Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Cara Memanjangkan Kuku dengan Cepat dan Alami!

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Cara memanjangkan kuku penting dilakukan dengan benar agar makin cantik.

Para perempuan pasti sangat mendambakan kuku yang panjang dan sehat. Biasanya kuku yang sehat akan mudah dipanjangkan karena tidak mudah patah. Cara memanjangkan kuku sebenarnya mudah dilakukan jika kamu telaten merawatnya setiap hari. Memiliki kuku yang sehat dan tidak mudah patah tidak bisa didapat dengan instan jadi harus sabar dan konsisten.


Selain memperindah tampilan tangan kuku juga berfungsi sebagai pelindung jari. Jadi kesehatan kuku sangat penting diperhatikan. Biasanya kuku yang normal akan tumbuh sekitar 3,5 milimeter setiap bulan. Namun pertumbuhan kuku setiap orang berbeda-beda, sebagian orang membutuhkan banyak waktu untuk memanjangkan kukunya. Bagi kamu yang ingin memanjangkan kuku, berikut ini cara yang bisa dicoba.

1. Keringkan Tangan Setelah Cuci Tangan


Jika kamu hendak memanjangkan kuku, sebaiknya mulai saat ini jangan biarkan tanganmu begitu saja setelah mencuci tangan. Sebaiknya setelah mencuci tangan, mencuci piring dan pakaian, mandi, atau berenang keringkan tangan terlebih dulu terutama di bagian kuku. Kuku yang tidak dikeringkan setelah terkena air dan sabun akan mudah mengalami kerusakan. Sehingga bisa menghambat pertumbuhan kuku. Oleh karena itu sebaiknya gunakan sarung tangan karet saat mencuci piring atau pakaian supaya kuku tetap terlindungi.

2. Jangan Memotong Kutikula


Tips selanjutnya untuk memanjangkan kuku yaitu jangan memotong kutikula kuku. Kutikula sendiri merupakan bagian kuku yang berfungsi sebagai penghalang alami jamur dan bakteri. Jadi saat kamu memotong kutikula, kuku akan kehilangan pelindungnya. Ketika hal tersebut terjadi bakteri dan kuman akan mudah masuk dan dapat meningkatkan risiko terinfeksi jamur dan bakteri.

3. Menjaga Kelembaban Kuku


Agar kuku dapat tumbuh dengan baik dan tidak mudah patah. Kamu harus benar-benar menjaga kelembabannya karena saat kuku terlihat kering pasti akan rapuh dan mudah patah. Kulit di sekitar kuku juga dijaga kelembapannya karena kulit yang kering akan rentan mengalami pecah-pecah. Kondisi tersebut memudahkan jamur, bakteri, dan kuman masuk menginfeksi kuku. Sehingga akan menghambat pertumbuhan kuku, untuk menghindari hal tersebut kamu bisa menggunakan hand cream atau pelembab lainnya.

4. Hindari Penggunaan Kuteks dan Aseton


Jika memang betul-betul berniat untuk memanjangkan kuku. Sebaiknya kamu menghindari penggunaan kuteks dan aseton. Aseton sebenarnya cukup berbahaya untuk kuku karena dapat membuat kuku menjadi menguning dan terlihat kusam. Tidak hanya itu cairan aseton dapat mengikis lapisan kuku.


Jika memang tidak bisa menghindari penggunaan cairan tersebut, setidaknya jangan merendam kuku di cairan aseton untuk menghapus kuteks. Cukup gunakan kapas yang sudah dicelupkan ke aseton lalu gosokan ke atas kuku. Kemudian cuci kuku hingga bersih menggunakan air dan oleskan pelembab setelahnya.

5. Mengonsumsi Suplemen Biotin


Cara paling ampuh selanjutnya untuk memanjangkan kuku yaitu dengan mengkonsumsi suplemen biotin. Biotin termasuk jenis vitamin B7 yang berfungsi membantu pertumbuhan rambut dan kuku dan mengubah makanan menjadi energi. Dalam beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen biotin secara rutin dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan kuku.


Mengonsumsi suplemen biotin dengan dosis 2,5 mg secara rutin bisa membangun mempercepat pertumbuhan dan kekuatan kuku dalam beberapa minggu. Selain melalui suplemen, asupan biotin dapat kamu peroleh dengan mengkonsumsi sarden, kacang-kacangan, telur matang, pisang, jamur, kembang kol, dan biji-bijian utuh.


Itulah  5 cara memanjangkan kuku dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Selain cara di atas kamu juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain mengonsumsi makanan mengandung biotin kamu juga perlu mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Dengan begitu, kesehatan tubuh sekaligus kuku bisa lebih terjaga dengan optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.