Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Cara Diet Pisang dengan Benar dan Efektif untuk Tubuhmu

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Diet pisang jadi salah satu solusi diet sehat yang wajib dicoba.

Berbicara perihal diet, ada banyak metode yang bisa diterapkan, salah satunya adalah diet pisang. Diet menggunakan pisang adalah metode diet asal Jepang yang menerapkan aturan dimana pisang sebagai menu atau asupan utama dalam sehari-hari. Pisang memang menjadi buah-buahan yang sering dipilih saat melakukan diet.

banner consideration shipping bg blue

Diet pisang dianggap mudah, murah, efektif, dan cepat dalam menurunkan berat badan. Selain pisang, metode diet ini juga menerapkan aturan untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang menyehatkan. Tidak hanya efektif dalam menurunkan berat badan, diet menggunakan pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang ingin melakukan diet dengan menggunakan pisang, berikut tata caranya yang benar dan efektif.

1. Mengkonsumsi Pisang Saat Sarapan


Sesuai dengan aturannya, pisang menjadi asupan utama pada diet ini. Untuk memulai hari, Anda diharuskan untuk mengkonsumsi pisang sebagai menu sarapan. Porsi yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sarapan adalah 1 sampai 4 buah pisang segar. Jangan memilih pisang yang sudah dibekukan atau diolah.

Dibanding minum air dingin, pilih 2 gelas air hangat untuk dikonsumsi pada pagi hari. Meski disarankan untuk banyak makan pisang, pastikan porsinya tidak terlalu berlebihan yang dapat membuat perut menjadi tidak nyaman. Jika masih merasa lapar setelah memakannya, Anda bisa menunggu 30 menit untuk jadwal makan selanjutnya. Pilih buah-buahan yang rendah kalori seperti melon dan apel.

2. Makan Siang dan Malam Secukupnya


Pada dasarnya, tidak ada aturan khusus terkait makan siang dan makan malam pada metode diet ini. Syarat utamanya adalah harus mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur. Pastikan jumlah kalori dan lemak tidak sampai melebihi batas normal. Usahakan untuk tidak makan makanan penutup.

Kendati makan siang dan makan malam cukup santai, Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan yang sedikit lebih berat seperti nasi, steak, ayam, sayuran, salad sayur, dan makanan-makanan sehat lainnya.

3. Minum Air Putih yang Cukup


Salah satu larangan mutlak pada diet pisang adalah dilarang mengkonsumsi minuman manis, bersoda, beralkohol, dan minuman tinggi kalori. Hanya air mineral saja yang diperbolehkan untuk dikonsumsi secara rutin. Jenis minuman seperti teh, kopi, dan susu rendah lemak juga diperbolehkan asalkan masih dalam batas wajar dan dikonsumsi di luar jam makan.

banner consideration promotion bg blue

4. Mengkonsumsi Camilan pada Sore Hari


Meski dalam proses diet, Anda tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi camilan. Pilih camilan sehat seperti salad atau buah segar. Salah satu aturan yang menyenangkan dari diet pisang adalah diperbolehkan untuk mengkonsumsi camilan seperti biskuit, coklat, dan kue. Namun syaratnya, camilan ini hanya bisa dikonsumsi pada sore hari dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Beberapa jenis camilan yang harus dihindari pada diet ini adalah es krim, donat, dan keripik kentang. Selain itu, hitung dan batasi asupan kalori pada cemilan yang Anda konsumsi agar tidak menggagalkan program diet yang sedang dijalankan.

5. Olahraga Secara Rutin


Salah satu faktor kesuksesan diet adalah melakukan olahraga secara rutin. Olahraga ringan seperti jalan kaki dan jogging bisa Anda lakukan secara rutin untuk menyeimbangkan pola makan sehat dari diet ini. Tentukan jadwal serta durasi olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda. Untuk pemula, Anda bisa menetapkan target yang sederhana dulu sebagai latihan awal.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah lima cara melakukan diet pisang yang mudah dan efektif untuk menurunkan berat badan. Diet ini dapat membantu Anda mengelola asupan makanan sehat, menghitung kalori harian, melatih kebiasaan makan buah dan sayur, serta mendorong kebiasaan berolahraga.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.