Cara Gampang Bikin Masker Lidah Buaya di Rumah

25 Jun 2019 @ 18:45:07
Bukan rahasia lagi kalau tumbuhan lidah buaya (aloe vera) punya sangat banyak khasiat bagi kesehatan. Dari dulu, lidah buaya dianggap ampuh untuk mendinginkan kulit terbakar akibat terkena paparan sinar matahari, melembabkan kulit dan menjadikan rambut lebih lebat.

Lidah buaya biasanya tumbuh liar di tempat berhawa panas, atau biasa juga kita temukan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias. Bentuk daunnya lancip, berdaging tebal dengan tepi bergerigi. Daging tebal ini berisi gel yang kemudian membawa banyak manfaat, salah satunya sebagai antioksidan dan memberi efek anti-inflamasi bagi kesehatan.

Lidah buaya dianggap ampuh untuk mendinginkan kulit terbakar akibat terkena paparan sinar matahari, melembabkan kulit dan menjadikan rambut lebih lebat.
Kini, banyak produk kecantikan berbahan dasar lidah buaya yang beredar di pasaran. Skincare dari aloe vera ini digandrungi banyak orang untuk mendapatkan kulit tampak lebih sehat, bahkan tak jarang dipasarkan dengan harga yang mahal. 

Cara Gampang Bikin Masker Lidah Buaya di Rumah

Tapi tak perlu khawatir, tanpa perlu merogoh kocek dalam kamu tetap bisa mendapat banyak keajaiban aloe vera dengan mengolahnya sendiri secara alami, lho.

Bikin Masker Lidah Buaya untuk Kulit yang Terbakar Matahari

Gel dari lidah buaya bersifat antiinflamasi yang dapat meredakan iritasi pada kulit. Saat dioleskan di area kulit yang terbakar matahari, maka kulit akan terasa lebih dingin dan lembab. Dilansir dari laman medicalnewstoday.com, lidah buaya dapat menyembuhkan luka bakar 9 hari lebih cepat dibandingkan pengobatan biasa tanpa lidah buaya.

Lidah buaya dapat menyembuhkan luka bakar 9 hari lebih cepat dibandingkan pengobatan biasa tanpa lidah buaya.
Kamu bisa menyembuhkan kulit yang terbakar dari matahari dengan membuat masker lidah buaya dan campuran air lemon. Caranya, pisahkan kulit dari daging lidah buaya yang berupa gel kemudian campurkan dengan tetesan lemon lalu usapkan dengan lembut pada kulit yang terbakar.

Bikin Masker Lidah Buaya untuk Kulit yang Terbakar Matahari

Sebagai takaran, untuk setiap 2 sendok makan lidah buaya cukup tambahkan ¼ sendok teh tetesan lemon. Ini penting diperhatikan agar tidak terjadi iritasi pada kulit karena terlalu banyak kandungan lemon yang bersifat asam. Setelah dibiarkan 5 hingga 10 menit, bilas kulit atau wajah dengan air bersih.

Bikin Masker Lidah Buaya untuk Hilangkan Jerawat

Masker lidah buaya ampuh mengatasi jerawat salah satunya karena kandungan kolin di dalamnya. Kolin berfungsi untuk membersihkan kulit, menjadi sumber nutrisi bagi kulit sehingga bekerja lebih cepat menyembuhkan jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Aloe vera membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang rusak akan sembuh lebih cepat tanpa meninggalkan bekas luka.

Kolin berfungsi untuk membersihkan kulit, menjadi sumber nutrisi bagi kulit sehingga bekerja lebih cepat menyembuhkan jerawat dan mencerahkan kulit wajah.
Kamu bisa menggunakan masker lidah buaya untuk menghilangkan jerawat dengan mencampurkannya bersama air mawar dan mentimun. Cara pakainya, haluskan setengah mentimun (blender), 2 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok teh air mawar lalu campurkan.

Bikin Masker Lidah Buaya untuk Hilangkan Jerawat

Cuci muka dengan air hangat lebih dulu sebelum menggunakan masker lidah buaya, ini dilakukan untuk membuka pori-pori dan menghilangkan minyak pada wajah. Lalu, gosokkan masker dengan gerakan melingkar kecil pada wajah dan biarkan mengering selama 15 menit. Setelahnya, bilas kembali dengan air hangat dan tepuk-tepuk kulit sampai kering dengan handuk lembut.

Meski Alami, Harus Perhatikan Hal Ini Juga Saat Pakai Masker Lidah Buaya!

Meskipun berasal dari bahan-bahan alami, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan masker lidah buaya ini. Misalnya, penting untuk kenali jenis kulit yang kamu punya. Jika memiliki kulit sensitif, sebaiknya lakukan skin test lebih dulu sebelum menggunakannya di wajah. 

Coba untuk mengoleskan masker tersebut pada punggung tangan atau telinga bagian belakang lalu lihat reaksinya. Jika menimbulkan masalah pada kulit sebaiknya hentikan pemakaian karena tak dapat dimungkiri memang ada bahan-bahan yang punya reaksi tertentu pada kulit tiap-tiap orang. Selamat mencoba, Lemonizen!

Artikel Terkait

3 Bahan Dapur Ini Bisa Kamu Jadikan Skincare, Berani Coba?
Banyak perempuan pasti setuju kalau skincare jadi hal yang penting dan esensial untuk mendapatkan kulit cantik nan sehat..
Shella Rafiqah Ully
28 Februari 2019