Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Berikut 8 Penyebab Kram Kaki dan Cara Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
11 May 2021
Clock Icon
4 menit
Penyebab Kram Kaki

Pernahkah kakimu tiba-tiba menegang dengan kuat selama beberapa detik hingga beberapa menit? Ya itulah yang disebut kram kaki. Pada umumnya, kram adalah kontraksi atau menegangnya otot dengan kuat secara tiba-tiba, baik terjadi pada kaki atau area lainnya. Penyebab kram kaki ada bermacam-macam. Berikut ini 8 penyebab kram kaki yang kerap terjadi. Simak baik-baik ya, Lemonizen!

banner consideration shipping bg blue

Penyebab Kram Kaki

penyebab kram kaki

1. Tekanan Terhadap Saraf Tulang Belakang 

Jika saraf tulang belakang yang berperan pada proses pengiriman sinyal dari otak ke seluruh tubuh mengalami tekanan, maka akan terjadi gangguan di beberapa fungsi tubuh. Salah satu dari akibat tersebut adalah hilangnya kendali gerak yang bisa menyebar hingga kaki. Oleh sebabnya, hal tersebut menjadi salah satu penyebab kram kaki.

2. Kehamilan

Ketika masuk di bulan-bulan terakhir, ibu hamil akan sering merasakan kram pada kaki. Penyebab kram kaki pada ibu hamil ini disebabkan oleh kurangnya kalium dan magnesium, atau bisa jadi aliran darah ke kaki kurang lancar.

3. Suplai Darah yang Tidak Memadai dan Kekurangan Mineral 

Jika pembuluh darah yang mengalirkan darah ke area kaki menyempit, maka akan menimbulkan rasa nyeri. Penyebab kram kaki ini seringkali terjadi ketika kamu berolahraga. Tidak lama, kram akan segera sembuh dengan beristirahat sebentar.  Tidak hanya itu, penyebab kram kaki selanjutnya adalah kekurangan mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium.

4. Dehidrasi

Tubuh kekurangan cairan merupakan definisi dari dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi berat dapat menyebabkan gangguan elektrolit, yaitu kadar eletrolit tidak seimbang. Hal itu tak jarang juga sebagai penyebab kram kaki. Untuk mengetahui apa saja gejala dehidrasi, Lemonizen bisa melihat tentang gejala dehidrasi dan cara mengatasinya.

5. Cedera 

Cedera umum terjadi ketika seseorang melakukan olahraga atau bermain. Seringkali cedera menjadi penyebab kram kaki. Oleh sebab itu, ketika cedera seseorang disarankan untuk berhenti berolahraga atau bermain sejenak guna mengembalikan otot agar tidak kaku. Jika didiagnosa cedera kecil.

banner consideration promotion bg blue

6. Infeksi dan Efek Samping Obat-obatan 

Infeksi juga bisa memicu kram kaki. Sebagai contoh adalah tetanus. Infeksi tersebut dapat menyebabkan kram kaki. Selain itu, beberapa obat-obatan juga dapat menjadi penyebab kram kaki. Di antaranya adalah obat antipsikotik, statin, obat asma, pil kontrasepsi, dan kortikosteroid.

7. Penyakit Hati

Mengapa penyakit yang melibatkan organ hati menjadi penyebab kram kaki? Itu karena racun di dalam darah akan meningkat saat organ hati tidak bekerja dengan baik. Sehingga dapat membuat otot kram, termasuk kaki.

8. Kondisi Medis Lainnya

Selain 7 penyebab kram kaki di atas, kondisi medis lain juga bisa memicu kram kaki. Contohnya seperti penyakit diabetes, ginjal, tiroid, atau penyakit yang berurusan dengan aliran darah hingga ke tungkai (penyakit arteri perifer). 

Cara Mengatasi Kram Kaki

penyebab kram kaki dan cara mengatasi

Kram pada umumnya datang secara tiba-tiba bergantung pada kondisi tubuh seseorang. Berikut beberapa cara mengatasinya apabila Lemonizen mengalami hal tersebut.

  • Menghentikan aktivitas dan melemaskan otot. Lemonizen dapat melakukan hal itu dengan peregangan ringan, misalkan dengan berjalan perlahan-lahan atau menggerakkan kaki secara perlahan.
  • Kompres. Mengkombinasikan kompres dingin dan hangat bisa meringankan kram kaki. Selain itu, hanya mengompres atau mandi air hangat saja juga bisa meredakan kram kaki. Namun, cara ini tidak disarankan untuk penderita diabetes dan cedera saraf tulang belakang.
  • Pijat. Memijat kaki yang kram juga dapat meredakan kram. Namun, tidak diperbolehkan terlalu kencang karena akan mengganggu proses aliran darah.
  • Minum air putih. Minum air putih memang banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah membantu mencegah terjadinya kram kaki lebih lanjut. Pada dasarnya air putih atau air yang mengandung elektrolit berfungsi untuk mengisi cairan dalam tubuh. Sehingga kadar elektrolit seimbang.
  • Menggunakan obat-obatan pereda rasa sakit. Menggunakan obat ini harus sesuai dengan petunjuk penggunaan. Mintalah resep dokter atau apoteker jika membeli obat secara mandiri.
  • Mengonsumsi makanan kaya magnesium. Makanan yang kaya magnesium berupa bisa berupa kacang-kacangan, buah-buahan, maupun sayuran. Salah satu sayuran yang kaya magnesium adalah bayam. Dengan magnesium yang tercukupi, kamu bisa lebih jarang terserang kram. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 8 penyebab kram kaki dan cara mengatasinya. Sekarang Lemonizen tahu kan harus melakukan apa untuk mencegah maupun mengatasi jika terjadi kram pada kaki. Tidak harus langsung ke dokter, atasi sendiri dengan cara sederhana, kecuali memang sudah parah dan terjadi dalam rentang cukup lama.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.