Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Berikut 7 Cara Mendidik Anak Supaya Pintar dan Cerdas

Rizki Indra
Rizki Indra
20 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara mendidik anak agar pintar penting dilakukan di rumah setiap hari.

Bagi para orang tua, memiliki anak yang cerdas merupakan impian dan tentunya tujuan, bukan? Untuk itu, penting bagi orang tua untuk memahami bagaimana cara mendidik anak agar pintar. Pada dasarnya, kecerdasan seorang anak akan dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu genetik dan lingkungan.


Jika secara genetic adalah apa yang ‘diturunkan’ dari kita selaku orang tua, kita juga harus tetap menyiapkan lingkungan terbaik untuk tumbuh kembang buah hati supaya menjadi anak yang cerdas. Berikut tipsnya:

1. Penuhi Asupan Nutrisinya


Sudah pernah dengar kalau ternyata asupan nutrisi akan berpengaruh di 1000 hari pertama kehidupan anak? Ya, sejak dalam kandungan, kita harus menyiapkan nutrisi tersebut sebaik mungkin. Guna mendorong perkembangan otak dan kemampuan kognitif anak, berikan ia makanan sehat tentunya, seperti telur, ikan, daging, susu, buah-buahan, dan sayuran. Karena masa anak-anak merupakan mfase dimana perkembangan otak terbilang cepat yang sangat dipengaruhi pola makan serta asupan nutrisi yang diberikan.

2. Membiasakan Anak Membaca Buku Sejak Dini


Pada bayi dan balita, mungkin memang anak belum bisa membaca buku secara mandiri atau langsung, tapi bukan berarti kita tidak mengenalkan mereka pada buku. Justru salah satu cara agar perkembangan otak anak maksimal, kita perlu membiasakan mereka mengenal buku.


Bisa dibacakan sebelum tidur, melihat gambarnya yang menarik, dan lain sebagainya. Kegiatan ini bisa menjadi quality time antara anak dan orang tua, sekaligus untuk bonding. Selain itu, membacakan buku atau cerita juga dapat meningkatkan kemampuan verbal, mendengarkan, kosakata, hingga imajinasi anak.

3. Mengenali Gaya Belajar Anak


Umumnya, kita mengenal ada tiga cara atau gaya belajar pada anak, yaitu auditori, visual, dan kinestetik. Tipe auditori, cepat memahami melalui pendengaran, tipe visual melalui penglihatan dan tipe kinestetik cenderung melakukan banyak gerakan saat belajar. Kita bisa menyesuaikan metode belajar yang pas dengan mengetahui tipe apakah mereka, sehingga pembelajaran bisa lebih efektif.

4. Mengasah Kreativitas Anak


Kita bisa merangsang imajinasi anak dengan cara memberikan beberapa bahan untuk ia keasikan, seperti halnya kotak kosong dengan krayon, balok susun, dan lain sebagainya. Disana, mereka bisa bereksperimen sekaligus mengasah kemampuannya.  Tak hanya itu, kita juga dapat memperkenalkan seni sejak dini, seperti melukis ataupun bermain alat musik, yang dapat meningkatkan kecerdasan serta kepercayaan diri pada anak.


Pada beberapa penelitian pun disebutkan bahwa beberapa penelitian juga membuktikan bahwa anak yang mempelajari alat musik cenderung mempunyai tingkat kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi juga dapat memperoleh nilai akademik yang baik.

5. Mengasah Kecerdasan Emosional


Cara mendidik anak agar pintar juga harus dibarengi dengan kecerdasan emosional. Kecerdasan otak atau intelektual memang penting, namun cerdas secara emosional pun tak kalah penting. Karena hal ini akan berpengaruh pada lingkungan dimana ia berada kelak, baik disekolah maupun masa depannya.  Bantulah si kecil mengenal serta mengendalikan emosinya.

6. Mengajarkan Bahasa Asing


Kita juga dapat mulai memperkenalkan atau mengajarkan bahasa asing pada anak. Terdapat beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa, anak dengan latar belakang berbahasa secara bilingual atau multilingual cenderung memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. Memperkenalkan bahasa asing juga akan membantu mereka lebih mudah belajar dan memahaminya di masa yang akan datang.

7. Menghargai Proses Belajar Anak


Tak lupa, kita pun harus menghargai dan mengapresiasi proses belajar mereka. Menurut penelitian pun, anak-anak yang merasa dihargai oleh orang tuanya akan lebih punya semangat belajar yang tinggi serta mampu memperoleh nilai akademik yang lebih baik.


Itulah informasi penting cara mendidik anak agar pintar. Penting bagi para orangtua untuk memahami dan melaksanakannya demi perkembangan kecerdasan si kecil. Siapkan lingkungan terbaik untuk mereka dan dampingi anak dalam masa pertumbuhan serta perkembangannya supaya bisa tumbuh menjadi pribadi yang pintar dan baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.