Bisa Menambah Pemasukan, Ini 5 Tips Sukses Jadi Reseller

10 Sep 2020 @ 10:31:18
Di waktu yang serba tak menentu seperti ini, kebanyakan dari kita pasti ingin memiliki pemasukan tambahan. Baik pemasukan tambahan dari pekerjaan sampingan atau memulai usaha sendiri. Sementara bagi mereka yang tertarik berwiraswasta, urusan modal terkadang bisa menjadi kendala. Pada akhirnya keterbatasan modal bisa membuat rencana berbisnis menjadi gagal total.

Namun, dalam kemajuan teknologi yang serba cepat ini, berbisnis tak lagi harus selalu dengan memiliki modal puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Salah satunya dengan menjadi reseller. Dan inilah tips sukses bagi kamu yang memutuskan menjadi reseller.

1. Pilih barang yang akan dijual yang sekiranya dibutuhkan banyak orang

Hal ini tentu menjadi yang paling pertama harus dipikirkan saat memutuskan menjadi reseller. Sebelum memulai menjadi reseller, tentukan barang apa yang kamu akan jual. Entah itu pakaian, gadget, aksesoris, bahkan makanan.

Pastikan dalam menentukan pilihan, produk yang akan dijual banyak dibutuhkan orang. Atau paling tidak memiliki cukup banyak peminat. Setelah menentukan produk yang sesuai permintaan pasar, selanjutnya tentukan siapa target pasar yang ingin diraih. Kedua hal ini nantinya akan berperan penting bagi keberhasilanmu menjadi reseller.

Tak hanya itu, pengetahuan yang baik terhadap produk yang akan dijual juga harus dimiliki. Sebab nantinya penjual harus dengan baik menjelaskan tentang produk yang dijual kepada konsumen.

2. Cari tahu seluk beluk perusahaan yang menawarkan program reseller

Saat ini sudah mulai banyak perusahaan penyedia barang yang membuka pendaftaran untuk program reseller. Bagi kamu yang berminat, sebaiknya cek dulu latar belakang perusahaan tersebut. Apakah ia cukup kredibel dalam menjalankan bisnis?

Hal ini penting dilakukan, sebab saat ini tak jarang perusahaan abal-abal yang mencari keuntungan dengan menipu para reseller-nya.

3. Kenali kompetitor yang menjual barang sama

Jika sudah yakin perusahaan yang barangnya ingin kamu jual lagi terpercaya, maka langkah selanjutnya adalah mencoba mengenali cara kerja kompetitor yang menjual barang yang sama. Sebab sebuah perusahaan penyedia barang yang membuka program reseller, tak akan hanya menerima satu orang saja untuk menjadi reseller. Sehingga tak bisa dipungkiri, kamu nantinya akan bersaing dengan reseller lainnya.

Itulah mengapa penting untuk mengenali kompetitor kita. Kamu bisa melihat perbandingan soal pelayanan dan harga produk. Akan lebih baik lagi jika kamu berhasil mendapatkan pelanggan tetap atau langganan.

4. Berikan harga bersaing, namun tetap masuk akal

Harga jelas menjadi faktor penting dalam sebuah bisnis menjual barang. Pastikan kamu menjual barang dengan harga yang bisa bersaing dengan kompetitor, namun tetap masuk akal. Artinya jangan sampai terlalu tinggi atau bahkan terlalu rendah dari harga pasaran rata-rata.

5. Rajin melakukan promo di media sosial

Berjualan akan sia-sia jika kamu sama sekali tidak melakukan promosi. Saat ini promosi sudah bisa banyak dilakukan di media sosial. Buatlah promosi semenarik mungkin sehingga bisa menarik perhatian para calon konsumen.

Sebagai langkah awal, kamu bisa membuat promo-promo seperti diskon, giveaway, atau bonus pembelian. Promo ini bisa dilakukan bertepatan saat perayaan hari besar atau hari istimewa bagi online shop. Langkah ini dipercaya mampu menarik calon konsumen untuk membeli barang di kamu. Konsumen yang datang tak hanya konsumen tetap yang sudah sering membeli di online shop milikmu, tetapi bisa juga konsumen yang baru pertama kali berbelanja.

Itu dia sederet tips sukses menjadi reseller. Buat kamu yang mulai tertarik menjadi reseller, yuk coba terapkan deretan tips ini agar kamu dapat meraih keuntungan yang besar sebagai reseller.

Artikel Terkait

Hadiahkan Mobil, Raffi Ahmad Harap Pemenang Tetap Sehat dan Produktif
Raffi berharap dapat berbagi kebahagiaan dan semangat dengan cara apa pun di masa pandemi ini..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Wirausaha dari Rumah Sambil Menyehatkan Indonesia? Ikutan Program Wiranilo Aja!
Gratis voucher ongkir dan kelas bimbingan bisnis langsung dari pakarnya..
Shella Rafiqah Ully
04 September 2020
Lemonilo Hadirkan Hand Sanitizer Spray Baru dengan Wangi Peppermint
Mengandung 68% alkohol aktif yang efektif membunuh kuman berdasarkan hasil uji lab terakreditasi..
Shella Rafiqah Ully
26 Agustus 2020