Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Bingung Kapan Waktu yang Tepat Memulai Usaha? Ini Pertimbangannya

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
08 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Waktu yang tepat memulai usaha
Memulai usaha memang bukan perkara yang mudah bagi banyak orang. Selalu ada banyak pertimbangan yang dipikirkan untuk mulai membangun sebuah usaha. Seperti misalnya jenis usaha apa yang akan dikembangkan dan modal untuk memulai usaha.
banner consideration shipping bg blue

Kamu yang kini sudah mulai terpikir untuk memulai usaha, mungkin masih ragu-ragu terkait kapan waktu yang paling tepat untuk memulai bisnis yang akan kamu rintis. Untuk menghilangkan sedikit keraguan tersebut, mungkin hal-hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan untuk kamu memilih waktu memulai sebuah bisnis.

1. Saat kondisi finansial sudah stabil



Saat akan memulai usaha, tak dipungkiri akan banyak modal uang yang kamu butuhkan untuk membangun usahamu. Banyak kecilnya modal usaha pun akan tergantung pada seberapa besar skala yang akan kamu bangun.

Semakin besar skala bisnis yang kamu bangun, maka modal yang kamu butuhkan pun akan semakin banyak. Itulah mengapa kamu harus memiliki kondisi finansial yang stabil saat akan memulai sebuah bisnis. Sebab selain mengeluarkan uang untuk modal bisnis, kamu tentunya masih memiliki pengeluaran pribadi seperti kebutuhan sehari-hari dan berbagai cicilan.

Jangan sampai bujet yang biasa kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terganggu karena kamu akan menggunakannya sebagai modal. Saat menggunakan uang untuk modal usaha, mau tidak mau kamu harus siap juga kehilangan karena tak semua bisnis bisa langsung berhasil.

2. Sudah punya mindset seorang pengusaha



Berbisnis tak cuma soal memiliki modal yang besar saja, namun pola pikir yang bisa tetap membuat bisnismu bertahan. Jika saat ini kamu sudah memiliki mindset seorang pengusaha seperti misalnya berani mengambil risiko, jeli melihat peluang, pantang menyerah, niat dan tekad kuat, serta disiplin, maka bisa dibilang kamu sudah siap untuk mulai membangun bisnis.

Sebagai pengusaha, kamu tak boleh memiliki kepribadian yang pantang menyerah. Sebab menjalani bisnis selalu ada kemungkinan untuk gagal. Jika kamu orang yang pantang menyerah, sekali mengalami kegagalan, pasti akan terpikir untuk langsung menutup bisnis.

3. Sudah memiliki ide untuk memulai usaha

Salah satu kunci sukses menjalankan bisnis adalah karena bisnis yang kamu jalankan unik atau sangat dibutuhkan banyak orang. Mencari ide bisnis memanglah tidak mudah, namun sekali kamu menemukan ide bisnis yang menurutmu brilian, kamu bisa coba untuk mengembangkannya. Dan bisa jadi itulah waktu yang tepat untuk kamu untuk memulai bisnis. Salah satu ide usaha yang bisa kamu coba misalnya menjadi Wiranilo atau reseller resmi produk-produk Lemonilo.

4. Memiliki persiapan yang sudah matang



Untuk memiliki sebuah bisnis yang stabil dan mapan, tentu kamu harus memiliki persiapan yang matang juga. Untuk lebih mempermudah persiapan, disarankan kamu memilih bisnis yang sesuai dengan ketertarikanmu atau passion yang kamu miliki.

Saat kamu sudah memastikan visi dan misi bisnis yang kamu jalankan, modal yang cukup, serta data-data yang lengkap dari survei yang sudah kamu lakukan, maka bisa dibilang kamu sudah siap untuk memulai bisnis.

5. Ketika dapat restu dari keluarga



Pada akhirnya segala usaha yang kamu lakukan tak akan berarti apa-apa tanpa restu dari keluarga. Percaya atau tidak adanya restu dari keluarga mampu membantu melancarkan bisnismu.

Maka ada baiknya sebelum memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, kamu banyak berdiskusi dengan keluarga. Sebab nantinya mungkin ada banyak waktu yang terbuang bersama keluarga saat kamu memulai bisnis. Namun, ketika mereka sudah memberikan restunya, maka kamu bisa dengan tenang memulai bisnis.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bagi kamu yang kini sudah mulai berpikir akan menjalankan bisnis, apakah sudah menemukan waktu yang tepat untuk memulainya? Sederet hal-hal di atas mungkin bisa kamu jadikan pertimbangan ya.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.