Bunda, Inilah Waktu Tidur Anak Berdasarkan Usianya Dan Cara Membiasakannya!

19 Okt 2018 @ 18:39:21
Sama seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga perlu dicukupi waktu tidurnya lho, Bunda. Anak yang mengalami kekurangan tidur atau istirahat biasanya akan mengalami hambatan dalam pertumbuhannya. Yang lebih membahayakan lagi, Bunda, anak bisa mengalami gangguan kesehatan akibat tidur yang tidak cukup. 

Sayangnya, tidak banyak orang tua yang memahami dan tahu dengan persis waktu tidur anak yang cukup dan sehat. Belum lagi kalau anak sering rewel dan sulit untuk diajak untuk tidur. Masalah besar banget, ya Bunda? Untuk itulah, pahami sejak dini waktu tidur cukup untuk kesehatan anak dan bagaimana cara membiasakan anak mendapatkan tidur yang cukup!

Nggak Banyak yang Tahu, Inilah Waktu Tidur Anak yang Cukup!

Nggak Banyak yang Tahu, Inilah Waktu Tidur Anak yang Cukup!

Anak-anak juga perlu mendapatkan waktu tidur yang cukup agar dia selalu sehat. Di sinilah, pentingnya Bunda tahu berapa lama anak seharusnya tidur sehingga kesehatannya tetap terjaga. Perhatikan dengan seksama ya, Bunda!

Secara umum, waktu tidur anak-anak dilihat dari usia dan perkembangan tubuhnya. Semakin tinggi usianya, anak membutuhkan waktu tidur yang lebih pendek. Kenapa sih begitu? Salah satu alasannya karena semakin tinggi usianya, organ dalam tubuh anak mulai terbentuk sempurna dan bisa melakukan aktivitas metabolisme lebih baik dari usia sebelumnya. Sekarang, perhatikan panduan waktu tidur anak berikut ini ya, Bunda!

Bayi Baru Lahir 

Dari segala usia, bayi yang baru lahir memiliki waktu tidur yang cukup panjang. Alasannya, bayi yang baru lahir belum mempunyai struktur tubuh yang sempurna dan kuat. Tidur yang cukup memastikan pertumbuhan dan perkembangan organ dalam tubuhnya berjalan dengan baik. Tapi, Bunda tidak boleh salah dalam menentukan waktu tidur anak karena pada periode ini, ada 2 tingkatan usia dan waktu tidur:
  • 1 Minggu: Bayi yang baru berusia 1 minggu harus mendapatkan tidur paling tidak 16-17 jam sehari. 
  • 1 - 4 Bulan: Bayi pada usia ini harus mendapatkan tidur paling tidak 14-16 jam sehari. 

Bayi dan Balita (Infants and Toddlers)

Sama seperti tingkatan usia lainnya, bayi dan balita juga memiliki kecukupan tidurnya sendiri. Kecukupan tidur ini memastikan bahwa pertumbuhan tubuhnya berlangsung dengan baik. Ada tingkatan yang harus Bunda perhatikan perihal waktu tidur anak: 
  • 4 - 12 bulan: Bayi yang berada di rentang usia ini harus mendapatkan waktu tidur 12 - 16 jam. Anak yang tidur kurang dari 10 jam bisa mengalami gangguan pada pertumbuhannya.
  • 1 - 2 tahun: Rentang usia ini biasanya membutuhkan waktu tidur 12 -14 jam sehari. Perlu dicatat ya, Bunda bahwa jika tidurnya kurang dari 10 jam atau lebih dari 16 jam, buah hati bisa terganggu pertumbuhan dan kesehatannya.  
  • 3 - 5 tahun: Pada fase ini, tubuh bayi mulai mengalami pembentukan yang baik dan rangkanya sudah cukup untuk berjalan dan berlari. Untuk itu, waktu tidur yang cukup untuk usia ini adalah 11 - 13 jam, dengan catatan bahwa tidur kurang dari 9 jam dan lebih dari 14 jam bisa mempengaruhi pertumbuhan si buah hati. 

Usia Awal Sekolah

Kalau anak sudah mulai masuk sekolah, bukan berarti kamu juga bisa mengabaikan waktu tidurnya, Bunda. Waktu tidur yang cukup bisa meningkatkan kerja kognitif otak dan membantunya untuk lebih mudah fokus pada pelajaran di sekolah. 
  • 6 - 12 tahun: Struktur tulang dan organ pada tubuh anak di rentang usia ini sudah mulai baik. Tugas orang tua adalah memastikan metabolismenya berjalan dengan baik, salah satunya dengan tidur cukup 9 - 12 jam sehari. Untuk memaksimalkan potensi berpikirnya, hindari waktu tidur kurang dari 8 jam. 

Bagaimana Sih Caranya Membiasakan Waktu Tidur Cukup Pada Anak?

Bagaimana Sih Caranya Membiasakan Waktu Tidur Cukup Pada Anak?

Kadang, sebagai orang tua, tentu Bunda ingin agar anak sehat dan bertumbuh, bukan? Sayangnya, anak-anak terkadang menolak untuk diajak untuk tidur. Anak sering rewel ketika Bunda ajak istirahat. Nah, untuk mengatasi hal itu, Bunda bisa banget lho menggunakan cara-cara berikut ini: 

Kasih Anak-Anak Contoh yang Baik Dalam Menjaga Istirahatnya

Contoh adalah permulaan untuk membiasakan anak-anak untuk punya waktu tidur cukup, Bunda? Untuk itulah, cobalah untuk memberikan contoh yang baik untuk anak. Carilah waktu libur beberapa hari untuk mulai membiasakan tidur siang dan tidur malam cukup. Dengan contoh ini, anak-anak mulai terbiasa untuk tidur cukup, bahkan tanpa Bunda di sisinya. 

Beri Hadiah Untuk Anak yang Tidur Cukup Setiap Harinya Gak Ada Salahnya Kok!

Motivasi bikin anak-anak jadi mudah untuk tidur cukup lho, Bunda. Untuk itu, nggak ada salahnya untuk memberikan hadiah kecil setiap kali anak-anak tidur cukup. Hal ini juga membantu untuk membentuk kebiasaan untuk tidur dengan waktu yang cukup. 

Olahraga Bisa Bantu Anak Untuk Tidur Tepat Waktu

Di waktu tertentu, ajaklah anak-anak untuk berolahraga. Tak hanya membuat tubuh si buah hati lebih sehat, olahraga juga membantu tubuhnya untuk dapat beristirahat dengan tepat waktu. Aktivitas olahraga membuat tubuh anak lebih lelah sehingga pada waktunya, ia akan tidur dan mendapatkan waktu tidur yang cukup. 

Bunda Juga Wajib Untuk Batasi Penggunaan Gadget dan Televisi

Untuk membuat anak-anak lebih mudah mengantuk, sebaiknya Bunda membatasi penggunaan gadget dan televisi mendekati waktu tidur. Hal ini dikarenakan cahaya biru (blue light) yang dihasilkan oleh kedua benda tersebut mencegah anak-anak untuk mengantuk. Hasilnya, anak-anak tidur larut malam dan siklus tidurnya terganggu. 

Artikel Terkait

Sajikan MPASI Lezat dengan Kaldu Penuh Manfaat
Setelah buah hati mencapai usia enam bulan, Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Maklum,..
OT Handoko
11 Desember 2018
Tahu Nggak Sih? Ini Lho Manfaat di Balik Sedapnya Bumbu Pelengkap Masakan
Ada gula, ada semut. Begitu juga, ada makanan tentu ada bumbu pelengkap masakan yang bikin lezat makanan. Bukan hanya me..
OT Handoko
10 Desember 2018
Banyak Rempah Eksotis Asli Bumi Indonesia Bermanfaat Lho, Tahu Nggak Kamu?
Sejak jaman penjajahan, Indonesia sudah dikenal sebagai negeri penghasil rempah. Tak hanya sebagai bumbu masak, rempah-r..
OT Handoko
07 Desember 2018