Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Cara Diet Karbo Serta Manfaatnya yang Harus Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Cara diet karbo penting diketahui beserta manfaatnya yang penting untuk tubuh.

Diet karbo (low carb diet) dilakukan dengan membatasi cara asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Ketika menjalani diet ini, Anda harus tetap mengkonsumsi karbohidrat meski dengan porsi terbatas. Sebagian kebutuhan karbohidrat lalu diganti dengan mengonsumsi protein dan lemak tak jenuh.

banner consideration shipping bg blue

Diet rendah karbohidrat dan tinggi protein dipercaya mampu menurunkan berat badan. Membatasi konsumsi karbohidrat akan menurunkan asupan glukosa sehingga tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi. Apa sajakah manfaat melakukan diet rendah karbohidrat?

Manfaat Diet Karbo untuk Tubuh


Karbohidrat yang masuk ke tubuh akan langsung dipecah menjadi gula dan diserap oleh darah dalam bentuk glukosa. Glukosa lalu dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi tubuh. Adapun glukosa yang tidak terpakai akan disimpan di dalam sel tubuh, hati, otot, atau diubah menjadi lemak.

Membatasi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh berarti menurunkan asupan glukosa. Diet rendah karbohidrat diyakini mampu menurunkan berat badan karena sebagai ganti glukosa, tubuh akan membakar lemak untuk dijadikan sumber energi.

Manfaat lain dari diet rendah karbohidrat adalah dapat menurunkan trigliserida dan meningkatkan HDL. Diet ini juga diyakini dapat mencegah dan memperbaiki gangguan metabolisme. Diet rendah karbohidrat dianggap sangat baik untuk mencegah diabetes, tekanan darah tinggi, serta penyakit jantung.

Cara Melakukan Diet Rendah Karbohidrat yang Tepat


Sangat tidak disarankan untuk mengurangi karbohidrat secara ekstrim. Mengurangi asupannya secara drastis dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh. Anda bisa mengalami sakit kepala, lemas, sulit buang air besar, bau mulut, atau diare. Berikut adalah cara melakukan diet karbo yang benar.

banner consideration promotion bg blue

1. Ketahui Makanan yang Bisa Dikonsumsi dan yang Harus Dihindari

Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan mengandung lemak sehat. Pelaku diet rendah karbohidrat harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein. Makanan tersebut di antaranya adalah daging tanpa lemak, ikan, telur, buah, sayur, kacang-kacangan, minyak sehat dan susu tanpa pemanis.

Hindari makanan yang mengandung lemak trans dan gula tambahan. Artinya Anda harus menghindari nasi putih, junk food, gorengan, keripik, sirup, jus buah dengan pemanis, serta makanan tinggi lemak. Hindari makanan kalengan karena biasanya dalam makanan tersebut mengandung gula dan bahan pengawet.

2. Ketahui Porsi untuk Diet Rendah Karbohidrat

Porsi diet rendah karbohidrat disesuaikan dengan tujuan melakukan diet. Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara cepat, maka asupan karbohidrat yang diperbolehkan berkisar antara 50-100 gram. Mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah di bawah itu justru akan mengakibatkan efek samping bagi kesehatan.

Apabila ingin menjaga berat badan tetap stabil, pastikan jumlah asupan karbohidrat berkisar antara 100-150 gram per hari. Jika ingin mengkonsumsi makanan kemasan, bacalah jumlah karbohidrat di dalam labelnya.

3. Menyediakan Camilan Rendah Karbohidrat dan Lemak

Anda dapat mengkonsumsi camilan di sela-sela jam makan. Pastikan bahwa camilan tersebut mengandung karbohidrat dan lemak dalam jumlah yang rendah. Beberapa camilan yang aman untuk dimakan adalah apel, wortel, sayur rebus, segenggam kacang, yoghurt plain, dan putih telur yang direbus.

4. Olahraga Teratur

Olahraga teratur harus dilakukan walaupun Anda sedang menjalani diet. Sebuah lembaga riset menganjurkan seorang dewasa untuk berolahraga ringan minimal 10 menit setiap hari. Olahraga dapat membakar lemak lebih cepat, melancarkan peredaran darah, menjaga elastisitas, dan meningkatkan kesehatan tubuh.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah uraian tentang manfaat dan cara melakukan diet karbo dengan benar. Alangkah baiknya Anda berkonsultasi dengan tenaga medis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan diet ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.