidan, daun jambu biji juga memiliki kandungan flavonoid. Di mana juga berperan untuk mencegah pertumbuhan kanker, khususnya untuk kanker prostat, payudara, dan mulut.  Jadi, radikal bebas yang dapat merusak sel bisa dicegah.

6. Mencegah Risiko Diabetes


Enzim yang mengubah karbohidrat di dalam saluran pencernaan menjadi glukosa bisa mengakibatkan penyerapan sukrosa dan maltosa dalam darah menjadi terhambat. Hal ini yang meningkatkan risiko diabetes.


Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Metabolism Yoriko Douguchi dan Kouji Miyazaki ini mengemukakan bahwa daun jambu biji mampu menghambat proses pengubahan karbohidrat tersebut. Dengan begitu, risiko diabetes bisa diturunkan dengan lebih baik.


Itulah berbagai manfaat dari daun jambu biji. Ternyata manfaat daun jambu biji juga tidak kalah banyak dari buahnya. Kandungan nutrisi di dalamnya pun berlimpah, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pengobatan. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.