Cara Masak Daging Kambing yang Baik dan Benar agar Tidak Bau dan Keras

01 Sep 2020 @ 09:56:41
Momen hari raya Idul Adha yang sebentar lagi tiba pastinya akan berkesan jika kita menyajikan olahan daging kurban untuk keluarga besar. Namun, ada problem tersendiri yang terkadang muncul saat kita ingin membuat olahan daging kambing, yaitu bau prengusnya dan juga daging yang terkadang keras, sehingga membuat selera makan turun. Untuk mengatasi hal itu, inilah tips cara masak daging kambing agar tidak bau dan empuk. 

1. Membuang Lapisan Lemak Daging



Banyak yang tidak tau, jika bau khas daging kambing berasal dari lapisan lemak yang ikut melekat pada daging. Untuk mengurangi bau prengus ini, langkah yang bisa kamu ambil adalah dengan menyayat lapisan lemak yang ada di bagian bawah daging untuk mengurangi bau prengus khas kambing.

Untuk mempermudah kamu mengambil lapisan lemak pada daging kambing, tidak ada salahnya jika membekukan daging terlebih dulu ke dalam kulkas. Pasalnya, daging yang membeku mudah untuk dipegang dan disayat bagian lemaknya.

2. Beri Perasan Air Lemon



Selain menyayat dan membuang penyebab utama bau prengus pada daging kambing, tidak ada salahnya jika kamu menambahkan perasan air lemon maupun air jeruk nipis. Setelah mencuci daging dengan air bersih yang mengalir, kamu bisa melumurinya dengan perasan lemon maupun jeruk nipis.

Kandungan asam yang terdapat pada buah lemon maupun jeruk nipis mengandung antibakteri alami yang bisa menghalau bau pada daging. Cukup diamkan selama 10 menit agar perasan air lemon tersebut menyerap ke dalam daging. Selain mampu menghilangkan bau prengus pada daging kambing, ternyata cara ini juga cukup efektif untuk membuat daging kambing menjadi lebih empuk.

3. Jahe



Selain perasan air lemon maupun jeruk nipis, ternyata memberi perasan air jahe pada daging kambing juga cukup ampuh untuk menghilangkan bau prengusnya.  Hal ini karena dalam jahe terkandung enzim proteolitik yang bisa memecah protein sehingga bisa membuat daging empuk dan mengurangi bau khas kambing.

Kamu cukup memarkan atau parut jahe lalu balurkan pada permukaan daging secara merata untuk menghilangkan bau pada daging kambing. Tapi pastikan kamu jangan pakai cara ini jika kamu berencana memasak semur karena bisa merusak cita rasa masakannya.

4. Nanas Muda



Nanas juga bisa menjadi salah satu bahan yang berguna dalam cara masak daging kanbing. Bagi masyarakat pedesaan, biasanya mereka memanfaatkan nanas muda untuk membuat daging kambing yang akan diolah menjadi empuk, dan mengurangi bau prengus yang khas.  Untuk mendapatkan manfaat dari nanas yang satu ini, kamu cukup parut nanas muda, lalu balurkan ke daging kambing mentah dan tunggu selama 30 menit sebelum mengolahnya.

5. Lumuri dengan Garam


Jika kamu tidak ingin ribet dan terkesan praktis, nyatanya melumuri daging kambing dengan garam juga bisa menjadi opsi untuk menghilangkan bau prengus. Kandungan yang terdapat dalam garam berfungsi sebagai penetralisir aroma prengus daging kambing. Caranya cukup mudah, taburkan garam pada daging yang telah dipotong-potong kecil, lalu diamkan selama satu jam sebelum dimasak.

6. Beri Cuka agar Tidak Bau



Cara masak daging kambing yang terakhir adalah dengan cuka. Selain memberi garam agar tidak bau, cuka juga bisa menjadi salah satu opsi agar daging kambing yang akan kamu olah tidak menimbulkan cita bau prengus yang berlebihan. Cara pengaplikasian cuka ini cukup mudah. Kamu bisa merebus satu liter air dalam panci, lalu tunggu sampai mendidih. Jika sudah, kamu bisa  masukkan satu kilogram daging kambing dan 50 gram cuka. Setelah itu, tiriskan sampai daging siap untuk dimasak.

Itulah keenam cara masak daging kambing yang bisa kamu lakukan agar tidak bau dan bisa empuk. Dengan menggunakan tips di atas, mengolah daging kambing bukan lagi menjadi masalah untuk kamu. Selamat mencoba! 

Artikel Terkait

Nagita Slavina dan Chef Juna Masak Bareng? Ada Menu Apa, Nih?
Pangsit goreng viral pakai mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
09 September 2020
Resep Sop Iga yang Lezat Gurih dan Istimewa Ada 5 Rahasianya
Resep sop iga berikut ini bisa jadi pilihan hidangan yang pasti lezat dan mudah untuk dibuat loh. Intip yuk resepnya!..
Rizki Indra
01 September 2020
3 Resep Semur Daging Agar Semakin Spesial Masakanmu
Ada berbagai resep semur daging yang bisa kamu coba dengan mudah dan tentunya rasa istimewa!..
Rizki Indra
01 September 2020