Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Berikut 6 Manfaat Baik Jelai untuk Kesehatan Tubuh Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
12 Oct 2021
Clock Icon
4 menit
Sehatkan tubuh dengan beberapa manfaat jelai yang penting.

Pernah mendengar istilah jelai? Perlu diketahui, jelai adalah gandum yang memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang menyerupai kacang. Sebutan lain dari jelai adalah barley. Di dalam jelai terdapat kandungan nutrisi yang melimpah, sehingga tidak heran jika manfaat jelai disebut-sebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah dan juga menyehatkan jantung.


Hampir semua jenis jelai adalah whole grain yang di dalamnya mengandung banyak serat, selenium, dan mangan. Selain itu juga kaya akan kandungan senyawa antioksidan yang berfungsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Jelai seringkali dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kue kering dan roti.


Jelai dikonsumsi sebagai pengganti nasi, seperti untuk bahan sereal, salad, sup, dan teh. Walaupun tidak sepopuler gandum, jelai memiliki beragam nutrisi di dalamnya, di antaranya adalah kalium, fosfor, karbohidrat, magnesium, selenium, kalsium, serat, protein, zat besi, dan zinc yang dibutuhkan oleh tubuh. Inilah berbagai manfaat jelai untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol


Jelai merupakan bahan makanan yang tinggi akan nutrisi seperti serat dan protein tapi rendah lemak jahat. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya dipercaya mampu mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mengonsumsi jelai secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian seseorang yang mengonsumsi jelai akan terhindar dari risiko penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi, seperti penyakit kardiovaskular.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung


Kandungan serat di dalam jelai dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Sedangkan kandungan kalium yang terdapat di dalam jelai disinyalir dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini membuat orang yang mengonsumsi jelai secara rutin dan teratur akan terhindar dari risiko terkena penyakit jantung dan menjaga kesehatan dan fungsi jantung.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan


Serat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan di dalam tubuh. Kandungan serat yang ada di dalam jelai akan bermanfaat melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Selain itu, kandungan serat pada jelai juga memiliki sifat prebiotik yang mendukung proses pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Mengonsumsi jelai secara rutin dan teratur dapat meredakan peradangan dan meringankan gejala gangguan saluran pencernaan seperti kolitis ulseratif.

4. Membantu Menurunkan dan Menjaga Berat Badan Tetap Ideal


Di dalam jelai mengandung beta-glucan yang merupakan serat larut air dan berfungsi untuk membuat rasa kenyang lebih lama. Dengan mengonsumsi jelai, bisa meminimalisir mengonsumsi makanan tambahan atau camilan. Dengan rasa kenyang yang lebih lama bisa membantu seseorang terhindar dari surplus kalori dan berat badan akan tetap terjaga. Saat jelai masuk ke dalam pencernaan, serat yang terkandung di dalamnya akan membentuk substansi seperti gel agar nutrisi dapat terserap secara optimal.

5. Mengurangi Risiko Terkena Kanker Usus


Melakukan pola makan yang sehat dengan mengonsumsi jelai terbukti dapat menurunkan risiko terserang berbagai penyakit kronik, termasuk kanker usus. Hal ini bisa terjadi karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan zat yang bersifat sebagai antioksidan dan anti-radang yang ada di dalamnya membuat jelai dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

6. Meminimalisir Penyakit Diabetes


Selain tinggi akan kandungan serat, jelai juga kaya akan kandungan magnesium dan antioksidan yang ada di dalamnya mampu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Kandungan magnesium di dalam jelai bermanfaat sebagai nutrisi yang penting dalam penyerapan gula dan produksi insulin pada tubuh.


Meskipun manfaat jelai untuk kesehatan sangat beragam tidak semua orang bisa mengonsumsinya karena jelai mengandung gluten. Jadi tidak disarankan dikonsumsi pada penderita celiac dan alergi gluten. Kamu juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum mengonsumsi jelai agar tidak akan ada efek samping setelah konsumsinya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.