Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Berikut 7 Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi, Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
11 Nov 2021
Clock Icon
4 menit
Turunkan darah tinggi dengan beragam buah untuk menurunkan darah tinggi.

Darah tinggi atau hipertensi tidak hanya diderita oleh kaum lanjut usia. Di zaman sekarang ternyata banyak orang yang berusia  muda pun mengalaminya. Bahkan pada beberapa kasus, juga diderita oleh anak-anak. Selain dengan obat-obatan, ada beberapa buah untuk menurunkan darah tinggi yang bisa kamu konsumsi.


Berbagai buah ini jelas bisa menjadi asupan yang bagus bagi penderita hipertensi. Meskipun belum jelas penyebab khusus terjadinya hipertensi, namun diyakini faktor keturunan yang menjadi asal muasalnya. Bisa juga hipertensi primer dipengaruhi gaya hidup yang tidak sehat. Apalagi kalau memiliki gabungan dari dua faktor diatas.


Ketika menderita darah tinggi, maka sebaiknya mulai memperbaiki gaya hidup dan pola makan kamu yang mungkin kurang baik. Buah yang mengandung kalsium, magnesium dan kalium dipercaya dapat membantu menurunkan darah tinggi. Sebagai asupan serat dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.


Perlu diingat Lemonizen, meskipun bisa membantu menurunkan darah tinggi buah-buahan ini bukanlah obat untuk darah tinggi. Hanya sebagai nutrisi tambahan yang membantu mengurangi tekanan darah tinggi. 7 buah untuk menurunkan darah tinggi yang bisa dikonsumsi penderita hipertensi adalah:

1. Pisang


Buah pisang adalah buah yang tidak sulit didapatkan, selain itu harganya juga cukup murah. Satu buah pisang memiliki kandungan kalsium, magnesium dan kalium dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu juga mengandung vitamin C, B6 dan juga vitamin E. Selain untuk menurunkan darah juga membantu darah menurunkan hormon stres. Mengonsumsi 1 buah pisang sehari sudah cukup saat sarapan atau makan siang.

2. Kiwi


Buah kiwi ini diyakini paling manjur sebagai penurun darah paling ampuh. Karena selain mengandung ketiga mineral yang membantu penurunan darah juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Salah satu antioksidan yang melawan radikal bebas dan kerusakan sel tubuh salah satunya adalah vitamin C.


Rasa buah ini memang kurang enak karena memang terasa sedikit asam dan juga agak mahal. Namun, manfaat yang didapatkan saat mengonsumsi buah ini cukup sebanding dengan harganya. Sangat baik dikonsumsi setiap hari oleh penderita hipertensi, stroke dan juga penderita jantung.

3. Buah Berry


Buah-buahan jenis berry seperti stroberi, raspberry, dan blueberry rupanya juga ampuh sebagai buah untuk menurunkan darah tinggi. Ini karena senyawa flavonoid yang mampu mencegah dan menurunkan darah tinggi.

4. Buah Belimbing


Buah belimbing adalah buah yang paling banyak mengandung kalium. 130 mg kalium bisa didapatkan hanya dari 100 gram buah belimbing segar. Sangat bagus untuk mengurangi stroke serta menurunkan darah tinggi, juga bagus untuk menormalkan irama jantung dan mengalihkan oksigen menuju otak.

5. Buah Bit


Buah bit mampu meningkatkan kadar nitrat oksida dalam sirkulasi darah karena memiliki kandungan nitrat yang tinggi, sehingga membantu menurunkan darah dengan cepat. Reaksinya bisa dirasakan langsung setelah 6 jam minum jus buah ini.

6. Alpukat


Siapa yang tidak suka buah alpukat? Buah ini memiliki rasa yang enak dan nikmat saat dicampur dengan susu membuat orang ketagihan. Siapa sangka dibalik rasanya yang enak, ternyata alpukat cukup efektif sebagai buah untuk menurunkan darah tinggi, karena kandungan kalium, kalsium dan magnesium yang seimbang.


Selain mengandung karotenoid yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung juga kaya akan mineral dan lemak baik. Namun, kandungan berharga ini berada tepat di bawah kulit, sehingga harus hati-hati saat mengupasnya agar tidak terbuang.

7. Buah Delima


Buah delima ternyata juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Seperti yang dikemukakan oleh Risa Schulman, Ph.D., seorang Scientific Advisor and Visiting Assistant Professor dari University of California. Dalam presentasinya, beliau menjelaskan bahwa secara signifikan, jus buah delima bisa membantu meningkatkan kadar dari nitric oxide. Dimana senyawa ini adalah molekul yang berperan penting untuk memperbaiki ereksi pembuluh darah.


Buah delima akan berperan sebagai ACE inhibitor alami yang bisa membantu menurunkan tekanan darah sistolik. Sehingga tidak heran jika buah delima bisa dikonsumsi oleh penderita tekanan darah secara rutin. Temuannya ini dipublikasikan dalam presentasi yang berjudul Breakthrough Findings in Pomegranate Juice Research.


Itulah berbagai buah untuk menurunkan darah tinggi yang bisa kamu konsumsi. Dengan memperbaiki pola hidup dan juga asupan makanan yang masuk ke tubuh, kamu bisa mencegah terkena hipertensi dengan lebih optimal. Semoga bermanfaat, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.