Bikin Empon-Empon dari Rempah, Khasiatnya Bisa Tingkatkan Imun di tengah Pandemi COVID-19

13 Apr 2020 @ 15:23:40
Semakin meningkatnya kewaspadaan terhadap coronavirus menjadikan masyarakat semakin gemar mengkonsumsi makanan dan minuman sehat. Kebiasaan ini dibangun sebagai langkah pencegahan untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam menangkal virus termasuk coronavirus. Salah satu yang semakin banyak dikonsumsi masyarakat adalah bahan minuman empon-empon yang terdiri dari tanaman rempah-rempah tradisional.

Lalu, apa saja nih yang Lemonizen perlu tahu tentang empon-empon? Apakah memang bebas dikonsumsi siapa saja? Bagaimana dengan variasi dosis dan jenisnya? Yuk, kita bahas sama-sama.

Dibuat dari Tanaman Herbal Penuh Khasiat



Empon-empon yang asal katanya adalah empu memiliki arti rimpang induk atau akar tinggal. Kata ini digunakan untuk menyebut kelompok tanaman yang memiliki rimpang atau akar tinggal. Di antaranya adalah temulawak, jahe, kunyit, kencur dan sereh yang termasuk dalam Formularium Ramuan Obat Tradisional Indonesia (FROTI), artinya telah terbukti aman jika digunakan sesuai aturan dan secara empiris bermanfaat bagi kesehatan.

Cara membuat empon-empon juga mudah saja. Dilansir dari laman Kompas, Wira Hardiansyah, seorang travelling chef menjelaskan cukup siapkan tiga ruas jahe, tiga ruas kunyit, dan satu ruas temulawak untuk membuat empon-empon. Semua bahan tersebut ditumbuk hingga halus lalu diseduh kemudian saring dan disajikan hangat-hangat. Untuk menambah rasa Lemonizen juga bisa menambahkan gula, bisa stevia atau gula merah.

Sudah lama diketahui ramuan jahe memiliki kandungan meredakan berbagai macam gejala penyakit seperti yang tercantum dalam edisi kedua Herbal Medicine: Biomolecular and Clinical Aspects. Tanaman herbal yang sering dijadikan minuman ini menawarkan senyawa anti-inflamasi termasuk antioksidan--untuk melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Begitu juga dalam penelitian yang diterbitkan di jurnal Ethnopharmacol (2013) menyebut jahe segar memiliki khasiat menangkal virus penyebab infeksi pernapasan (HRSV).

Kunyit sendiri mengandung zat kurkumin yang bekerja meningkatkan daya tahan tubuh dan memiliki zat anti kataral sehingga dapat memperbanyak produksi lendir. Lendir ini membantu mengeluarkan virus saat menyerang saluran pernapasan.

Perhatikan Dosis dalam Mengonsumsi Empon-Empon



Ramuan empon-empon memang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, namun bagaimana persisnya ambang batas mengkonsumsi ramuan ini agar tetap bermanfaat? Perlu diperhatikan bahwa mengolah empon-empon tidaklah seharusnya dilakukan secara asal-asalan karena porsi kelola dan takaran yang tidak sesuai justru akan menyebabkan kondisi kesakitan lainnya.

Menurut Joint FAO/WHO Expert Committee on food Additives (JECFA) ada dosis konsumsi herbal yang dianjurkan. Seperti asupan kunyit harian yang disarankan adalah 3 mg/kg berat badan sehingga orang dengan berat badan 50 kg hanya boleh mengkonsumsi kunyit 150 mg per hari. Untuk jahe dosis maksimal sekitar 3-4 gram per hari dan tidak dianjurkan untuk orang hamil karena dosisnya hanya 1 gram ekstrak jahe per hari. Konsumsi jahe juga tidak direkomendasikan untuk di bawah usia 2 tahun.

Selain itu cari tahu secara detail kandungan apa saja yang ada di dalam rempah empon-empon yang akan dikonsumsi. Contohnya temulawak yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, namun juga memiliki sifat pengencer darah yang berbahaya pada penderita penyakit hati.

Tidak Menangkal atau Menyembuhkan Coronavirus

Perlu diingat kalau khasiat rempah-rempah yang ada di dalam empon-empon cuma membantu meningkatkan daya tahan tubuh ya, bukan untuk membunuh virus maupun bakteri. Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah memperingatkan bahwa cara paling efektif dalam mencegah penyebaran coronavirus adalah dengan cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir. Diiringi dengan melakukan pemeriksaan suhu dan penyemprotan desinfektan di tempat publik.

Boleh-boleh saja kalau ingin mengkonsumsi empon-empon untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah coronavirus seperti sekarang ini. Tapi, semua usaha tersebut pastinya harus diiringi dengan kebiasaan mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air mengalir serta terus terapkan physical distancing. Tetap sehat ya, Lemonizen!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020