Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Berikut 6 Teknik Pengembangan Usaha, Jarang Diketahui!

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Teknik pengembahan usaha sangat penting dilakukan pengusaha pemula.

Memulai sebuah bisnis memang tidak mudah, ada banyak tantangan yang harus dilewati oleh para pebisnis. Untuk mencapai titik sukses dalam berbisnis, ada berbagai langkah yang harus dilakukan, termasuk bagaimana teknik pengembangan usaha.  Dari awal mulai, pebisnis sudah harus menentukan strategi yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnisnya agar semakin maju.


Strategi yang matang akan menjadi penentu arah bagi bisnis tersebut. Selain strategi, teknik yang digunakan dalam pengembangan usaha juga patut untuk dipertimbangkan. Berikut enam teknik pengembangan usaha yang bisa dicoba oleh para pebisnis.

1. Meningkatkan Promosi


Teknik pertama yang bisa kamu coba adalah meningkatkan promosi. Promosi adalah langkah penting dalam sebuah bisnis. Promosi menjadi langkah pengembangan usaha yang wajib dilakukan untuk mengenalkan produk yang dijual kepada pelanggan. Kamu bisa membuat materi promosi yang unik dan menarik agar target pelanggan semakin tertarik.


Memanfaatkan berbagai jalur promosi baik online maupun offline seperti membagikan brosur, promosi menggunakan media sosial, dan berbagai platform lain. Untuk kamu yang masih pemula dalam bisnis, manfaatkan media sosial dan berbagai fiturnya dengan baik. Media sosial cukup mudah untuk dimanfaatkan dan dapat menjangkau lebih banyak target pelanggan.

2. Mengenali Kompetitor


Penting bagi para pebisnis untuk mengenali para kompetitor. Promosi tidak akan efektif jika kamu gagal mengenali kompetitor bisnis tersebut. Melalui hal ini, kamu bisa mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh pesaing kemudian membandingkannya dengan bisnis yang kamu rintis. Tidak perlu mengikutinya 100%, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai  acuan kemudian memodifikasi dengan ciri khas bisnis kamu sendiri.


Mengenali kompetitor bertujuan agar kamu dapat mengeluarkan produk yang berbeda dan unik. Dengan ciri khas dan keunikan yang dimiliki oleh produk kamu, potensi untuk menguasai pasar pun semakin besar.

3. Memperbaiki Sumber Daya


Sumber daya yang baik dapat membantu mengembangkan bisnis dalam waktu yang cukup singkat. Peningkatan sumber daya baik sumber daya produk maupun sumber daya manusia, dapat menciptakan suatu produk unik yang mampu membuat bisnis semakin berkembang dan memiliki banyak pelanggan.


Semakin baik sumber daya yang dipakai, semakin berkualitas pula produk yang dihasilkan. Kamu bisa mulai dengan memilih tim dan karyawan yang memiliki kemampuan mumpuni, melayani pelanggan dengan pelayanan terbaik, dan menyiapkan bahan yang berkualitas.

4. Selalu Mengutamakan Pelayanan Terbaik


Teknik  pengembangan usaha yang selanjutnya adalah selalu mengutamakan pelayanan terbaik. Pelayanan terbaik dapat membuat pelanggan merasa senang untuk membeli produk kamu. Poin satu ini sangat penting karena dapat mempertahankan pelanggan dalam jangka waktu lama.


Selain pelayanan yang baik, kamu juga  perlu menjaga hubungan baik dengan para pelanggan. Manfaatkan  dunia digital seperti media sosial untuk menjaga hubungan yang baik dengan para pelanggan. Berikan kesan baik pada pelanggan seperti menjawab pertanyaan dari pelanggan dan bersikap ramah pada pelanggan.

5. Melakukan Inovasi Produk


Agar pelanggan tidak bosan dengan produk yang itu-itu saja, kamu perlu melakukan inovasi produk. Hal ini harus dilakukan agar pelanggan tetap setia dan membeli produk yang kamu jual. Kamu bisa membuat produk baru yang sesuai dengan perkembangan tren dan berkualitas.

6. Mengatur Keuangan dengan Baik


Selain fokus pada promosi dan operasional, keuangan dalam bisnis juga wajib diatur. Keuangan yang diabaikan dapat membuat bisnis runtuh dan gagal. Meskipun, keuangan merupakan hal  yang cukup krusial, kamu tidak boleh sembarangan dalam menyusunnya. Agar pengelolaan bisa berjalan dengan baik, rekrut seorang akuntan yang sudah berpengalaman dalam hal keuangan.


Demikianlah enam teknik pengembangan usaha yang bisa dilakukan oleh para pebisnis. Kamu bisa menerapkan teknik-teknik diatas dalam bisnis agar semakin sukses.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.