Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Berikut 7 Cara Meredam Amarah dengan Cepat dan Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
01 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Cara meredam amarah bisa dilakukan dengan mudah setiap hari.

Seberapa penting seseorang memahami cara meredam amarah? Jawabannya tentu saja sangat penting. Marah merupakan suatu emosi yang umumnya muncul akibat kekecewaan terhadap hal tertentu. Perasaan ini wajar terjadi, bahkan bisa dialirkan menjadi suatu energi positif untuk perubahan yang baik. Namun, jika tidak diredam, justru dapat mengakibatkan hal buruk.

banner consideration shipping bg blue

Cara Meredam Amarah dengan Cepat dan Efektif

Mengumbar amarah merupakan hal yang sangat berbahaya, tidak hanya bagi diri sendiri, melainkan juga orang lain. Tak jarang emosi yang meledak dapat membuat seseorang melakukan tindak kekerasan. Selain itu, amarah yang tidak tersalur secara positif, membuat seseorang bisa mengalami gangguan kesehatan fisik maupun mental. Untuk itu, atasi amarah dengan cara ini.

1. Segera Mengatur Ritme Napas


Saat merasakan serangan amarah, segera atur ritme napas menjadi lebih dalam dan lambat. hal ini disebabkan, saat merasa marah, napas menjadi semakin memburu, pendek, dan cepat. Itulah sebabnya, olah napas dapat membantu meredakan amarah. Agar lebih efektif, tarik napas dalam dari hidung, kemudian embuskan perlahan melalui mulut.

2. Mengubah Posisi Tubuh


Amarah yang meledak membuat seseorang merasa superior dibandingkan orang lain. Itulah sebabnya, orang yang marah-marah sering memaki, membentak, bahkan menyerang secara fisik. Oleh sebab itu, untuk memanipulasi pikiran dan mengurangi rasa superior itu, dapat dilakukan dengan mengubah posisi tubuh.

Contohnya, jika sedang berdiri, sebaiknya segera duduk atau berbaring. Cara ini juga memberikan efek menenangkan pada pikiran yang sedang kalut akibat amarah yang menyelimuti. Ada baiknya melengkapi cara ini dengan tips nomor satu, yaitu duduk sambil mengatur napas.

3. Menghitung dengan Lambat


Saat merasa kecewa terhadap sesuatu, alih-alih mengumbar amarah, sebaiknya melakukan tips menghitung dengan lambat. Setidaknya, hitunglah satu sampai sepuluh secara perlahan. Selain menurunkan ritme jantung, cara ini juga efektif untuk membuat otak fokus pada hal lain, dibandingkan memperhatikan penyebab munculnya amarah.

banner consideration promotion bg blue

4. Jalan Santai Sambil Mengamati Lingkungan


Satu lagi langkah yang efektif meredakan amarah secara cepat, yaitu dengan berjalan santai. Sebaiknya sambil fokus pada hal-hal yang ada di sekitar. Selain sebagai pengalih perhatian, jalan santai sambil menikmati pemandangan dapat membuat pikiran terasa lebih jernih dan melihat permasalahan lebih baik. Akibatnya, amarah pun segera mereda.

5. Redakan Ketegangan yang Terjadi pada Otot


Saat timbul amarah, biasanya tumbuh merespon dengan membuat otot menjadi lebih tegang dan kaku. Oleh sebab itu, jika merasakan timbulnya amarah, sebaiknya segera melakukan peregangan otot untuk menghindari ketegangan. Selain itu, bisa juga dengan melakukan olahraga ringan. Olahraga memicu produksi endorfin yang memberi efek bahagia, otomatis amarah reda.

6. Mendengarkan Musik


Cara lain yang juga efektif meredakan amarah adalah dengan mendengarkan musik, terutama yang menenangkan. Musik lembut dapat membantu dalam menstabilkan detak jantung yang meningkat akibat munculnya amarah. Tips ini terbukti efektif sebagai pengalih perhatian dari masalah yang ada.

7. Melakukan Konseling


Apabila amarah sering muncul dan kesulitan mengatasinya, berarti sudah saatnya untuk melakukan konseling pada ahlinya, seperti psikolog. Cara ini juga sangat perlu dilakukan oleh orang yang memiliki emosi meledak-ledak dan suka menyakiti diri sendiri ataupun orang lain. Konseling sangat perlu agar emosi dapat terkendali dan tidak jatuh korban akibat amarah.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tadi beberapa cara meredam amarah dengan efektif dan cepat. Penting melakukannya agar emosi tidak meledak dan merugikan. Hal yang paling penting adalah, memahami bahwa amarah sering disertai dengan energi yang besar. Oleh sebab itu, perlu mengelolanya untuk hal positif  agar energi tersebut menjadi lebih memiliki manfaat, bukannya membawa kerugian.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.