5 Ide Camilan Sehat Setiap Hari Buat Anak yang Suka Makanan Manis

19 Mei 2020 @ 15:22:44
Sudah jadi rahasia umum kalau anak-anak sangat suka makanan manis. Itulah mengapa tak heran jika mereka sering merengek meminta makan makanan manis seperti permen, cokelat, atau es krim.

Sebenarnya mengonsumsi makanan manis bagi anak tidak dilarang. Hanya saja jumlahnya tidak boleh berlebihan. Jika konsumsi gula secara berlebihan, justru akan menjadi boomerang bagi tumbuh kembang anak. Kelebihan gula pada anak bisa menyebabkan malnutrisi, obesitas, kerusakan gigi, dan sebagai macamnya.

Dilansir dari The Asian Parent Indonesia, ada batasan konsumsi gula bagi masing-masing kelompok umur. Usia 3 tahun dibatasi 2 hingga 5 sendok teh, usia 4-6 tahun dibatasi 2,5 hingga 6 sendok teh, usia 7-12 tahun dibatasi 4 hingga 8 sendok teh, lebih dari 13 tahun dibatasi 5 hingga 9 sendok teh.

Demi menggantikan camilan manis untuk anak-anak, sejumlah camilan ini bisa menjadi alternatif, lho.

1. Alih-alih es krim vanila atau cokelat, camilan manis bisa diubah menjadi popsicle dari buah



Anak-anak tentu sangat menyukai camilan es krim. Apapun varian rasanya, ketika ditawarkan es krim, mereka tak akan menolak. Namun kandungan gula dalam es krim cukup banyak dikhawatirkan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan.

Untuk mengalihkan kesukaan anak-anak pada es krim, camilan manis bisa diganti dengan popsicle dari buah-buahan, lho. Pada dasarnya, popsicle sama dengan es krim. Hanya saja bahan-bahannya bisa diganti dengan buah agar lebih sehat. Kamu juga tak perlu banyak menambahkan gula karena rasa manis sudah didapatkan dari buah.

2. Demi pencernaan yang lebih lancar, Yogurt layak untuk dicoba!



Yogurt yang merupakan hasil fermentasi susu ini mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi sistem pencernaan. Selain itu, yogurt bisa menjadi camilan yang baik untuk si kecil karena mengandung protein dan kalsium yang tinggi.

Namun tetap hati-hati dalam memilih yogurt untuk anak-anak. Karena beberapa yogurt yang ada di pasaran mengandung gula yang cukup tinggi. Oleh karena itu, pilihlah yogurt dengan rasa plan. Agar tidak terasa tawar, jadikan potongan buah segar sebagai topping untuk rasa manisnya.

3. Nggak cuma untuk campuran pizza, keju juga bisa jadi camilan sehat untuk anak



Selama ini kita mengenal berbagai macam makanan olahan dengan keju. Namun ternyata, tanpa dibuat campuran pun, keju bisa disantap sebagai camilan. Banyak studi menunjukkan bahwa keju sebagai produk olahan susu memiliki kandungan seperti kalsium, magnesium, vitamin A, dan vitamin D yang berguna untuk tumbuh kembang anak-anak.

4. Kacang-kacangan ternyata bisa jadi camilan manis yang sehat untuk si kecil



Di benak kita, olahan kacang hanya bisa dinikmati orang dewasa. Tapi sebenarnya, kacang-kacangan juga baik dikonsumsi oleh anak-anak. Kacang-kacangan mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan. Apalagi lemak juga sangat penting untuk mendukung pertumbuhan anak-anak.

Namun karena bentuknya yang kecil dan peluang membuat anak tersedak cukup besar, orang tua perlu memutar otak untuk menyajikan camilan kacang yang aman dikonsumsi anak-anak. Salah satu dengan cara membuat butiran kacang menjadi remah-remah.

5. Meski simpel, tapi potongan buah segar bisa jadi camilan manis paling disukai



Ketika orang tua mulai bingung menyajikan camilan manis untuk anak-anak mereka, ide camilan simple ini layak untuk dicoba, yakni potongan buah segar. Selain sudah pasti enak, camilan potongan buah segar sangat mudah disajikan.

Pilihan buah untuk camilan anak antara lain buah pir, apel, pisang, strawberry, pepaya, atau semangka. Potongan buah segar sudah pasti lebih sehat dibandingkan camilan manis lainnya. Dan kandungan gizinya akan lebih terjaga ketimbang mengolah buah menjadi jus.

Itulah dia beberapa ide camilan sehat untuk anak-anak yang menggandrungi makanan manis. Sesi mengonsumsi camilan bisa dibilang cukup penting bagi anak-anak usia pertumbuhan. Anak-anak yang sangat aktif tentu membutuhkan asupan gizi yang cukup. Selain dari makanan utama, asupan gizi juga bisa ditunjang dari berbagai camilan sehat yang mereka konsumsi.

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020