Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Berikut 6 Manfaat Batang Serai untuk Kesehatan Tubuhmu

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan berbagai manfaat batang serai yang penting.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi mendengar atau menemui bahan dapur bernama serai, kan? Serai atau sereh adalah jenis rempah yang banyak digunakan terutama untuk beragam masakan tradisional. Selain dapat menambah cita rasa pada makanan, bahan yang satu ini juga kerap kali digunakan sebagai salah satu bahan untuk minuman dan obat tradisional, lho.  Hal ini tidak mengherankan karena ternyata ada banyak manfaat batang serai yang baik untuk kesehatan. Berikut beragam manfaat yang dapat kita rasakan melalui batang serai, yaitu:

1. Menangkal Penyakit


Senyawa antioksidan yang ada pada batang serai ini dapat bantu menjaga tubuh untuk terhindar dari penyakit. Sebab, tubuh dapat terlindungi dari radikal bebas serta kekebalan tubuh tetap terjaga. Dengan adanya kandungan tersebut, jika kamu mengonsumsi teh atau minuman lain berbahan serai dapat meminimalisir adanya risiko penyakit kronis.


Contohnya seperti kanker, diabetes, dan obesitas. Selain itu, anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia pada serai juga dipercaya mampu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Aromaterapi


Ternyata, serai juga dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi. Caranya adalah, kamu cukup menumbuk serai dan diamkan beberapa saat sebelum tidur untuk mengusir atau mencegah nyamuk yang dapat mengganggu.

3. Detoksifikasi


Manfaat serai lainnya adalah mampu mengeluarkan zat-zat tidak baik atau beracun yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, bahan yang satu ini juga dapat bantu melancarkan fungsi organ, seperti halnya fungsi hati dan ginjal. Di mana salah satu khasiatnya adalah dapat melancarkan buang air kecil.

4. Mengatasi Insomnia


Apakah kamu sering merasa kesulitan untuk tidur? Jika iya, maka serai bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat membuat kamu tertidur karena memang dikenal untuk menenangkan otot-otot dan saraf, sehingga tidur dapat lebih nyenyak dan berkualitas. Kamu dapat memadukan bahan yang satu ini dengan teh karena efeknya yang dapat memberikan ketenangan tersebut.

5. Mengatasi ISK dan Penyakit Kulit


Manfaat batang serai selanjutnya adalah mengatasi ISK dan juga penyakit kulit. ISK atau infeksi saluran kencing dipercaya dapat bantu diatasi oleh serai. Tak hanya kondisi ini saja, penyakit kulit pun sama, karena pada batang serang terdapat antiseptik dan antimikroba yang dapat mengatasi penyakit seperti kurap, luka, kudis ataupun jamur pada tubuh. Adanya jamur patogen pada kulit dapat diatasi jika rajin diobati dengan mengoleskan ekstrak serai pada kulit yang bermasalah.

6. Mengatasi Sindrom Pramenstruasi


Ternyata manfaat lain dari serai adalah mampu mengatasi keluhan ketika pramenstruasi karena pada masa tersebut biasanya tubuh mengalami retensi air. Sereh sendiri memiliki efek diuretik yaitu dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkan urin yang lebih banyak. Hal tersebut juga dapat diungkapkan pada Journal of Renal Nutrition yang mengatakan bahwa minum air sereh dapat meningkatkan produksi urin lebih banyak dibanding dengan minuman lain.


Demikian informasi mengenai manfaat batang serai yang ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sederet khasiat tersebut berkat adanya vitamin A, vitamin C, vitamin B9 (folat), mineral magnesium, zat besi, kalium, fosfor, kalsium serta berbagai sifatnya, seperti antibakterial, anti-inflamasi, antidepresan, antiseptik, antibakteri, antijamur, dan diuretik. Dengan mengetahui berbagai manfaat serai, mulai sekarang jangan ragu untuk menjadikannya campuran dalam menu masakan kamu agar mendapatkan manfaatnya, ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.