Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Bisa Atasi Anemia, Inilah 5 Makanan Tinggi Zat Besi yang Sehat dan Lezat

Lulu
Lulu
25 Dec 2020
Clock Icon
5 menit
Bisa Atasi Anemia, Inilah 5 Makanan Tinggi Zat Besi yang Sehat dan Lezat

Zat besi merupakan mineral yang memiliki beberapa fungsi penting. Sementara itu, fungsi utamanya adalah membawa oksigen ke seluruh tubuh bagian sebagai dari sel darah merah.

Zat besi termasuk nutrisi penting sehingga kebutuhan hariannya harus terpenuhi. Menariknya, jumlah zat besi yang diserap tubuh sebagian didasarkan pada jumlah zat besi yang disimpan tubuh.

Kekurangan zat besi terjadi jika asupan terlalu rendah untuk menggantikan jumlah yang hilang setiap harinya.

Jika tubuh kekurangan zat besi, tubuh akan mengalami anemia dan menyebabkan gejala seperti penyakit. Untungnya, ada banyak pilihan makanan yang baik untuk memenuhi kebutuhan zat besi.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 5 makanan tinggi zat besi yang sehat dan lezat:

1. Kerang


Semua jenis kerang mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Satu porsi kerang bisa mengandung 3 mg zat besi atau sekitar 17 persen dari kebutuhan harian.

Zat besi kerang merupakan zat besi yang diserap tubuh lebih mudah di dalam   zat besi yang ditemukan pada tumbuhan.

Satu porsi kerang juga menyediakan 26 gram protein, 24 persen kebutuhan harian vitamin C, dan 4 persen kebutuhan harian vitamin B12.

2. Bayam


Bayam adalah sayuran yang mengandung banyak sekali manfaat dan jumlah kalori yang sangat sedikit. Sekitar satu porsi bayam mentah mengandung 2,7 mg zat besi yang setara dengan 15 persen kebutuhan harian.

Meskipun yang terkandung dalam bayam termasuk zat besi non-heme, bayam juga kaya akan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi menjadi lebih optimal.

Selain itu, bayam kaya akan antioksidan yang disebut karotenoid   yang dapat mengurangi risiko kanker, mengurangi peradangan, dan mencegah penyakit mata.a

3. Daging merah


Selain lezat dan mengenyangkan, daging merah juga sangat bergizi. Satu porsi atau 100 gram daging giling mengandung 2,7 mg zat besi yang merupakan 15 persen dari kebutuhan harian.

Daging merah juga kaya akan protein, seng, selenium, dan beberapa vitamin B. Para peneliti telah menyarankan bahwa kekurangan zat besi lebih kecil kemungkinannya pada orang yang mengonsumsi daging merah, ikan, dan unggas.

Faktanya, daging merah mungkin satu-satunya sumber zat besi yang didapat dan dipotong oleh makanan yang penting bagi penderita anemia.

Dalam sebuah penelitian yang situasi perubahan zat setelah latihan aerobik, perempuan yang mengonsumsi daging merah lebih baik dari mereka yang mengonsumsi suplemen zat besi.

4. Tahu


Harganya memang murah meriah, namun tahun memiliki manfaat yang luar biasa. Makanan yang terbuat dari kedelai yang sangat populer di kalangan vegetarian dan di beberapa negara Asia.

Satu tahu biasanya menawarkan sekitar 3,4 mg zat besi yang merupakan 19 persen dari kebutuhan harian.

Tahu juga merupakan sumber tiamin dan beberapa mineral baik, seperti kalsium, magnesium, dan selenium.

Uniknya, tahu mengandung senyawa isoflavon yang merawat dengan peningkatan sensitivitas insulin, penurunan risiko penyakit jantung, dan mencegah menopause.

5. Brokoli


Brokoli merupakan sayuran yang sangat bergizi. Satu porsi brokoli yang matang mengandung 1 mgg zat besi yang merupakan 6 persen dari kebutuhan harian.

Selain itu, satu porsi brokoli juga mengandung vitamin C yang membebaskan 112 persen dari kebutuhan harian. Vitamin C ini membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik.

Brokoli yang merupakan keluarga sayuran silangan ini membawa kandungan folat yang tinggi dan beberapa vitamin K.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.