Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Berikut Pengertian Usaha Jasa Lengkap dengan Contohnya

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
Pengertian usaha jasa penting diketahui pengusaha pemula.

Berbicara tentang perusahaan, salah satu sektor yang memiliki banyak peminat adalah bidang jasa. Melihat dari banyaknya minat pebisnis terhadap bidang jasa, apa itu usaha jasa? Mengapa bidang ini begitu diminati? Pada dasarnya, usaha jasa sama seperti perusahaan barang pada umumnya. Perusahaan ini juga menjual sebuah produk, namun tidak dalam bentuk fisik melainkan pelayanan. Untuk lebih jelasnya, berikut pengertian usaha jasa dan contohnya yang perlu Anda ketahui.

banner consideration shipping bg blue

Pengertian Usaha Jasa


Dalam artian sederhana, pengertian usaha jasa adalah sebuah bisnis yang menjual serta menawarkan produk berupa pelayanan jasa kepada para konsumennya. Produk yang diperjualbelikan oleh perusahaan ini adalah pelayanan yang dapat memberikan manfaat bagi pelanggan yang membutuhkan. Berbeda dengan perusahaan barang, perusahaan jasa tidak memiliki bentuk produk secara fisik.

Namun dalam beberapa bidang, usaha jasa membutuhkan ‘tunjangan’ produk fisik untuk membantu memenuhi permintaan dari pelanggan. Seperti usaha jasa transportasi yang membutuhkan kendaraan seperti sepeda motor maupun mobil untuk memberikan pelayanannya kepada pelanggan. Perusahaan jasa menawarkan sebuah produk layanan atau keahlian tertentu yang dapat bermanfaat bagi para pelanggan.

Beberapa usaha jasa yang populer di Indonesia adalah jasa travel, jasa laundry, jasa penjualan tiket, jasa pijat atau akupuntur, dan masih banyak lagi cabang jasa lain. Usaha di bidang jasa menjalani aktivitas perekonomiannya dikarenakan ada permintaan dari pasar terhadap produk pelayanan tersebut. Semakin tinggi tingkat permintaan pasar, maka nilai dari jasa tersebut juga akan semakin meningkat.

Contoh Usaha Jasa


Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama bahwa terdapat banyak bidang jasa yang beroperasi di Indonesia. Ada banyak bidang jasa yang bisa Anda jalankan. Beberapa bisnis bidang jasa tidak membutuhkan terlalu banyak modal untuk memulai usaha. Berikut deretan contoh usaha jasa yang perlu Anda ketahui.

banner consideration promotion bg blue

1. Usaha Salon Kecantikan

Sebagai salah satu tempat favorit kaum hawa, salon bisa menjadi bidang bisnis jasa yang cukup menggiurkan. Dikarenakan permintaan pasarnya tinggi, usaha salon masih masuk dalam bidang jasa yang digandrungi oleh banyak pebisnis. Pemula bisa memulai bisnis salon dengan modal yang cukup terjangkau.

2. Usaha Laundry

Usaha jasa yang satu ini memiliki target market yang luas dan banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Selama satu dekade belakangan ini, peminat bisnis jasa laundry mengalami peningkatan yang cukup drastis. Seiring dengan tingginya permintaan pasar terhadap jasa ini, pebisnis mulai melirik dan mendirikan usaha laundry.

Pola hidup masyarakat yang menganggap bahwa laundry lebih praktis dibanding mencuci pakaian sendiri merupakan alasan utama mengapa permintaan pasar terhadap bisnis ini meningkat. Terlebih untuk para mahasiswa dan pekerja kantoran yang super sibuk. Dengan konsep sederhana dan modal minim, Anda sudah bisa mulai menjalankan bisnis ini.

3. Usaha Fotokopi

Usaha jasa yang satu ini sudah ada sejak dulu dan termasuk dalam salah satu usaha jasa jangka panjang. Kebutuhan atau permintaan pasar terhadap usaha fotokopi masih cukup stabil sehingga usaha ini dapat bertahan dalam waktu yang relatif lama. Meskipun dunia digital mulai mengambil alih fungsi kertas, usaha jasa fotokopi masih tetap diperlukan.

4. Jasa Les Privat

Usaha jasa yang satu ini bisa dijalankan oleh pebisnis handal maupun mahasiswa yang sedang mencari penghasilan tambahan. Kebutuhan terhadap pendidikan memang sangat penting, maka tidak heran jika banyak orang tua yang rela mengeluarkan uang lebih untuk mendaftarkan anaknya pada les privat guna meningkatkan kompetensi anak dalam berbagai bidang ilmu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah pengertian usaha jasa dan beberapa contoh usaha jasa yang perlu Anda ketahui. Konsep usaha jasa memang mirip dengan usaha barang pada umumnya. Pada dasarnya, bidang usaha ini akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Sehingga, usaha jasa juga bisa menjadi pilihan usaha untuk Anda pilih.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.