Cara Membuat Kaldu Sapi Agar Masakan Lebih Gurih

15 Mei 2020 @ 15:48:37
Salah satu alternatif yang bisa diambil untuk menghasilkan masakan berkuah dengan rasa yang gurih adalah dengan menggunakan kaldu. Kaldu sendiri bisa dibuat dari berbagai macam bahan, seperti jamur, ayam, bahkan juga dari sapi. Lalu, bagaimana cara membuat kaldu sapi agar citarasa masakan bisa lebih mantap dan gurih? 



Selama ini membuat kaldu sapi selalu identik dengan tahap yang ribet dan memakan waktu yang lama untuk memasaknya. Padahal hal itu tidak benar, berikut ini adalah resep kaldu sapi yang enak dan mudah untuk dibuat.

Siapkan bahan-bahan seperti berikut: 
  1. Tulang sapi dengan bagian paling tebal atau bisa juga menggunakan daging sapi
  2. Air
  3. Seledri, daun bawang
  4. Lada putih
  5. Sedikit garam
  6. Bawang merah dan bawang putih
  7. Ketumbar, jahe dan kemiri
Cara membuatnya adalah sebagai berikut: 
  1. Haluskan bumbu kecuali seledri dan daun bawang
  2. Siapkan panci dan tuangkan air dan didihkan
  3. Masukkan potongan daging atau tulang sapi yang akan dibuat kaldu
  4. masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dn rebus selama 1 jam sampai aromanya keluar
  5. Setelahnya tambahkan daun bawang dan seledri sebagai penyedap alami tambahan
  6. setelah itu matikan kompor dan kaldu sapi sudah siap untuk bahan tambahan membuat makanan lain seperti sup 

Manfaat Kaldu Sapi untuk Tubuh 



Ternyata mengkonsumsi kaldu sapi juga memiliki banyak manfaat. Selain memiliki rasa gurih kaldu sapi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat dari mengkonsumsi kaldu sapi yang harus diketahui:

1. Berfungsi untuk Kesehatan Usus

Kaldu sapi memiliki kandungan gelatin yang dapat untuk mengatasi berbagai permasalah pada usus seperti peradangan. Selain itu kaldu sapi juga dapat menjadi alat perlindungan bagi usus dan juga mampu untuk meredakan berbagai penyakit yang menyerang usus diantaranya diare, dan juga sembelit. 

2. Kesehatan Alat Persendian Manusia

Glukosamin dipercaya dapat melindungi persendian manusia, dan kandungan ini nyatanya terdapat dalam kaldu sapi. Selain kandungan glukosa nyatanya kaldu sapi juga terdapat kondroitin sulfat yang dapat mencegah terjadinya penyakit osteoporosis

3. Membuat Kulit Sehat dan Terawat 

Jika ingin memiliki kulit yang indah dan terlihat awet mudah mengkonsumsi kaldu sapi dapat menjadi salah satu solusi alami yang dapat dicoba. Pasalnya kaldu sapi terdapat kolagen yang mampu untuk menghamba faktor penuaan seperti kulit kendur ataupun kusam.

4. Peningkat Daya Tahan Tubuh 

Kaldu sapi mampu untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh yang ada pada tubuh manusia. Dengan banyaknya mineral yang terdapat dalam kaldu sapi mampu memuat imun manusia lebih kebal dengan berbagai jenis penyakit. 

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Fosfor dan magnesium juga terdapat dalam sajian kaldu sapi. Oleh karena itu mengkonsumsi kaldu sapi juga dapat memperkuat otot dan menjaga kesehatan otot.



Jika tidak memiliki waktu untuk berkreasi dengan kaldu sapi buatan sendiri, kamu dapat menggunakan kaldu sapi dalam bentuk instan yang 100% alami dan menyehatkan, produk tersebut adalah Lemonilo Kaldu Pelezat Alami Sapi. Produk dari Lemonilo ini merupakan produk yang dibuat tanpa bahan pengawet, pemanis, dan tidak terdapat kandungan MSG di dalamnya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi kaldu ini pada semua masakan favoritmu! 

Itulah informasi mengenai cara membuat kaldu sapi yang gurih dan enak. Dengan berbagai manfaat kaldu sapi, mulai saat ini jangan ragu lagi untuk mengganti kaldu yang kamu pakai dengan kaldu sapi ya!

Artikel Terkait

4 Kreasi Bekal Anak Sekolah, yang Mudah dan Lucu
Moms, agar tidak bosan bekal anak sekolah juga harus dibuat semenarik mungkin. Yuk, intip inspirasinya!..
Rizki Indra
03 Juli 2020
3 Resep Ikan Asam Manis Yang Enak Ala Restoran
Bosan dengan olahan ikan yang monoton? Yuk cobain resep ikan asam manis berikut ini, dijamin enak ala restoran!..
Rizki Indra
03 Juli 2020
Cara Mudah Semur Jengkol Agar Empuk Dan Tidak Bau
Bagi para pecinta jengkol. inilah resep cara masak semur jengkol agar tidak berbau dan pastinya empuk!..
Rizki Indra
03 Juli 2020