Bukan Hanya Lebih Kuat, Ini Keuntungan Punya Gaya Hidup Sehat

Lemonizen, ketika mendengar gaya hidup sehat apa yang terlintas di dalam pikiranmu? Apakah makan makanan sehat atau berolahraga setiap hari? Faktanya, setiap orang bisa mendefinisikan gaya hidup sehatnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan tubuh. Namun, apa sih keuntungan dari menjalankan gaya hidup sehat? Begini penjelasannya. 

1. Mencegah Datangnya Penyakit 

Memelihara gaya hidup sehat bisa membuat kamu terhindar dari risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, hingga diabetes tipe 2. Berdasarkan studi yang telah dilakukan, kebiasaan makan biji-bijian setiap hari sebanyak 90 gram (atau tiga porsi 30 gram) mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 22 persen, penyakit jantung koroner sebesar 19 persen, dan kanker sebesar 15 persen. 

Sementara berolahraga 11 menit sehari dapat menambah harapan hidup. Dalam studi tahun 2020, diketahui bahwa mereka yang melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 11 menit setiap hari memiliki risiko kematian yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang hanya berolahraga pada intensitas tersebut selama 2 menit. Perbandingan ini berlaku bahkan jika orang duduk selama 8,5 jam setiap hari.

2. Lebih Hemat

Lemonizen, pernahkah mendengar pepatah yang berbunyi “Sehat itu murah, sakit itu mahal“? Pepatah ini bukan hanya rangkaian kata saja, tetapi memang benar adanya. Ketika kamu melakukan  gaya hidup sehat, tubuh tidak akan mudah sakit. Dengan begitu kamu tidak perlu pergi ke dokter, membayar tagihan, membeli obat-obatan atau menjalani terapi.

3. Menambah Usia 

Ketika kamu terbiasa menjalani gaya hidup sehat, harapan hidupmu bisa bertambah panjang, lho. Menurut studi, bila seseorang berhasil menginjak usia yang ke-50 dengan kondisi tidak memiliki kebiasaan merokok, menjaga berat badan, aktif bergerak, tidak makan sembarangan dan membatasi konsumsi alkohol, usianya bisa bertambah hingga 14 tahun lebih panjang. 

4. Meningkatkan Kesehatan Mental 

Memelihara gaya hidup yang sehat dan seimbang juga akan memberikan dampak bagi kesehatan mental. Kamu tidak akan mudah mengalami stres, cemas maupun depresi. Aktif bergerak dan makan makanan sehat dapat meningkatkan produksi hormon yang memberikan rasa bahagia. 

5. Lebih Ramah Lingkungan

Ketika memilih gaya hidup sehat, biasanya seseorang akan mengurangi makanan olahan dan memperbanyak konsumsi makanan segar. Ternyata, kebiasaan ini punya kontribusi yang baik untuk lingkungan. Pasalnya makanan olahan yang mengandung zat aditif untuk mengubah tekstur, rasa, atau warna seperti nugget, sereal, dan sejenisnya menyumbang banyak sampah pada lingkungan. Dalam proses pembuatannya, makanan olahan meningkatkan permasalahan emisi gas rumah kaca, kelangkaan air, penggundulan hutan hingga sampah plastik. 

Selain itu, gaya hidup sehat juga dapat berkontribusi pada penurunan polusi dan emisi kendaraan di jalan. Bila seseorang memilih jalan kaki atau mengendarai sepeda daripada mobil, emisi karbon dioksida di daerah tersebut dapat menurun, sehingga kualitas kehidupan akan meningkat.

Baca juga: Kupas Tuntas Gaya Hidup Sehat Mudah nan Murah ala Andra Alodita

Tips Memulai Gaya Hidup Sehat 


1. Mulai Perlahan

Di masa awal perjalanan hidup sehat, kamu bisa mulai dengan mengubah salah satu aspek saja. Misalnya, mulai dengan mengubah pola makan terlebih dahulu. Lakukan hal ini secara konsisten, kemudian mulai kebiasaan lainnya yang mendukung gaya hidup sehat. Bila perubahan gaya hidup sehat dilakukan langsung secara bersamaan, kamu cenderung akan kewalahan. 

2. Lakukan Perubahan Kecil 

Ada banyak kebiasaan kecil yang dapat mendukung gaya hidup sehat. Mulai dari tidur teratur, rutin olahraga, membatasi makanan olahan, dan sebagainya. Buatlah perubahan dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kamu miliki. Misalnya, kurangi atau tinggalkan kebiasaan begadang. Meski sederhana, langkah ini dapat memberi dampak yang besar, lho.

3. Tingkatkan Hal yang Sudah Kamu Miliki

Tahukah Lemonizen, kalau meningkatkan atau menambahkan satu saja kebiasaan sehat dampaknya besar pada tubuh? Kalau selama ini kamu punya kebiasaan berjalan kaki, cobalah untuk berjalan lebih jauh. Kamu akan menyadari bahwa tubuhmu jauh lebih kuat. 

 

4. Konsultasi dengan Ahli

Bila kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi. Misalnya, kamu sedang mengalami kondisi obesitas atau underweight, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli agar mendapatkan paduan hidup sehat yang lebih aman dan terarah. 

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami