Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Berikut 7 Penyebab Flek Hitam Suka Timbul di Wajah Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Hindari flek hitam dengan mengetahui penyebab flek hitam di wajah.

Kamu wajib memahami apa saja penyebab flek hitam di wajah, supaya bisa menghindarinya. Ephelis atau orang biasa mengenalnya dengan flek hitam, merupakan gangguan kulit yang umum terjadi pada siapa pun, dari berbagai usia. Meskipun umumnya bukan kondisi berbahaya, tetapi bisa mengurangi rasa percaya diri.


Biasanya, flek hitam muncul pada saat musim panas, terutama pada orang berkulit putih. Bentuknya berupa bintik atau noda dengan warna lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan produksi melanin yang merupakan pigmen alami. Melanin meningkat karena beberapa penyebab di bawah ini.

1. Paparan Sinar Matahari


Penyebab paling utama dari munculnya flek hitam ini adalah paparan sinar matahari. UVA maupun UVB yang menyerap di kulit bisa meningkatkan produksi melanin. Pada kondisi tertentu, peningkatan melanin ini tidak tersebar merata pada kulit. Akibatnya, akan muncul bintik-bintik noda berwarna kecoklatan pada kulit wajah.

2. Faktor Genetik


Apabila di dalam keluarga ada yang mudah muncul flek hitam, maka resiko akan semakin meningkat. Hal ini karena faktor genetik juga mempengaruhi produksi melanin. Itulah sebabnya kondisi masing-masing orang bisa berbeda. Umumnya, flek hitam akibat faktor genetik ini lebih sulit penanganannya.

3. Kurang Asupan Vitamin


Selanjutnya, penyebab timbulnya bintik hitam ini adalah kurangnya asupan vitamin. Sayangnya, vitamin ini merupakan salah satu pendukung kesehatan kulit. Jadi, jika mengalami defisit, akan memicu munculnya flek. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya mengonsumsi suplemen vitamin E, C, B12, dan K.

4. Bekas Peradangan


Adanya luka, jerawat, atau infeksi pada kulit wajah akan menimbulkan bekas dengan warna yang lebih gelap. Apabila jerawat atau peradangannya semakin banyak dan berukuran besar, maka akan menimbulkan flek hitam yang juga besar. Bahkan bisa lebih gelap dan meluas.

5. Efek Penggunaan Kosmetik


Merasa lebih sering berada di rumah, tetapi flek hitam tetap muncul? Hal ini bisa saja terjadi akibat penggunaan kosmetik. Bahan-bahan tertentu pada kosmetik bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Jadi, meskipun hanya sebentar berada di luar, kulit akan langsung bereaksi dengan munculnya flek.

6. Faktor Usia


Satu lagi penyebab munculnya flek hitam adalah karena faktor usia. Semakin tua seseorang, kulitnya juga akan mulai mengalami masalah. Contohnya adalah keriput. Kondisi ini bisa memicu penumpukan melanin pada suatu bagian tertentu, akibatnya, bagian tersebut menjadi lebih gelap daripada kulit di sekitarnya.

7. Efek Obat


Ternyata, ada beberapa obat yang memiliki efek memicu munculnya flek pada wajah. Umumnya, tidak berwarna kecoklatan saja, bercak ini bisa berwarna abu-abu atau kebiruan. Meskipun tidak berbahaya, kondisi ini dapat membuat penderitanya mengalami gangguan kepercayaan diri.

Cara Mengatasi Flek Hitam

Umumnya flek hitam akibat peradangan atau paparan sinar matahari bisa sembuh sendiri. Namun, waktunya bisa berbeda pada setiap orang. Untuk mencegah dan mengatasi flek hitam, ada beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan sunblock dengan SPF 30 atau lebih.


Sunblock ini berperan sebagai penahan agar sinar UV tidak terserap oleh kulit dan memicu peningkatan melanin.


Meskipun demikian, ada kondisi yang membuat flek hitam menjadi berbahaya. Amati kondisi flek yang terjadi. Apabila bercak tersebut menonjol, gatal, atau nyeri, sebaiknya segera menghubungi dokter, karena bisa jadi itu merupakan gejala tumor kulit.


Kesimpulannya, dengan melihat beberapa penyebab flek hitam di wajah tersebut, kamu harus melakukan pencegahan. Hindari berada di bawah matahari terik tanpa perlindungan, terutama tanpa menggunakan sunblock SPF 30. Selain itu, konsumsi makanan sehat seimbang agar kebutuhan vitamin tercukupi dan kulit menjadi sehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.