Buat Minyak Bawang Seperti Dalam Mie Instan? Kenapa Tidak!

18 Jan 2019 @ 12:17:05
Menurut kamu, apa sih yang bikin mie instan jadi lezat dan sulit ditolak itu? Yup, salah satu kelezatannya ada di minyak bawang yang ada di bagian bumbu. Meski begitu, mengonsumsi mie instan yang mengandung bahan pengawet tentu tidak baik jika keseringan. Makanya, coba deh kamu mulai buat minyak bawang sendiri untuk mie instan kamu. Hah? Memangnya bisa? Makanya, simak bahasan lengkapnya berikut ini. 

Apa Bawang Merah dan Bawang Putih itu Sehat?

Kamu tentu sudah tahu bahwa kedua jenis bawang ini memang banyak muncul di resep masakan, utamanya masakan Indonesia. Bawang merah dan bawang putih merupakan bumbu dapur yang hampir selalu bisa ditemukan dalam resep masakan Indonesia. Dengan rasa dan aroma yang menggoda, masakan bisa saja jadi nikmat ketika ditambahkan dua bahan ini. Masalahnya, apakah kedua bumbu dapur ini sehat?

1. Mau Otak Sehat? Bawang Merah Dan Putih Siap Jaga!

Tahu nggak sih kalau bawang merah dan bawang putih adalah sumber nutrisi untuk bantu jaga kesehatan otakmu? Bawang merah mengandung folat dan zat besi yang meningkatkan fungsi otak. Sementara itu, bawang putih mengandung antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kognitif pada otak. Makanya, mengonsumsi kedua jenis bawang ini baik disarankan untuk memelihara kesehatan otak. 

2. Merasa Kolesterol Tinggi? Buruan Deh Konsumsi Bawang Merah!

Di dalam bawang merah, terdapat kandungan asam amino dan methylallyl sulfida. Kedua zat ini memiliki fungsi baik untuk mengurangi tingkat kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Dalam jangka panjang, bawang merah dapat membantu menurunkan kolesterol. 

3. Jaga Jantung Juga Bisa Kok!

Bawang putih membantu mengurangi penumpukan plak pada pembuluh darah yang memompa darah ke jantung. Sementara itu, bawang merah dapat membantu membuka arteri yang tertutup. Hal ini menyebabkan bawang merah dan bawang putih memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi jantung.

4. Sikat Habis Sel Kanker yang Sedang Berkembang Di Dalam Tubuhmu

Baik bawang merah maupun bawang putih mengandung zat belerang yang diketahui dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Tak hanya itu, kandungan belerang pada bawang merah dan bawang putih juga bisa menghambat penyebaran sel yang tidak sehat.

5. Perkuat Tubuh Dari Serangan Penyakit

Kandungan protein, peptida, serta antioksidan dalam bawang merah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Alhasil, kamu akan lebih terjaga dari penyakit umum seperti pilek, flu, dan demam. Manfaat kesehatan ini juga diberikan oleh bawang putih melalui kandungan senyawa aktif allicin-nya yang memiliki fungsi antivirus, antijamur, dan antimikroba. 

Cara Membuat Minyak Bawang ala Mie Instan 

Minyak bawang memang jadi salah satu bagian ajaib yang bikin mie instan jadi sedap dan nikmat. Tanpa minyak bawang, hidangan mie instan mungkin akan terasa hambar dan kurang menggugah selera. 

Makanya, kalau kamu mengaku penggemar mie instan namun takut akan resiko konsumsi jangka panjang, jangan ragu untuk membuat mie instan sehat di rumah. Begini caranya supaya mie yang kamu ciptakan tetap sedap!

Bahan-bahan:
  • Bawang putih 
  • Daun bawang merah 
  • Kulit ayam
  • Minyak goreng 
Cara Membuat:
  1. Cincang bawang putih dan daun bawang merah hingga halus.
  2. Cincang kulit ayam hingga menjadi cacahan halus.
  3. Panaskan minyak goreng dengan api kecil, lalu masukkan cincangan bawang putih, daun bawang merah, dan kulit ayam. Masak selama sekitar 10 - 15 menit hingga kulit ayam mengering.
  4. Setelah siap, saring minyak dan simpan dalam wadah yang kering dan tertutup rapat.
  5. Minyak bawang ala mie instan yang sedap pun siap digunakan untuk memasak!
Saat memanaskan bawang dan kulit ayam, pastikan api tetap kecil dan terus diaduk agar kulit ayam dan bawang tidak menjadi gosong. Bila gosong, maka minyak bawang akan terasa pahit dan merusak cita rasa masakan.

Minyak bawang ini bisa digunakan untuk membumbui berbagai hidangan, termasuk tentu saja sajian mie goreng. Supaya manfaat kesehatan kian tercapai, kamu sebaiknya juga mengimbangi penggunaan minyak bawang homemade tersebut dengan produk mie instan yang juga sehat. 

Produk Lemonilo Mie Instan Alami  bisa menjadi salah satu pilihan. Tanpa minyak bawang pun, sajian mie instan ini sebenarnya sudah nikmat dan sehat karena dilengkapi bubuk kaldu ayam dan bumbu alami serta tidak mengandung MSG. Namun, penambahan minyak bawang akan membuat mie instan alami ini semakin harum dan nikmat. Kalau perlu, tambahkan pula bawang merah goreng yang renyah sehingga sajian mie semakin kaya rasa dan menggoda lidah. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

Penting: RUM Bukan Layanan Kesehatan ‘Antiobat’
Masih banyak orang tua yang salah kaprah memahami RUM sebagai tindakan antiobat. Padahal bukan begitu seharusnya...
Shella Rafiqah Ully
14 Oktober 2019
Lemonilo Chilita 60 Derajat Hadir dengan Rasa Lebih Pedas!
Ada yang baru dari Lemonilo Chilita. Kini hadir dengan rasa yang puedees banget tapi tetap alami tanpa tambahan MSG...
Shella Rafiqah Ully
04 Oktober 2019
Doyan Makan Pedas Bagus untuk Kesehatan?
Lidah orang Indonesia umumnya sangat menyukai rasa pedas terutama dari cabai. Semakin pedas, semakin nggak bisa lepas...
Shella Rafiqah Ully
04 Oktober 2019