Bisa Tingkatkan Kesuburan? Ini 7 Manfaat Susu Kedelai

15 Mei 2020 @ 06:46:58
Kedelai biasanya sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan susu dan camilan sehat. Kedelai banyak disukai masyarakat karena mempunyai rasa yang lezat. Namun, bukan hanya dari segi rasa yang menarik, tapi kedelai juga mengandung banyak nutrisi sehat yang diperlukan tubuh. Ada banyak manfaat dari kedelai, khususnya bagi kaum wanita. Inilah 7 manfaat susu kedelai bagi kesehatan.

1. Meningkatkan Kesuburan pada Wanita



Kedelai diyakini mampu meningkatkan kesuburan untuk kaum wanita. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan pada wanita agar sering konsumsi susu kedelai sebelum menikah atau saat tengah menjalankan program hamil supaya lekas mendapat keturunan.

Hal ini karena, kandungan fitokimia dalam kedelai mampu melawan dampak negatif dari BPA, zat kimia pada plastik yang bisa menurunkan kesuburan untuk wanita. Sebuah riset telah membuktikan kalau wanita yang rajin konsumsi kedelai sebelum melakukan prosedur inseminasi atau teknik memasukkan sperma ke dalam rahim akan lebih berpotensi berhasil daripada wanita yang tidak mengonsumsi kedelai.

2. Mengelola Berat Badan



Manfaat dari susu kedelai yang selanjutnya ialah untuk kontrol berat badan. Kedelai merupakan makanan dengan kandungan glikemik indeks yang rendah dan sangat cocok untuk orang yang mau mengurangi berat badan. Sehingga kedelai juga kerap diolah menjadi camilan sehat penurun berat badan.

Selain itu, kedelai pun diyakini mampu membantu menambah berat badan bila dikonsumsi dalam takaran tertentu. Fenomena tersebut bisa terjadi karena kedelai mengandung protein dan serat yang banyak. Sehingga, kedelai dapat menjadi solusi yang tepat bila ingin menjadikan badan berbobot lebih ideal.

3. Membantu Pencernaan Lebih Lancar



Manfaat susu kedelai selanjutnya bisa dirasakan dari organ pencernaan. Hal ini karena, susu kedelai mempunyai protein, lemak, dan karbohidrat yang banyak dan bagus untuk kesehatan tubuh. Manfaat yang diperoleh dari susu kedelai ini bisa dinikmati karena kandungan isoflavone. Isoflavone yang ada pada susu kedelai pun sangat bagus dalam menambah absorpsi usus yang membuat sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

4. Mengurangi Tekanan Darah Berlebih



Manfaat susu kedelai berikutnya ialah bisa mengurangi tekanan darah yang berlebihan. Kedelai mengandung banyak asam lemak yang mampu membantu melancarkan tekanan darah sehingga tekanan darah lebih teratur. Bukan hanya itu, kandungan kalium dalam kedelai pun bisa membantu atasi natrium berlebihan dalam darah sehingga bisa lebih bebas dari kemungkinan tekanan darah tinggi.

5. Mengatur Kadar Kolesterol



Manfaat dari susu kedelai yang lain adalah untuk mengatur kadar kolesterol dalam darah. Kedelai mempunyai kemampuan untuk mengatur kadar lemak dalam darah. Kedelai ini mengandung asam lemak tak jenuh yang mempunyai tugas dalam membantu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Ia juga mengandung protein dan saponin yang diyakini mampu membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Namun, penelitian ini masih memerlukan pendalaman lebih lanjut.

6. Menjaga Jantung Tetap Sehat



Menjaga jantung tetap sehat merupakan manfaat dari susu kedelai yang bisa dirasakan bagi yang mengkonsumsi. Apabila kadar kolesterol berkurang dan tekanan darah normal, maka kedelai berpeluang bagus dalam meningkatkan kesehatan jantung. Karena saat kadar kolesterol dan tekanan darah stabil, maka otomatis serangan penyakit kardiovaskular juga akan menurun. Manfaat kedelai sebagai pembuat tekanan darah lebih lancar juga dapat berfungsi untuk menjaga sistem kerja jantung lebih baik.

7. Membuat Tulang dan Sendi Semakin Sehat



Susu kedelai juga mengandung kalsium yang dapat memelihara kesehatan tulang dan persendian. Selain kalsium, kedelai juga mempunyai kandungan magnesium, kalium, dan fosfor yang diperlukan untuk membuat tulang tumbuh. Sedangkan, kandungan isoflavon dalam kedelai diyakini mampu memelihara sendiri dan mengatasi gejala radang sendi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk rajin konsumsi kedelai agar kesehatan tulang tetap terjaga dan mengurangi risiko tulang keropos.

Nah, itulah ulasan tentang beberapa manfaat susu kedelai yang bagus untuk kesehatan terutama untuk meningkatkan kesuburan. Dengan mengetahui informasi ini, jangan ragu lagi untuk meminum susu kedelai ya Lemonizen!

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020