Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Buah Jenitri dan 2 Khasiatnya yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Buah jenitri dan khasiatnya sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Buah genitri juga disebut dengan jenitri yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan obat di Indonesia. Buah jenitri dan khasiatnya dikenal sebagai buah yang dapat membantu meredakan diare dan menyehat beberapa fungsi organ tubuh. Tumbuhan yang bernama latin elaeocarpus sphaericus schum ini dapat tumbuh hingga ketinggian 25 hingga 30 meter. Buah jenitri memiliki biji yang sering digunakan untuk acara keagamaan beberapa kepercayaan seperti pada Agama Hindu dan Budha.

Tidak hanya itu biji buah jenitri juga digunakan sebagai rosaria pada penganut Nasrani dan dijadikan bahan pembuatan tasbih bagi umat Muslim. Bagian pohon jenitri memiliki batang berkayu yang tumbuh tegak dan memiliki cabang. Batangnya berbentuk bulat dengan tekstur permukaan yang terasa kasar ketika diraba.

Tentang Tanaman Jenitri


Biasanya ukuran diameter batangnya sekitar 150 cm. Daun pohon jenitri termasuk jenis daun tunggal dan berbentuk oval bergerigi pada bagian tepinya. Ukuran daunnya sangat bervariasi, panjangnya berkisar 8 hingga 20 cm dan lebar daunnya sekitar 3 hingga 6 cm.


Tanaman jenitri memiliki jenis bunga majemuk malai yang muncul dari ketiak daunnya. Bunga jenitri terdiri dari kelopak dan mahkota bunga seperti pada tumbuhan lainnya. Tiap helai kelopaknya memiliki warna hijau dengan rambut dan pada bagian mahkota bunganya berbentuk menyerupai lonceng berwarna kuning dan bercangap.


Bentuk buah jenitri berupa bulat berwarna kehijauan dan coklat tua. Di dalam buah jenitri terdapat biji yang dijadikan komoditi karena memiliki banyak keistimewaan. Permukaan biji buah jenitri terdapat lekukan menyerupai ukiran yang biasa disebut mukti. Jumlah mukti yang ada di permukaan bininya bervariasi mulai 1 hingga 11 dengan nama yang berbeda-beda.


Bijinya sangat keras dan bisa bertahan hingga bertahun-tahun. Semakin rumit bentuk di permukaannya dan ukurannya semakin kecil akan memiliki harga yang jauh lebih mahal. Tanaman jenitri bisa juga dimanfaatkan sebagai tanaman pagar dan banyak orang yang menyebutnya sebagai rudraksha. Itu karena tanaman jenitri memiliki fungsi pengobatan biomedis dan relaksasi.


Menurut sebuah studi di India menyatakan bahwa biji jenitri yang digunakan untuk berdoa akan membuat terjadinya konduksi elektro yang menghasilkan gaya elektromagnetik di sekitarnya. Gaya elektromagnetik tersebut dapat membantu menstabilkan stres dan tekanan darah.


Tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkannya sebagai penetralisir polutan di udara. Tidak hanya itu buah jenitri memiliki sifat anti bakteri dan bisa meluruhkan lemak. Oleh sebab itulah yang membuat Indonesia sebagai pemasok buah jenitri terbesar di dunia karena beragamnya manfaat yang dikandungnya.

Buah Jenitri dan Khasiatnya untuk Kesehatan


Pada sebuah penelitian menyatakan bahwa buah jenitri mengandung zat metabolit sekunder. Beberapa zat tersebut di antaranya seperti flavonoid, tanin, fitosterol, alkaloid, protein, karbohidrat, dan lemak. Berdasarkan kandungan zat-zat tersebut buah jenitri memiliki khasiat untuk kesehatan, berikut:

1. Membantu Mengatasi Diare

Penyakit diare dapat menyebabkan gejala dehidrasi ketika tidak segera ditangani secara cepat. Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan dengan cara mengonsumsi banyak cairan atau mengonsumsi buah jenitri. Kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin yang ada di dalamnya secara teori dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare.

2. Membantu Menormalkan Fungsi Organ

Pada pengobatan tradisional yang dipercaya umat Hindu, biji buah jenitri dipercaya bisa mengontrol fungsi organ dalam tubuh. Selain itu juga jus buah jenitri dipercaya dapat meredakan stres dan kecemasan. Serta diyakini dapat mencegah peradangan di dalam tubuh, menurunkan kadar gula darah, dan meringankan rasa nyeri.


Itulah penjelasan tentang buah jenitri dan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Pada dasarnya buah ini menyimpan khasiat yang baik untuk tubuh. Jadi, jika kebetulan menemukan buah ini jangan ragu untuk mengkonsumsinya ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.