Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Madu?

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
15 Sep 2021
Clock Icon
6 menit
Madu untuk ibu hamil

Madu adalah salah satu bahan alami yang terkenal akan manfaatnya. Selain bisa digunakan sebagai pemanis alami atau pengganti gula pada makanan, madu juga dapat dikonsumsi tanpa campuran apapun.


Namun ternyata, madu dilarang dikonsumsi oleh bayi yang baru lahir karena mengandung spora bakteri. Lalu, bagaimana dengan ibu hamil? Apakah ibu hamil boleh mengonsumsi madu? Cari tahu  informasi lengkap seputar keamanan, manfaat, dan takaran tepat konsumsi madu untuk ibu hamil lewat ulasan di bawah ini yuk!


Madu untuk Ibu Hamil


Madu diketahui memiliki bakteri Clostridium botulinum, yang dapat menimbulkan penyakit langka bernama botulisme. Sehingga konsumsinya dilarang bagi bayi yang belum berusia satu tahun. 


Namun menurut penelitian yang dipublikasikan oleh The College of Family Physicians of Canada, secara umum madu termasuk makanan yang aman bagi ibu hamil. Kandungan bakterinya tidak akan menginfeksi janin  di dalam kandungan ibu karena perut orang dewasa dapat mengatasi bakteri tersebut dengan baik.


Manfaat Madu untuk Kesehatan 


Madu memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk ibu hamil. Di antaranya adalah:


  • Meningkatkan kesehatan pernapasan: Dalam sebuah penelitian madu bermanfaat  untuk kesehatan pernapasan. Diantaranya dapat mengatasi asma, mengobati batuk, dan menenangkan sakit tenggorokan. 

  • Perlindungan antioksidan: Madu, terutama  yang berwarna gelap diketahui memiliki kandungan antioksidan. Kandungan tersebut dinilai dapat  membantu meningkatkan kesehatan dengan memerangi molekul dalam tubuh yang merusak sel-sel sehat. 

  • Membantu mengatasi luka: Madu juga dikenal sebagai obat alami penghilang rasa sakit pada luka. Jadi saat Lemomoms mengalami luka bakar atau luka gores di kulit, bisa menggunakan madu untuk mengobatinya. Cukup oleskan madu di area kulit yang terluka.

  • Mengurangi rasa mulas: Rasa mulas adalah hal yang umum muncul di masa kehamilan. Terutama di trimester ketiga. Namun kabar baiknya, madu dapat mengurangi rasa mulas di perut. Cukup dengan mencampur madu dengan segelas susu hangat, rasa tidak nyaman di perut bisa mereda. 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh: Madu juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang mampu berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 


Hal yang Harus Diperhatikan saat Makan Madu


Bagi Lemomoms yang ingin mengonsumsi madu saat hamil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya konsumsinya tetap aman dan tidak mengganggu kesehatan. Berikut adalah hal yang penting dipertimbangkan 


1. Memiliki gangguan di saluran usus 

Apakah Lemomoms pernah menjalani operasi usus, lambung atau memiliki penyakit Crohn (radang usus kronis)? Kalau iya, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter sebelum memutuskan makan madu. Pasalnya, madu mungkin mengandung spora bakteri yang akan sulit diproses pada saluran usus orang-orang yang pernah menjalani operasi usus atau memiliki penyakit di usus. 


2. Sedang mengonsumsi antibiotik

Bila Lemomoms saat ini sedang mengonsumsi obat-obatan antibiotik, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi madu. Pasalnya jenis antibiotik tertentu yang tergolong lebih berat dapat memusnahkan bakteri baik di dalam usus. Padahal madu kemungkinan memiliki spora bakteri yang sulit diproses usus sehingga dapat mengganggu kesehatan.

3. Memiliki diabetes 

Satu sendok makan madu kira-kira mengandung 64 Kkal yang utamanya berasal dari gula sederhana seperti fruktosa dan glukosa. Konsumsi madu yang berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk resistensi insulin dalam tubuh. Hal ini kemudian dapat menyebabkan sensitivitas insulin selama masa kehamilan. Sehingga risiko akan perkembangan diabetes gestasional dan ketidakseimbangan lemak darah (lipid) akan meningkat. 

4. Pilih madu berkualitas

Sebagai ibu hamil, penting juga untuk memilih madu berkualitas yang ada di pasaran. Sebaiknya, hindari madu yang mengandung pemanis buatan. Pastikan juga madu sudah teruji dan memiliki label keamanan dari BPOM.

Madu memang bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun bagi ibu hamil konsumsinya perlu diperhatikan. Bila Lemomoms masih ragu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut makanan apa saja yang dapat dikonsumsi dan harus dihindari selama kehamilan. Dengan begitu, Lemomoms dapat lebih merasa aman.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.