Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Cara Atasi Maskne Agar Tidak Semakin Parah, Kamu Wajib Tahu!

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
12 Oct 2021
Clock Icon
6 menit
Cara mengatasi maskne

Ada banyak pemicu munculnya jerawat di kulit wajah. Mulai dari makanan, stres, penggunaan produk make up, kondisi kulit yang kotor dan sebagainya. Nah, salah satu pemicu timbulnya jerawat yang cukup menjadi perhatian belakangan ini adalah penggunaan masker.


Selama pandemi COVID-19, menggunakan masker sudah menjadi rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Terutama bagi kamu yang perlu beraktifitas di luar rumah. Namun di sisi lain, penggunaan masker seharian dapat memicu timbulnya jerawat dengan lebih mudah. Bahkan muncul istilah maskne alias mask acne atau jerawat yang muncul akibat penggunaan masker.


Apa penyebabnya? Lalu, bagaimana cara mengatasi jerawat yang muncul? Yuk, cari tahu lebih lanjut! 


Penyebab Munculnya Maskne


Maskne biasanya muncul di area wajah yang tertutup oleh masker. Seperti area pipi, hidung, mulut hingga dagu. Dilansir dari Very Well Health, maskne muncul akibat kurangnya sirkulasi udara di area kulit wajah. Ketika menggunakan masker dalam waktu yang lama, kulit cenderung mudah berkeringat kemudian menjadi lembap. 


Kondisi kulit yang lembap di dalam masker inilah yang membuat pori-pori kulit tersumbat. Ketika pori-pori tersumbat dan udara di sekitarnya cenderung lembap, bakteri akan mudah tumbuh sehingga muncullah jerawat.


Selain itu, gesekan yang terjadi antara bahan masker dengan kulit juga bisa menimbulkan iritasi yang berakhir dengan jerawat. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif atau acne prone, kondisi di atas mungkin bisa menimbulkan jerawat dengan lebih cepat atau lebih banyak. 

 

Cara Mengatasi Maskne 


Meski muncul jerawat di wajah, menggunakan masker selama masa pandemi COVID-19 adalah hal yang penting untuk dilakukan. Kalau Lemonizen saat ini memiliki jerawat di wajah akibat terlalu sering menggunakan masker alias sedang mengalami maskne, jangan khawatir ya karena jerawat ini bisa diatasi. Dilansir dari Healthline, begini cara mengatasi maskne


  • Cuci muka secara teratur. Cuci muka idealnya dilakukan pagi hari dan malam hari. Namun, kamu juga bisa menambahkan jadwal cuci muka setelah memakai masker seharian. Saat cuci muka, gunakan air hangat dan keringkan wajah dengan handuk bersih. Cukup tepuk perlahan  dan hindari menggosok wajah dengan handuk karena dapat menimbulkan iritasi. 

  • Pilih sabun pencuci muka yang lembut. Sabun pencuci muka berbahan lembut dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, keringat, dan bakteri. Hindari pembersih yang mengandung alkohol atau parfum. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi jerawat yang sudah ada. Untuk kondisi kulit dengan jerawat yang cukup parah, gunakan sabun berbahan benzoil peroksida atau asam salisilat.

  • Gunakan pelembap non-comedogenic. Setelah mencuci muka, pastikan kulit selalu dioleskan pelembap. Pelembap berperan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sehingga iritasi dan jerawat tidak semakin parah. Pilih produk pelembap yang bersifat non-comedogenic dan mengandung bahan ceramides, bahan ini tidak akan menyumbat pori-pori di kulit wajah. 

  • Hindari penggunaan produk makeup. Produk makeup seperti bedak, concealer, dan blush on dapat menyumbat pori-pori dan memperlambat proses penyembuhan jerawat. Sehingga, sebaiknya hindari dulu penggunaan produk makeup selama kulit masih mengalami maskne

  • Minimalisir penggunaan produk skincare. Saat maskne yang muncul cukup parah, hindari menggunakan banyak produk skincare di wajah. Cukup pilih produk perawatan utama saja yakni pembersih, pelembap dan sunscreen sebagai pelindung kulit.

  • Tidak menyentuh wajah. Jangan lupa juga untuk menghindari menyentuh wajah sembarangan. Kebiasaan ini dapat memindahkan kotoran dan kuman sehingga memperparah kondisi jerawat. 


Selain menerapkan cara-cara di atas, penting juga untuk kamu mengetahui cara mencegah timbulnya maskne. Salah satu cara yang paling penting adalah dengan memilih masker yang tepat. Pilihlah masker dengan bahan yang lembut di kulit dan pastikan masker pas di wajah. Tidak terlalu kencang tapi juga tidak longgar. 


Itu tadi beberapa cara untuk mengatasi kondisi wajah yang sedang mengalami maskne. Tidak terlalu rumit, bukan? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah setelah menggunakan masker sepanjang hari, ya! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.