Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Berikut 6 Manfaat Baik Nanas Madu untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan beberapa manfaat nanas madu yang penting.

Manfaat nanas madu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, juga dapat memelihara kesehatan gigi dan gusi. Hal itu karena banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya. Diantaranya adalah serat, kalium, antioksidan, antiinflamasi, bromelain, dan masih banyak lagi.


Dengan berbagai nutrisi tersebut, khasiat nanas madu yang utama adalah menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, masih ada banyak lagi manfaat baik nanas madu yang dapat diperoleh. Inilah berbagai manfaat nanas madu yang baik untuk kesehatan:

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Bagi yang memiliki tekanan darah tinggi, sebaiknya perbanyak mengonsumsi nanas madu. Sebab, terdapat kandungan kalium di dalamnya yang berfungsi sebagai penurun tekanan darah. Selain itu, nanas madu juga mengandung enzim bromelain yang juga berperan untuk menurunkan tekanan darah. Dengan banyak mengonsumsi buah nanas, risiko penyakit lainnya akibat darah tinggi bisa dicegah.

2. Mencegah Gangguan Pencernaan


Bromelain pada nanas madu ternyata juga berfungsi sebagai pemecah molekul protein. Yaitu memecahnya dalam asam amino dan peptisida, sehingga usus halus bisa mencerna makanan lebih mudah. Nanas madu juga mampu mencegah sembelit, karena kandungan air dan serat di dalamnya. Dengan begitu, saluran pencernaan lebih sehat dan stabil dalam memproses makanan yang masuk.


Khasiat ini sangat membantu bagi penderita Insufisiensi Pankreas. Di mana pankreas tidak mampu memproduksi enzim pencernaan dengan cukup. Dengan bantuan nanas madu, maka pencernaan penderita tersebut akan lebih lancar.


Serat yang tinggi dan rendahnya kalori pada nanas madu bisa juga dijadikan untuk diet. Sebab, dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama. Namun, harus dibatasi juga mengonsumsinya dan jangan berlebihan.

3. Mencegah Penyakit Asma


Penyakit asma biasanya akibat polusi udara dan stres. Hal itulah yang menyebabkan peradangan, sehingga membuat saluran pernapasan menyempit. Dengan kandungan beta karoten dalam nanas madu mampu mencegah masalah tersebut.


Selain itu, juga terdapat efek antiinflamasi yang juga memiliki peran penting dalam mencegah peradangan. Jadi, bagi penderita asma bisa banyak mengonsumsi buah ini agar penyakitnya tidak sering kambuh.

4. Mencegah Kanker


Nanas madu mengandung antioksidan yang tinggi dan hal itu dapat mencegah risiko penyakit kanker. Antioksidan tersebut berfungsi untuk mencegah masuknya radikal bebas dan mengurangi peradangan. Nutrisi lainnya yang dapat mencegah penyakit kanker adalah bromelain. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Oncology, adanya beta karoten yang juga ada dalam nanas madu bisa membantu dalam menghambat perkembangan kanker usus.

5. Memperkuat Tulang


Nanas madu bisa dijadikan sebagai pencegahan osteoporosis. Sebab, juga berfungsi untuk memperkuat tulang dengan kandungan fosfor dan kalium di dalamnya. Namun, bagi orang yang berusia lanjut, harus dibatasi juga jumlah konsumsinya.


Hal itu karena adanya kandungan gula yang cukup tinggi dibandingkan nanas biasa. Buah ini sangat cocok bagi atlet-atlet yang memang membutuhkan otot dan tulang kuat. Dengan begitu, kondisi kesehatan tulang juga semakin baik.

6. Menjaga Kesehatan Jantung


Manfaat lain dari nanas madu adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium, serat, dan vitamin C di dalamnya yang memiliki peran dalam hal ini. Bahkan, bukan hanya itu, kalium juga mampu menurunkan resiko penyakit stroke dan mengurangi pembentukan batu ginjal.


Itulah berbagai manfaat dari nanas madu. Selain khasiat diatas, manfaat nanas madu juga dapat meredakan nyeri saat haid. Kandungan antioksidan mampu mengurangi peradangan yang membuat perut kram. Sedangkan, bromelain berfungsi untuk merelaksasi otot sekitar perut.


Meski mengandung banyak manfaat, tetap dianjurkan bagi kamu untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi nanas madu untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Dengan begitu, kamu bisa mengonsumsi nanas madu dengan lebih aman. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.