Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Bikin Jualan Makin Cuan Jelang Lebaran, Ini Tipsnya!

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
23 Apr 2021
Clock Icon
5 menit
lebaran hampers

Setiap menjelang Idul Fitri, pusat-pusat perbelanjaan dan transaksi belanja online biasanya akan meningkat lebih tajam dari biasanya. Hal ini dikarenakan saat menjelang Idul Fitri, orang-orang memiliki dana lebih banyak yang bisa dibelanjakan.


Bagi kamu yang memiliki bisnis online, ini kesempatan untuk memberikan banyak promo menarik saat menjelang Hari Raya sehingga banyak calon customer yang berbelanja di tokomu. Dan demi bisa sukses raup keuntungan menjelang Hari Raya, setidaknya strategi-strategi ini bisa kamu terapkan.


banner consideration shipping bg blue

1. Beri diskon khusus

Diskon dan Hari Raya seakan jadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Setiap menjelang Hari Raya, banyak pusat perbelanjaan dan toko online yang memberikan banyak diskon pada produk yang mereka jual.


Demi menarik banyak customer, kamu juga bisa menggunakan cara ini. Tapi hal penting yang perlu diingat adalah jangan sampai dengan memberikan banyak diskon, kamu malah tidak mendapatkan margin keuntungan. Jadi sebelum memberikan diskon, lebih baik kamu menghitung ulang berapa margin keuntungan yang akan kamu dapat. Sehingga jualan bisa tetap untung dan tidak merugi.


Selain itu, pastikan barang yang kamu jual dengan harga diskon adalah barang yang selama ini paling banyak diminati oleh para customer. Sehingga dari sini kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal.


2. Sediakan paket hampers untuk Hari Raya

Saat Hari Raya tiba, menjadi kesempatan pula bagi beberapa orang untuk saling mengirim bingkisan atau hampers. Kamu bisa memanfaatkan momen ini dengan menyediakan paket hampers selama menjelang Hari Raya di toko milikmu.


Kamu bisa menyediakan paket hampers dengan berbagai macam harga, tentu dengan isi yang berbeda. Atau bisa juga memberikan pilihan custom kepada para customer yang menginginkan isi hampers mereka berbeda.


Memesan hampers secara online telah menjadi pilihan banyak orang sebab sangat praktis dan barang bisa langsung dikirim ke penerima hampers.


3. Menata ulang toko online yang kamu miliki

Bagi kamu yang memiliki toko online di sejumlah marketplace, ini saatnya untuk mendekorasi ulang tokomu. Kamu bisa memasang foto-foto produk bertema Hari Raya di halaman depan. Sehingga ketika calon customer berkunjung, ia akan langsung tertarik untuk berkunjung.

banner consideration promotion bg blue


Cara ini biasanya juga akan lebih memudahkan pencarian para customer yang mencari produk-produk berkaitan dengan Hari Raya.


4. Siapkan stok yang lebih banyak

Seperti dijelaskan di atas, menjelang Hari Raya biasanya daya beli para customer meningkat lebih tajam dibandingkan hari biasa. Demi menghadapi peningkatan penjualan, kamu juga harus mengantisipasi hal ini dengan menyiapkan banyak stok produk yang akan dijual.


Jika perlu kamu bisa menggunakan sejumlah teknologi atau aplikasi yang bisa membantumu mengecek stok yang keluar masuk lebih mudah. Sehingga jangan sampai ketika antusias customer sedang tinggi, kamu malah kehabisan produk untuk dijual.


5. Siapkan fisik dan mental untuk hadapi kenaikan penjualan

Menjalani bisnis saat peak season, tentu akan sangat menguras tenaga dan pikiranmu. Itulah mengapa hal yang paling penting adalah tetap menjaga kesehatan dan menyiapkan fisik serta mental. Agar kamu bisa tetap maksimal dalam melayani orderan dari para customer.


Saat melayani orderan customer menjelang Idul Fitri, kamu pasti akan melakukannya di bulan puasa. Jangan sampai mengesampingkan kesehatan hanya karena sedang banjir orderan. Tetap jaga kesehatan dengan makan teratur saat sahur dan buka, serta kurangi jam lembur.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itu dia sederet tips sukses yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan menjelang Hari Raya. Semoga cara ini berhasil ya untuk mengembangkan bisnismu lebih besar lagi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.