Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Cara Membuat Kutek Halal Menambah Cantik Tampilan Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
28 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Kutek halal aman digunakan kapanpun.
Sebagai seorang wanita, mempercantik kuku dengan menggunakan kutek adalah salah satu kegiatan yang banyak disukai. Meski dapat menambah cantik tampilan luar,  wanita muslim dilarang menggunakan kutek. Hal ini berkaitan dengan fakta yang mengatakan jika kutek dapat membuat wudhu menjadi tidak sah karena air tidak bisa menembus ke bagian jari atau kuku yang terkena kutek.
banner consideration shipping bg blue

Sebagai salah satu solusi, beberapa produsen kutek akhirnya mengeluarkan produk berupa kutek halal. Kutek halal ini tetap bisa membuat air masuk ke bagian jari kita sehingga tetap sah digunakan untuk berwudhu. Kutek yang halal ini juga bisa dibuat sendiri lho di rumah. Inilah cara membuatnya:

1. Membuat Kutek dengan Bubuk Pengembang Kue atau Baking Powder



Apakah kamu tahu salah satu bahan pembuat kue yaitu baking powder? Nah, kamu bisa memanfaatkan produk ini untuk membuat kutek yang halal. Pertama, siapkan bahan dan peralatan yang terdiri dari cat kuku lapisan dasar, baking powder, wadah, kuas kecil, dan pengayak halus. Perlu diketahui bahwa proses ini harus dilakukan secara cepat sebelum cat kuku mengering.

Tuangkan baking powder menggunakan pengayak halus ke dalam wadah yang telah disiapkan. Jika terdapat gumpalan, hancurkan agar bubuk baking powder tersebut menjadi lembut sepenuhnya. Oleskan cat kuku yang tadi sudah disiapkan, gunakan cat kuku dasar lebih dulu lalu timpal dengan cat kuku biasa.

Setelah itu, segera bubuhkan baking powder pada kuku yang tadi sudah diolesi cat kuku. Bubuhkan segera sebelum cat kuku mengering ya! Lalu, diamkan kuku selama beberapa waktu dan bersihkan sisa baking powder yang berceceran dan tidak rapi dengan menggunakan sikat bersih. Ulangi proses ini pada bagian kuku lain.

2. Membuat Kutek dengan Menggunakan Pati Jagung



Untuk membuat kutek versi halal, kamu juga bisa membuat sebotol penuh cat kuku matte dengan memakai campuran pati jagung. Siapkan lebih dulu bahan-bahannya yang terdiri dari cat kuku, pengayak halus, tusuk gigi, bubuk pati jagung, bubuk mika, perona mata (eyeshadow) matte, cat kuku, wadah kecil, dan kertas berbentuk persegi dengan ukuran 5x5 cm.
banner consideration promotion bg blue

Kemudian, pilih cat kuku dan dan bubuk yang nanti akan kamu gunakan. Pilih cat kuku yang hanya berisi setengah botol saja. Lalu, siapkan bubuk pati jagung dan kemudian saring menggunakan pengayak dan pastikan seluruh bubuknya sudah halus. Untuk bubuk mika dan bubuk perona mata, kamu tidak perlu mengayaknya lagi karena biasanya sudah dalam bentuk bubuk halus.

Setelah itu, buat sebuah corong dengan menggunakan kertas yang tadi sudah disiapkan. Masukkan sedikit bubuk yang tadi sudah disaring. Masukkan dua atau tiga buah bola baja kecil yang akan membuat cat kuku menjadi lebih mudah tercampur. Tutup wadah dan goyangkan agar seluruhnya tercampur rata. Sebelum digunakan, diamkan selama 24 jam dulu. Setelah itu, baru kutek halal ini bisa digunakan.

3. Kutek Menggunakan Perona Mata (Eyeshadow)



Pertama siapkan bahan-bahan seperti cat kuku bening, pati jagung, wadah, tusuk gigi, dan perona mata (eyeshadow) dengan warna yang matte. Pilih perona mata dan gunakan tusuk gigi untuk mengetiknya ke dalam wadah. Sebelum digunakan, pastikan bahwa perona mata sudah dalam bentuk yang halus.

Untuk membuat cat kuku menjadi lebih matte, bubuhkan pati jagung secukupnya saja. Beri tambahan beberapa tetes cat kuku bening dan aduk rata menggunakan tusuk gigi. Gunakan cat kuku yang sudah dibuat dengan cepat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah Lemonizen, itulah 3 cara membuat dan beberapa contoh kutek halal yang bisa kamu coba. Selain bahan dan cara pembuatannya yang mudah, kutek ini bisa kamu gunakan dan wudhu kamu bisa tetap sah. Bagaimana, tertarik membuatnya?
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.