Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Bunda Wajib Tahu, 5 Perbedaan ASI dan Sufor Untuk Bayi

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
24 Apr 2021
Clock Icon
8 menit
beda sufor dan asi

Seperti yang kita ketahui, memberikan ASI eksklusif pada bayi baru lahir hingga enam bulan lebih direkomendasikan dibandingkan memberi susu formula atau yang dikenal sebagai sufor. Ada beberapa perbedaan ASI dan sufor yang berpengaruh pada tumbuh kembang seorang bayi

 

Untuk diketahui juga, pemberian susu formula untuk bayi tidak sembarangan dilakukan. Perlu adanya pemeriksaan dan evaluasi mendalam terhadap keadaan bayi dan ibu. Oleh karena itu, pemberian susu formula biasanya ditujukan jika ibu dan bayi sedang dalam keadaan khusus dan tentunya harus atas dasar pertimbangan dokter lebih dulu.

 

Berikut beberapa perbedaan ASI dan sufor yang ibu perlu tahu!


1. Kandungan Antibodi



ASI pada ibu memiliki kandungan antibodi yang baik untuk kesehatan tubuh bayi. Kandungan antibodi pada ASI ini dipercaya dapat menghindari penyakit diare, flu, demam dan penyakit umum lainnya pada bayi.

 

Antibodi terbanyak (90%) yang ada di dalam ASI adala S Imunoglobulin A (SIgA) yang hanya terdapat pada ASI. Antibodi ini spesifik terhadap bakteri/virus yang ada di saluran pernapasan selaput lendir ibu. Hal ini membuat si kecil mendapatkan imunitas tanpa harus terinfeksi penyakit terlebih dahulu. Dengan adanya antibodi spesifik ini tentulah menguntungkan untuk si buah hati karena mereka akan terproteksi dari penyakit yang sering dialami anak seusianya dibanding mereka yang tidak mendapatkan ASI. banner consideration shipping bg blue 

 

Susu formula memang dibuat secara khusus untuk memenuhi kebutuhan bayi dengan lebih cepat dan praktis. Namun kekurangannya adalah tidak adanya kandungan antibodi yang di dalam susu formula. Itu artinya, sistem kekebalan tubuh bayi jauh lebih meningkat jika diberikan asi dibanding dengan susu formula.


2. Dukungan Pertumbuhan Tulang



Menurut penelitian pada biomedpharmajournal.org, indeks tingkat pertumbuhan terhadap tinggi badan anak yang mengonsumsi ASI pada usia 0-6 bulan lebih tinggi dibandingkan anak dengan susu formula.  

 

Kandungan ASI selalu mengikuti kebutuhan tumbuh kembang bayi, sehingga dengan kondisi bayi yang berbeda, produksi ASI juga akan berbeda. Komposisi ASI akan berubah mengikuti kebutuhan tubuh bayi seiring meningkatnya usia bayi

 

Inilah mengapa terdapat perbedaan komposisi ASI pada bayi perempuan dan bayi laki-laki, bahkan komposisinya berbeda pula antara bayi sehat dan sakit. Dengan komposisi berbeda yang dapat menyesuaikan kebutuhan bayi, maka ASI jauh lebih tepat dibandingkan dengan pemberian susu formula yang kadar dan kandungannya sama tanpa melihat kebutuhan bayi. 


3. Berat Badan Bayi



Susu formula yang beredar di lingkungan sekitar kita sangatlah beragam dan masing-masing memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Pemberian susu formula pada bayi harus berhati-hati sesuai dengan usia dan takaran yang disajikan karena nantinya akan berpengaruh pada berat badan bayi. 

 

Menurut penelitian pada biomedpharmajournal.org pula, indeks tingkat pertumbuhan terhadap berat badan anak yang diberikan ASI pada usia 0-12 bulan lebih tinggi dibandingkan anak yang diberikan susu formula.

 

Disisi lain pemberian ASI justru akan membantu menyeimbangkan pertumbuhan berat badan bayi sesuai dengan usianya. Tubuh bayi akan memiliki berat yang lebih ideal dibandingkan yang mengkonsumsi susu formula dalam jumlah yang banyak. Namun jika seorang bayi mengkonsumsi ASI dalam jumlah banyak, hal tersebut tidak akan berpengaruh besar pada berat badan yang dimilikinya.banner consideration promotion bg blue


4. Tingkat Kecerdasan



Apabila seorang ibu memberikan ASI eksklusif dan memperhatikan pola makan si kecil, tentu akan berdampak baik bagi kecerdasannya. Ini karena asam lemak yang terkandung dalam ASI disesuaikan dengan kebutuhan bayi, berbeda dengan sufor yang kandungan asam lemaknya bisa berlebihan atau bahkan kurang.


Kondisi ini bisa membuat kecerdasan bayi terlambat dibandingkan dengan bayi seusianya. Bahkan pada salah satu penelitian yang di publish di ncbi, ASI dapat meningkatkan IQ bayi hingga 8 poin dibandingkan dengan bayi yang tidak mengonsumsi ASI. 

 

Nutrisi pada ASI membantu perkembangan otak dan mental bayi.


5. Kepraktisan Pemberian



Banyak orang yang beranggapan bahwa susu formula dianggap sangat praktis untuk dibuat dan diberikan kepada bayi. Padahal pemberian ASI jauh lebih praktis dibandingkan susu formula yang mengharuskan Anda untuk memperhatikan takaran hingga volume airnya.


Kesalahan dalam memberikan takaran susu dan volume air yang terlalu sedikit akan membuat susu menjadi lebih kental. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, seorang bayi biasanya akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare, sembelit, dan rasa tidak nyaman pada perutnya.

 

Nah itulah beberapa perbedaan ASI dan sufor yang ibu perlu ketahui. Memberikan ASI eksklusif tetap lebih disarankan untuk bayi.  ASI tetaplah menjadi asupan makanan terbaik untuk bayi.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Selain mudah dicerna, ASI juga diproduksi secara alami oleh tubuh dan memiliki kandungan antibodi yang tidak dimiliki pengganti ASI manapun, juga nutrisi yang tepat bagi setiap bayi tergantung keadaannya sehingga bayi dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.


Artikel ini telah di-review oleh Tim Dokter Mamanesia (dr. Pritta Diyanti, dr. Rizqii Nurdini, dr. Kanya Tania) untuk Lemonilo.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.