Cara Membuat Kunyit Bubuk di Rumah dengan Mudah

15 Mei 2020 @ 16:22:28
Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki banyak sekali manfaat yang luar biasa. Kunyit sendiri biasanya digunakan pada masakan namun ada juga yang menggunakannya sebagai bahan dasar pembuatan minuman tradisional, atau sebagai masker untuk wajah. Untuk menggunakannya pada minuman atau masker, kunyit bisa diolah menjadi bentuk bubuk terlebih dahulu. Cara membuat kunyit bubuk sendiri di rumah juga ternyata cukup mudah loh! Kamu juga bisa membuatnya dengan mudah. 

Berikut ini merupakan bahan yang harus disiapkan:
  1. ½ kg kunyit
Langkah cara membuat kunyit bubuk:
  1. Langkah pertama silahkan untuk membersihkan kunyit dari kotoran yang menempel pada kulitnya
  2. Setelah kunyit bersih lanjutkan dengan mengiris kunyit secara tipis-tipis lalu jemur di bawah sinar matahari agar kering secara sempurna. Biasanya untuk mengeringkan kunyit sampai benar-benar kering butuh waktu beberapa hari
  3. Setelah jika kunyit sudah kering lanjutkan dengan disangrai sesat lalu blender kunyit sehingga menjadi butiran bubuk halus
  4. Sudah jadi, bubuk kunyit bisa dipakai untuk tambahan makanan, minuman ataupun masker wajah
Selain itu, ada banyak sekali manfaat kunyit yang baik untuk kesehatan. Diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Meringankan Peradangan Pada Tenggorokan

Kunyit dapat meredakan peradangan karena di dalam kunyit terdapat zat kurkumin yang berfungsi sebagai zat anti radang. Kunyit memiliki lebih dari 200 miligram kandungan kurkumin di dalam 1 sdt kunyit segar atau bubuk.

2. Bisa Meringankan Sakit Maag

Sejak dulu kunyit dipercaya sebagai ramuan herbal yang mampu untuk mengatasi masalah pada pencernaan, seperti maag. Hal ini karena  hal ini juga dikarenakan efek kurkumin yang ada pada kunyit yang mampu untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti adanya rasa nyeri yang muncul akibat maag dan juga mampu untuk mengendalikan asam lambung yang diproduksi tubuh.

3. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung disebabkan karena produksi asam lambung pada perut yang berlebihan sehingga menyebabkan perut terasa kembung. Dengan mengkonsumsi kunyit yang mampu untuk mengontrol produksi asam lambung oleh karenanya kunyit mampu untuk meredakan perut kembung. 

4. Mengurangi Gejala IBS

IBS atau Irritable Bawel Syndrome adalah peradangan usus  besar yang menjadi penyebab masalah buang air besar dalam jangka waktu yang lama. Hal ini disebabkan di dalam kunyit terdapat zat antioksidan dan anti radang karena kadar kurkumin yang tinggi dalam kunyit. Oleh karenanya kurkumin dapat membantu melancarkan dan merilekskan otot yang bekerja di sekitar pencernaan.

5. Meredakan Rasa Mual

Mengkonsumsi kunyit saat sedang masuk angin atau mengalami gangguan pencernaan yang menyebabkan rasa mual pada tubuh sangat dianjurkan. Kunyit mampu meminimalisir rasa mual pada tubuh, apalagi jika diracik bersamaan dengan bubuk lada hitam maka akan memberikan efek pereda mual yang sangat manjur.

Rekomendasi Bubuk Kunyit Alami Berkualitas Tinggi



Apabila membuat kunyit sendiri di rumah dirasa kurang efisien, kamu juga bisa menggunakan produk bubuk kunyit instan dari Lemonilo yang sangat sehat dan berkualitas tinggi. Rempah Alami Bubuk Kunyit Lemonilo merupakan pilihan kunyit bubuk yang terbuat dari 100% kunyit alami dan juga memiliki aroma yang khas dan kuat layaknya kunyit segar. Selain itu kunyit bubuk dari lemonilo tidak terdapat campuran zat pewarna, pengawet maupun campuran bahan lain dan dijamin aman dikonsumsi untuk tubuh. 

Nah itulah cara membuat kunyit bubuk sendiri di rumah dan juga rekomendasi kunyit bubuk yang dapat di beli di pasaran. Karena banyaknya manfaat yang ada pada kunyit, mulai sekarang jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi rempah yang satu ini ya!

Artikel Terkait

4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat
Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Nagita Slavina dan Chef Juna Masak Bareng? Ada Menu Apa Nih?
Pangsit goreng viral pakai mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
09 September 2020