Bukan Cuma Kamu, 4 Pasangan Makanan Ini Lebih “Powerful” Jika Bersama. Manakah Favoritmu?

19 Feb 2018 @ 18:40:34
Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari bermacam-macam makanan di dunia. Ada yang kaya vitamin, ada yang kaya karbohidrat, dan ada juga yang kaya akan lemak sehat. Semua kandungan dalam makanan tersebut punya manfaat untuk kesehatan organ-organ tubuh di dalam tubuh kamu jika dikonsumsi secara bijak dan cukup. 

Ternyata, dari sekian banyak makanan yang bisa kamu konsumsi, ada loh makanan yang punya ekstra manfaat jika digabungkan ketika dikonsumsi. Biar begitu, jangan asal memasangkan setiap makanan yang kamu suka. Bisa-bisa, malah menimbulkan campuran yang tidak baik di dalam tubuh kamu. Lalu, apa saja makanan yang lebih powerful ketika berpasagan saat dikonsumsi? Check it out!

Twin Berries (Blackberry dan Raspberry)

Blackberry dan raspberry merupakan dua jenis buah-buahan yang dikenal punya banyak manfaat untuk tubuh Anda, terutama kandungan antioksidannya. Kandungan dalam 2 jenis berry ini mempunyai kemampuan untuk menangkal radikal bebas, mencegah penuaan dini, dan mencegah kanker. 

Sebuah penelitian di dalam Journal of Nutrition menyebutkan bahwa blackberry dan raspberry dapat bersinergi jika dikonsumsi berbarengan. Ellagic acid, salah satu antioksidan dalam raspberry, dapat meningkatkan kemampuan quercetin di dalam blackberry untuk melawan sel-sel kanker di dalam tubuh. 

Oatberry (Oatmeal & Blueberry)

Oat dan blueberry sudah lama dikenal sebagai salah satu makanan sehat yang hadir dalam pilihan makanan Anda. Oat mengandung kadar serat tinggi untuk membantu menyehatkan pencernaan Anda dan membantu menurunkan kolesterol di dalam tubuh Anda. Di sisi lain, blueberry juga cukup tenar akan kadar antioksidannya untuk mencegah penuaan dini dan menangkal kanker. 

Ternyata, dua jenis makanan ini ternyata sangat powerful untuk tubuh Anda. Studi dari Tuffs University yang dipublikasikan di Journal of Nutrition menyebutkan bahwa vitamin C dalam blueberry dan phytochemical dalam oat akan meningkatkan manfaat untuk menurunkan kolesterol dan melindungi pembuluh arteri.

BanaMilk (Pisang dan Susu)

Kamu mungkin sering menemui kedua jenis makanan dan minuman ini digabungkan dalam beberapa jenis makanan atau minuman. Pisang mengandung serat inulin yang baik untuk lambung kamu, sedangkan susu kaya akan kalsium yang amat baik untuk kekuatan tulang. 

Bagaimana jika keduanya digabungkan? Penelitian menyebutkan bahwa kalsium dalam susu dan serat inulin di dalam pisang dapat memaksimalkan penyerapan mineral di dalam tubuh. Anda bisa mulai menggabungkan kedua jenis makanan ini dalam segelas jus pisang sehat atau smoothies sehat.

AppleChoco (Apel dan Dark Chocolate)

Tak ada yang menyangka, apel dan dark chocolate merupakan pasangan serasi yang dikenal punya banyak manfaat jika digabungkan. Kulit apel mengandung antioksidan tipe flavonoid yang dikenal sebagai zat anti peradangan, sedangkan dark chocolate memiliki kandungan catechin yang membantu memperkuat saluran arteri. 

Penelitian menyebutkan bahwa kombinasi keduanya dapat memperkuat saluran darah dan mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang dapat menyebabkan stroke ataupun kematian. Untuk menikmatinya, Anda bisa mulai menyiramkan dark chocolate cair ke atas potongan apel yang nikmat. 

Ternyata, tak hanya manusia yang bisa semakin kuat jika bersama, beberapa jenis makanan justru mendapatkan manfaat lebih ketika digabungkan dengan makanan lain. 

Dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa semakin bisa hidup sehat karena akan mendapatkan 2x manfaat setiap waktu makanmu. Biar begitu, ketahui dulu lebih jelas makanan yang akan kamu kombinasikan agar tidak menjadi racun bagi tubuhmu. 


Artikel Terkait

Kamu Punya Diabetes? Olahraga Berikut Ini Cocok dan Bermanfaat Untukmu!
Mungkin, kamu sudah memahami bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan banyak korban jiwa di seluruh..
OT Handoko
14 Desember 2018
Sajikan MPASI Lezat dengan Kaldu Penuh Manfaat
Setelah buah hati mencapai usia enam bulan, Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Maklum,..
OT Handoko
11 Desember 2018
Tahu Nggak Sih? Ini Lho Manfaat di Balik Sedapnya Bumbu Pelengkap Masakan
Ada gula, ada semut. Begitu juga, ada makanan tentu ada bumbu pelengkap masakan yang bikin lezat makanan. Bukan hanya me..
OT Handoko
10 Desember 2018