Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Berikut 7 Cara Mengatasi Tekanan Batin yang Lebih Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Cara mengatasi tekanan batin wajib diketahui sejak dini.

Banyak orang mencari cara mengatasi tekanan batin karena kondisi ini cukup mengganggu. Beberapa kasus justru berujung pada percobaan bunuh diri. Untuk mencegah terjadinya hal semacam ini, ada baiknya melakukan beberapa langkah agar pikiran dan batin tidak selalu berada dalam kondisi tertekan.

banner consideration shipping bg blue

Cara Mengatasi Tekanan Batin secara Efektif

Tekanan batin merupakan dan kondisi yang umum terjadi. Namun, apabila mengalaminya terus menerus hingga membahayakan, perlu melakukan cara mengatasinya. Berikut ini adalah tujuh cara melakukan penanganan terhadap terjadinya tekanan batin dengan cara yang lebih efektif.

1. Menceritakan Kepada Orang Lain (Curhat)


Cara pertama yang cukup efektif dalam mengatasi tekanan batin adalah dengan menceritakan kepada orang lain. Langkah ini dapat membuat impitan perasaan menjadi sedikit lega. Namun, perlu dipastikan terlebih dahulu bahwa pada saat curhat, memilih orang yang tepat untuk mendengarkan keluh kesah.

Kesalahan dalam memilih teman curhat dapat mengakibatkan banyak hal negatif, yaitu reaksi yang kurang tepat. Contohnya adalah teman curhat yang gemar menyalahkan dan menyudutkan, justru akan membuat tekanan batin bertambah. Begitu juga apabila curhat kepada teman yang bukannya memberi solusi, melainkan justru menyebarkannya kepada orang lain.

2. Melakukan Langkah Konseling


Pada kondisi tekanan batin yang lebih parah, apalagi hingga cukup berbahaya, sebaiknya segera melakukan suatu langkah konseling. Kondisi berbahaya yang mungkin terjadi saat seseorang mengalami tekanan batin adalah emosi yang sulit dikendalikan hingga menyerang orang lain, atau bahkan melakukan percobaan bunuh diri.

3. Melakukan Hobi yang Positif


Cara lain untuk mengatasi tekanan batin adalah dengan melakukan hobi yang dapat memberikan efek menenangkan pikiran. Melakukan hobi memiliki beberapa manfaat, di antaranya adalah membuat pikiran menjadi rileks dan merasa senang, sebab memicu hormon endorfin. Selain itu, hobi membuat pikiran dan fisik seseorang tetap bergerak aktif hingga terbebas dari tekanan batin.

4. Memperhatikan Asupan Makanan


Tekanan batin yang begitu parah dapat menyebabkan seseorang merasa enggan untuk makan. Akibatnya tubuh menjadi semakin lemah dan justru sulit berpikir dalam mencari solusi. Ada juga jenis orang yang saat mengalami tekanan batin justru tergoda untuk selalu mengonsumsi makanan junk food, sehingga membahayakan kesehatannya.


banner consideration promotion bg blue

Oleh sebab itu, saat mengalami tekanan batin, hal yang sangat perlu diperhatikan adalah asupan makanannya. Jenis makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, protein, omega-3, dan beragam vitamin, baik untuk dikonsumsi. Asupan nutrisi yang baik juga dapat menyuplai energi bagi otak dalam mencari solusi dari kenyataan yang ada.

5. Menghindari Konsumsi Alkohol dan Obat Narkotika


Orang yang mengalami tekanan batin memang cenderung merasakan kondisi gelisah. Itulah yang menyebabkan seseorang tergoda mengonsumsi alkohol dan juga narkotika. Sayangnya efek menenangkan kedua benda ini hanya bersifat sementara. Pada akhirnya, justru dapat menimbulkan kecanduan yang berbahaya.

6. Meningkatkan Kualitas Istirahat


Cara lain yang efektif dalam mengatasi tekanan batin adalah dengan istirahat yang cukup dan berkualitas. Melalui cukup beristirahat, pikiran menjadi lebih segar, sehingga mampu berpikir jernih dalam melihat permasalahan yang membuat batin tertekan. Pikiran yang jernih membuat seseorang mampu mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi.

7. Aktif Berolahraga Secara Rutin


Kegiatan olahraga dapat mendorong produksi hormon endorfin. Hormon tersebut memicu munculnya rasa senang dan bahagia dalam diri manusia. Dengan demikian, orang yang rutin berolahraga memang cenderung mudah terbebas dari tekanan batin yang dialami olehnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tadi beberapa cara mengatasi tekanan batin agar tidak berlarut-larut dan mengakibatkan terjadinya kondisi berbahaya. Perlu diketahui bahwa tekanan batin yang dibiarkan menjadi semakin buruk akan berakibat pada kesehatan mental, sehingga menyebabkan adanya gangguan jiwa.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.