Biar Stok Bawang Putih Awet, Ini 6 Cara Menyimpannya dengan Benar

04 Jun 2020 @ 15:40:25
Salah satu bumbu dapur yang paling krusial untuk memasak adalah bawang putih. Hampir semua masakan pasti menggunakan bawang putih sebagai salah satu komponen bumbunya. Bayangkan sebuah masakan tanpa bawang putih, pasti rasanya akan sangat hambar. Selain itu, bawang putih dipercaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti membantu membuang racun dalam tubuh.

Itulah mengapa, bawang putih menjadi bumbu dapur yang persediaannya harus selalu ada. Namun jika memiliki persediaan bawang putih yang cukup banyak, kamu harus memperhatikan cara penyimpanannya. Jika tidak disimpan dengan cara yang benar, persediaan bawang putih akan cepat membusuk. Dan inilah beberapa tips menyimpan bawang putih agar awet.

1. Saat membeli, pilih bawang putih yang masih segar



Sebelum melakukan banyak cara agar bawang putih tersimpan dengan awet, hal paling pertama yang perlu dilakukan adalah memilih bawang putih yang segar saat membeli.

Dalam jurnal ilmiah berjudul Garlic: Safe Methods to Store, Preserve, and Enjoy terbitan University of California, memilih bawang putih yang segar cukup mudah. Yakni pilih bawang putih yang bentuk dan kulitnya masih utuh dan dalam kondisi yang baik. Selain itu, pilih juga bawang putih yang memiliki berat cukup. Bawang putih yang terlalu ringan mengindikasikan isinya sudah membusuk atau mengering.

2. Pastikan bawang putih benar-benar kering sebelum disimpan



Untuk membuat bawang putih awet saat disimpan, pastikan kondisinya sudah benar-benar kering. Menyimpan bawang putih dengan kondisi lembab bisa mengurangi daya tahannya. Untuk mengeringkan, kamu bisa menggantung bawang putih agar kandungan airnya hilang.

3. Simpan di ruang penyimpanan yang sejuk dan kering



Dikutip dari Foodal, cara terbaik menyimpan bawang putih agar awet adalah dengan menyimpannya di ruang yang sejuk dan kering. Lemari di dapur di dapur adalah tempat terbaik untuk menyimpan stok bawang putih agar tahan lama.

Selain itu penting memperhatikan wadah yang akan digunakan untuk menyimpan bawang putih. Usahakan wadah yang digunakan masih memungkinkan aliran udara masuk. Seperti kantong jaring atau mangkok terbuka.

4. Jangan simpan bawang putih dengan dicampur bawang merah



Meski sama-sama jenis bawang, bawang putih dan bawang merah ternyata tak boleh disimpan di wadah yang sama. Keduanya harus disimpan secara terpisah. Dilansir dari IDN Times, kedua jenis bawang ini mengeluarkan jenis zat yang berbeda. Jika bersatu, akan mengakibatkan proses pembusukan lebih cepat terjadi.

5. Simpan bawang putih dengan merendamnya bersama cuka



Dikutip dari Foodal, cara penyimpanan bawang putih agar awet yang patut dicoba adalah dengan merendamnya bersama air cuka. Air cuka di sini bisa berperan sebagai pengawet alami.

Cara penyimpanan bawang dengan air cuka adalah pertama kamu harus mengupas bawang putih dari kulitnya. Kedua masukkan bawang putih yang sudah dikupas tersebut ke sebuah jar yang sudah berisi air cuka. Ketiga tambahkan sedikit garam. Keempat tutup jar dengan rapat dan simpan di kulkas. Dengan cara ini, setidaknya bawang putih bisa bertahan selama 4 bulan. 

6. Bekukan bawang putih bersama olive oil



Menurut Wiki How, menyimpan bawang putih dengan cara membekukan adalah cara paling terakhir yang bisa dicoba. Karena sebenarnya membekukan bawang putih bisa merusak tekstur dan rasa. Namun tentu ada cara membekukan bawang putih yang aman dan patut dicoba, yakni dengan merendamnya bersama olive oil.

Cara yang bisa kamu coba adalah dengan mengupas bawang putih, masukkan ke dalam jar atau wadah yang tertutup rapat, campur dengan olive oil, tutup rapat, dan simpan ke dalam freezer.

Namun mengutip dari jurnal Garlic: Safe Methods to Store, Preserve, and Enjoy, jangan pernah menyimpan bawang putih yang sudah dicampur minyak dalam suhu ruangan. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan bakteri clostridium botulinum berkembang dan dikhawatirkan bisa menyebabkan penyakit berbahaya disebut botulisme. Botulisme adalah keracunan langka dari racun yang dihasilkan bakteri clostridium botulinum, gejalanya antara lain kesulitan menelan, otot wajah lemas, dan bahkan kelumpuhan.

Beberapa cara di atas bisa mulai kamu terapkan nih untuk menyimpan bawang putih di rumah. Agar stok bawang putih tetap awet dan tetap bikin hemat!

Artikel Terkait

4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat
Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Nagita Slavina dan Chef Juna Masak Bareng? Ada Menu Apa Nih?
Pangsit goreng viral pakai mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
09 September 2020