Bermanfaat, Inilah 5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Lambung Walaupun Berpuasa

05 Jun 2018 @ 14:19:19
Ketika bulan Ramadhan tiba, berpuasa menjadi salah satu ibadah yang wajib untuk dilakukan. Perlu trik dan tips yang akurat dan jitu supaya puasa berjalan lancar tanpa adanya gangguan kesehatan, terutama gangguan pada lambung. Sakit perut, maag, ataupun GERD bisa saja menyerang jika kamu tidak cermat. 

Lebih dari 15% yang berpuasa di Indonesia mengalami gangguan pada lambung sehingga membuat mereka terpaksa membatalkan puasa. Tentunya, kamu tidak ingin hal ini terjadi padamu, bukan? Untuk itu, cobalah beberapa cara mudah menjaga kesehatan lambung berikut ini.

Hindari Makanan Pedas Ketika Santap Sahur

Hindari Makanan Pedas Ketika Santap Sahur

Diantara banyak makanan yang bisa kamu nikmati saat sahur, cobalah untuk menghindari makanan pedas atau makanan yang mengandung cabai dan merica. Kandungan cabai dan merica di dalam makanan tersebut akan menghasilkan gas berlebih di dalam lambung sehingga asam lambung bisa saja naik ketika kamu berpuasa.

Perbanyak Makanan Berserat

Perbanyak Makanan Berserat

Tak hanya membantu kamu untuk kenyang lebih lama, makanan berserat juga membantu lambung dan organ pencernaan lainnnya untuk mempertahankan kinerja walaupun asupan makanan berkurang saat berpuasa. Jenis makanan berserat yang bisa kamu makan antara lain buah-buahan, sayuran, gandum, ataupun biji-bijian.

Hindari Makanan Yang Penuh Dengan Lemak, Terutama Lemak Jahat

Hindari Makanan Yang Penuh Dengan Lemak, Terutama Lemak Jahat

Ketika berpuasa, lambung membutuhkan banyak asupan, terutama makanan yang dapat membuat kenyang lebih lama. Di sinilah, makanan berlemak mengambil peran dalam membantu berpuasa. Sayangnya, makanan berlemak justru membuat lambung dan perut kamu lebih rentan sembelit. Untuk itu, mengurangi makanan berlemak akan menjaga kesehatan lambung lebih optimal.

Perbanyak Minum Air Putih Ketika Sahur dan Berbuka Puasa

Perbanyak Minum Air Putih Ketika Sahur dan Berbuka Puasa

Air putih sangat punya peran dalam meningkatkan kesehatan tubuhmu, terutama kesehatan lambung ketika berpuasa. Kandungan air putih yang terdiri dari mineral membuat lapisan kulit lambung lebih sehat sehingga bebas dari penyakit maag ataupun asam lambung yang mempengaruhi waktu berpuasa kamu. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari.

Perbanyaklah Makanan atau Minuman Berprobiotik

Perbanyaklah Makanan atau Minuman Berprobiotik

Konsumsi makanan berprobiotik bisa membantu lambung untuk tetap sehat dan terjaga kesehatannya selama berpuasa. Makanan seperti yogurt, kimchi, ataupun tempe mengandung bakteri baik yang membantu merawat dinding lambung tetap baik dan asam di dalamnya tetap stabil sehingga kesehatan lambung terjaga dan kamu terhindar dari penyakit terkait lambung. 


Artikel Terkait

5 Rekomendasi Nutrisi dan Makanan yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil & Menyusui
Waktu kehamilan dan menyusui merupaka dua fase terpenting bagi seorang ibu untuk mendapatkan nutrisi untuk tubuh. Tak ha..
Andesma. W
10 Agustus 2018
Mengolah dan Memasak Bihun Agar Kenyal dan Tak Mudah Hancur
Bihun menjadi bahan makan yang banyak ditemukan dalam berbagai hidangan nusantara seperti bihun goreng, soto, ketoprak, ..
A. Conrad
03 Agustus 2018
Penyedap Rasa Alami Pengganti MSG
Walaupun Kementerian Kesehatan RI dan berbagai studi setuju bahwa MSG alias vetsin sebenarnya aman digunakan dalam masak..
Andesma. W
03 Agustus 2018