Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam dengan 5 Cara Ini

27 Aug 2020 @ 12:56:50
Flek hitam kerap kali mengganggu penampilan. Meskipun tidak menimbulkan rasa sakit atau sensasi seperti penyakit kulit lainnya, tetap saja memiliki flek hitam di wajah akan membuat kepercayaan diri seseorang menurun. Terlalu sering terkena paparan sinar matahari bisa menimbulkan flek hitam di wajah. Untuk mengatasi hal demikian, kamu bisa menggunakan 5 cara menghilangkan flek hitam berikut ini: 

1. Menggunakan Madu



Makanan yang terkenal dengan cita rasa manis ini memang sudah terkenal khasiat-khasiatnya. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, nyatanya madu juga baik untuk meremajakan kulit wajahmu. Tidak hanya itu, mengoleskan madu di wajah dan mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit mampu membantu mengatasi masalah pigmentasi pada kulit, salah satunya mampu menghilangkan flek hitam.

Kamu bisa mencampur madu dengan gula atau garam untuk membuat scrub alami penghilang flek hitam membandel di wajah. Scrub alami dari madu ini juga dipercaya ampuh mengangkat sel kulit mati. Ini bisa menjadi salah satu cara menghilangkan flek hitam yang efektif untuk kamu coba. 

2. Yogurt


Kandungan asam laktat yang terdapat dalam yogurt dipercaya mampu membasmi flek hitam pada wajah. Untuk membuat masker alami dari bahan yogurt ini, pastikan kamu memilih yogurt tanpa rasa dan tanpa gula. Cukup oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama beberapa menit. Jika sudah, bilas dengan air hingga bersih.

3. Lidah Buaya



Cara menghilangkan flek hitam selanjutnya adalah dengan memakai lidah buaya. Kandungan senyawa aloin dan senyawa salisilat yang terdapat dalam lidah buaya dipercaya dapat menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya cukup mudah, tinggal oleskan lidah buaya pada kulit wajahmu dan diamkan selama beberapa menit. Mengoles wajah dengan lidah buaya bisa memberikan efek segar dan sejuk pada kulit. 

4. Buah Lemon


Cara menghilangkan flek hitam selanjutnya adalah kamu bisa menggunakan buah lemon. Pasalnya, buah lemon mengandung asam sitrat dan vitamin C yang dapat digunakan sebagai zat pemutih yang tepat untuk mengatasi flek hitam yang muncul pada wajah. Cara penggunaan buah lemon ini tidak bisa sembarangan begitu saja. Kamu harus memperhatikan sensitivitas kulit dan juga takaran dalam melakukan treatment masker buah lemon ini.

Kamu bisa mencampurkan perasan air lemon dengan yogurt untuk menghilangkan flek hitam sekaligus mencerahkan kulit. Jangan terlalu sering melakukan perawatan ini. Cukup batasi secara berkala agar kulitmu tidak iritasi karena kebanyakan terkena vitamin C.

5. Mengkonsumsi Vitamin E



Banyak ahli medis yang mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi vitamin E kita bisa menjaga dan mengurangi munculnya masalah perubahan warna pada kulit, salah satunya adalah flek hitam. Kandungan vitamin E yang terdapat antioksidan di dalamnya dipercaya mampu menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini maupun  perubahan warna pada kulit, serta dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Banyak sekali makanan ataupun minuman yang mengandung vitamin E. Seperti halnya biji labu, jenis kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang tanah, kacang hazelnut, jenis buah-buahan seperti kiwi, alpukat, atau pun mangga. Kandungan vitamin E alami yang terdapat dalam buah-buahan tidak akan memberikan efek samping berlebihan seperti pada jenis obat-obatan tertentu.

Itulah kelima cara menghilangkan flek hitam yang bisa kamu coba dengan mudah. Selain menggunakan 5 cara tersebut kamu juga bisa melakukan perawatan wajah secara mandiri di rumah. Ada banyak sekali produk perawatan wajah seperti serum, tabir surya wajah yang bisa mencegah flek hitam, masker wajah, maupun pembersih wajah dan scrub.

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020