Cara Menenangkan Pikiran Ketika Sedang Gelisah

Ketika pikiran sedang gelisah pasti akan berpengaruh juga pada kegiatan sehari-hari. Tentu hal ini juga bisa membuat produktivitas menurun. Terlebih lagi jika tidak dikelola dengan baik bisa membuat kamu mengalami stres atau depresi. Nah, agar terhindar dari hal tersebut, berikut ini cara menenangkan pikiran kamu ketika sedang gelisah.

1. Coba Mengatur Napas

Hal paling sederhana dan mudah yang dapat dilakukan adalah dengan mengatur napas. Duduklah dengan rileks kemudian letakkan tangan di perut atau dada. Rasakan kembang kempis perut atau dada untuk merasakan napas. Bernapaslah dengan lambat dan dengarkan hembusan nafas. Perlahan hati akan merasa tenang.

2. Olahraga

Berolahraga mampu melepaskan hormon endorfin yang berperan penting dalam memperbaiki fokus, suasana tidur, serta kualitas tidur. Kamu bisa berolahraga minimal 5 menit untuk menenangkan hati, seperti melakukan jalan cepat atau olahraga lainnya.

3. Mendengarkan Musik

Amygdala merupakan bagian otak yang berbentuk seperti buah almond untuk merespons rasa takut. Nah, mendengarkan musik bisa membuat neuron yang terbakar di amygdala berkurang. Sehingga mendengarkan musik bisa menjadi salah satu pilihan untuk menenangkan pikiran ketika gelisah.

4. Membantu Orang Lain

Membantu orang lain dapat dijadikan salah satu opsi untuk menenangkan pikiran. Mengapa? Karena akan ada respons bahagia di jiwa ketika seseorang mampu membantu orang lain yang kesusahan. Dengan kondisi jiwa yang bahagia, kesehatan jantung dan daya tahan tubuh meningkat.

5. Menikmati Alam

Cara selanjutnya untuk menenangkan pikiran adalah menikmati alam. Percaya atau tidak? Produktivitas kamu  meningkat ketika berada di lingkungan serba hijau. Pikiran akan menjadi lebih segar dan jernih dengan menikmati alam. Fakta dari cara ini bisa dilihat pada Anak dengan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder). Hal ini dilansir dari laman Chadd.org.

Anak yang memiliki kondisi ini cenderung sulit untuk memusatkan fokus atau perhatian mereka dan cenderung lebih hiperaktif dan impulsif. Dengan menikmati alam, ia dapat berkonsentrasi dengan lebih baik.

6. Berkebun

Berkebun dinilai dapat membuat tenang, karena ketika merawat tanaman kamu akan berhubungan langsung dengan tanah yang memiliki mikroorganisme. Sehingga dengan bantuan mikroorganisme, kamu dapat memperbaiki suasana hati yang gelisah.

7. Membuat Kreasi

Mulai dari memasak, merajut, mewarnai, menjahit atau kegiatan lain yang bisa membuat pikiran kamu teralihkan. Dengan begitu, kamu terhindar dari pikiran buruk yang bisa membuat rasa gelisah muncul.

8. Membaca Buku

Membaca buku dapat membuat pikiran kamu berkelana di berbagai tempat, dimensi, maupun waktu. Selain itu, dengan membaca buku kamu bisa menambah pengetahuan. Jadi, selain pikiran menjadi lebih tenang, membaca buku bisa menambah luas wawasan pengetahuan kamu.

9. Tidur Cukup

Gelisah terjadi bisa dipicu dari kekurangan tidur. Kualitas tidur yang rendah dapat memperburuk suasana hati. Terkadang, kondisi ini dapat menyebabkan depresi. Oleh sebab itu, kamu harus menjaga dan memiliki waktu tidur yang cukup serta berkualitas. Jika sulit tidur, kamu bisa melakukan kegiatan yang merangsang agar cepat tidur seperti meditasi, mendengarkan musik, mandi, dan lainnya. Hal terpenting adalah jauhkan gadget dari sisi kamu saat mau tidur.

10. Menulis

Menulis tentang hal-hal yang kamu alami sehari-hari dapat membuat hati merasa lebih tenang. Kamu bisa flashback tentang kejadian hari ini yang membuat. Tulislah secara terang-terangan seperti kamu bercerita pada teman baik yang sangat kamu percaya.

11. Meditasi

Nah, cara sederhana dan sangat manjur menurut laman Harvard Health Edu dan Mayo Clinic, untuk menangani rasa gelisah adalah dengan meditasi. Kamu bisa melakukan kegiatan ini di mana saja dan kapan pun. Jika kamu melakukan meditasi secara rutin, maka dapat meminimalisir dari risiko depresi, stres dan kecemasan, sehingga kamu menjadi pribadi yang kuat.

Demikianlah cara menenangkan pikiran kamu ketika sedang gelisah. Mudah bukan? Tak perlu khawatir, setiap orang pasti pernah mengalami kegelisahan. Kamu hanya perlu melakukan cara di atas untuk mengatasinya. Tetap semangat, Lemonizen!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami