Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Berikut 6 Manfaat Daun Gedi untuk Kesehatanmu

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat daun gedi untuk tubuh yang penting.

Sudah pernah mendengar daun gedi? Salah satu jenis tanaman yang digunakan sebagai ramuan obat. Di Indonesia daun gedi ada dua macam yang banyak ditemui, daun gedi hijau dan merah. Tanaman ini dikenal sebagai obat herbal. Sebab ada banyak manfaat daun gedi untuk kesehatan tubuh.  Inilah beberapa manfaat tersebut:

1. Meredakan Nyeri


Daun gedi sangat ampuh dalam menghilangkan dan mengatasi rasa nyeri. Ini merupakan salah satu obat alami untuk menghilangkan rasa nyeri karena terdapat senyawa bioaktif yang bersifat analgesik.


Agar bisa mendapatkan manfaat anti nyeri tersebut caranya adalah dengan membuat jus daun gedi. Ambil beberapa helai daun gedi lalu jus dengan air biasa. Jangan tambah apapun, segera minum sampai habis. Ini adalah cara cepat menghilangkan rasa nyeri terutama akibat keseleo.

2. Meningkatkan Kepadatan Tulang


Daun gedi memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi, khususnya kalsium. Ini adalah salah satu alasan mengapa daun gedi sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Daun gedi sudah diteliti dan memang memiliki banyak kandungan mineral yang baik dalam menjaga kepadatan tulang. Bagi yang mempunyai masalah pengeroposan tulang dan ingin mencegah osteoporosis, mengonsumsi daun gedi bisa dijadikan solusi. Ini merupakan cara alami yang cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tulang.

3. Meningkatkan Fungsi Ginjal


Daun gedi juga ada yang dijadikan ekstrak sehingga lebih mudah dikonsumsi. Ini biasanya digunakan oleh penderita sakit ginjal. Ekstrak daun gedi ini mampu menaikkan atau mengoptimalkan fungsi organ ginjal.


Bagi penderita diabetes, biasanya ada yang berdampak pada kinerja ginjal. Ekstrak daun gedi inilah yang cocok dikonsumsi untuk mengoptimalkan kerja ginjal pada penderita diabetes. Hal ini sudah dibuktikan pada beberapa penelitian, di mana daun gedi bisa memperbaiki dan memperbaiki sel ginjal yang rusak selama 6 bulan.

4. Melawan Sel Kanker


Pada daun gedi terdapat kandungan senyawa anti kanker, antiinflamasi, dan antioksidan yang tinggi. Hal ini membuat daun gedi sangat bagus untuk digunakan sebagai pencegah kanker. Bagi penderita kanker, ekstrak daun gedi juga bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mencegah perkembangan dan pertumbuhan sel kanker yang sudah ada. Ini cocok bagi kanker lambung dan kanker darah.

5. Melancarkan Haid


Manfaat daun gedi yang lain khusus dirasakan oleh para perempuan. Air rebusan daun gedi dipercaya bisa memperlancar haid sehingga saat menstruasi tidak ada rasa nyeri atau kram.


Untuk para wanita yang memiliki keluhan saat haid yang tidak lancar dan sakit, meminum air rebusan daun gedi akan sangat membantu. Bahkan air daun gedi juga biasa dikonsumsi perempuan nifas agar bisa mengeluarkan semua darah kotor sampai tuntas.

6. Menjaga Sistem Pencernaan


Daun gedi juga baik dalam menjaga sistem pencernaan selalu sehat. Segala jenis masalah pencernaan bisa diatasi dengan daun gedi. Mual, muntah, atau kembung bisa dihilangkan dengan daun gedi. Caranya adalah dengan meminum air rebusan daun gedi saat sedang ada masalah pencernaan atau sakit lambung. Konsumsi secukupnya saja, jika ada rasa kurang nyaman setelah meminum air daun gedi, sebaiknya hentikan dan tunggu beberapa saat. Masalah pencernaan akan hilang dan sembuh.


Banyak sekali manfaat daun gedi untuk kesehatan tubuh. Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun gedi begitu lengkap dan bisa membantu penyembuhan beragam penyakit. Konsumsilah daun gedi sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai berlebihan. Jika ingin lebih aman, konsultasikan dulu dengan dokter apakah daun gedi bisa dikonsumsi untuk mengatasi gangguan kesehatan yang kamu alami. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.