Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Cara Mengajari Anak Menulis dan Membaca yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
25 May 2021
Clock Icon
4 menit
Cara mengajari anak menulis dan membaca sangat mudah dilakukan.

Sebagai orang tua, hendaknya Lemoparents tahu bagaimana cara mengajari anak menulis dan membaca yang mudah mudah dan efektif. Bukan hanya kepada anak saja, buat kamu yang belum menikah juga bisa melakukannya untuk adik-adik yang baru masuk TK ataupun SD. Meskipun sebenarnya anak TK tidak dianjurkan untuk dipaksa membaca dan menulis tapi setidaknya kamu bisa memperkenalkan.

banner consideration shipping bg blue

Mengajarkan sesuatu kepada anak-anak tentunya membutuhkan kesabaran, ketelatenan dan metode yang tepat. Anak-anak cenderung mudah bosan dan sulit konsentrasi apalagi terhadap sesuatu yang monoton. Itulah sebabnya agar bisa efektif dan diserap dengan baik oleh anak-anak kamu harus memakai metode dan cara yang tepat.ya.

Cara Mengajarkan Anak Menulis dan Membaca

Saat mengajarkan anak-anak menulis dan membaca kamu bisa menggunakan beberapa cara dan tips berikut ini.

1. Perkenalkan Huruf kepada Anak


Hal paling mendasar saat mengajarkan anak untuk menulis dan membaca adalah memperkenalkan dulu huruf-huruf kepada mereka. Biarkan mereka mengenal dulu 26 alfabet yang digunakan serta mengenalnya dengan baik. Biasanya anak yang sudah mengenali huruf akan hafal beberapa huruf dan bisa menyebutkannya dengan baik.


Setelah anak mengenal huruf selanjutnya meminta mereka untuk menuliskannya di atas kertas ataupun media lainnya seperti white board misalnya. Ajarkan bagaimana cara yang mudah untuk menuliskan huruf tersebut dan berikan contoh kepada mereka agar diikuti.

2. Ajarkan Anak Menghafal Kata


Langkah selanjutnya setelah anak mengenal huruf per huruf sekarang waktunya merangkai menjadi kata. Ajarkan pelan-pelan dan lakukan dari kata yang mudah dulu yang terdiri dari 3-4 huruf saja. Setelah mereka bisa membaca kata yang sederhana bisa mulai ditingkatkan dengan rangkaian huruf yang lebih sulit.


Jika dirasa sudah cukup menguasai maka kamu bisa mengajarkan anak-anak kata yang lebih rumit yaitu yang menggunakan akhiran. Ingat ya, jangan memaksakan anak memahami tahap ini kalau mereka memang masih kesulitan. Ulangi lagi dari tahapan yang sebelumnya pelan-pelan.

3. Ajari Cara Mengucapkan Kata


Kalau anak sudah bisa membaca kata ajarkan bagaimana cara menuliskannya dengan benar. Kalau mereka masih melakukan kesalahan pada percobaan pertama meminta mereka untuk mengulanginya lagi. Ajak mereka untuk menuliskan kata-kata yang mudah dan akrab dengan mereka seperti “ibu”,“ayah”,“mama” dan “papa”.


banner consideration promotion bg blue

Jangan lupa untuk mengamati dan mendengarkan apakah anak sudah benar dalam mengucapkan sebuah kata. Kalau masih ada kesalahan dalam mengucapkan, ajarkan bagaimana yang benar terutama pada kata-kata yang mengandung akhiran seperti “ng” dan sebagainya.

4. Belajar Sambil Bermain


Bagaimana caranya agar anak tidak merasa bosan ketika harus belajar menulis dan membaca? Caranya mudah, gunakan metode dimana mereka tidak menyadari kalau sedang belajar. Bagaimana caranya? Belajar dengan permainan seperti menggunakan balok-balok huruf, kartu alfabet dan sejenisnya.


Minta mereka untuk menyusunnya menjadi kata tertentu lalu mengucapkannya dan menuliskannya. Atau kamu yang membentuk kata dan minta anak-anak untuk membacanya dan menuliskan di atas secarik kertas. Dunia anak-anak adalah bermain jadi mereka akan merasa betah meskipun sebenarnya sedang belajar.

5. Beri Label Benda-Benda di Rumah


Cara sederhana untuk mengasah kemampuan anak membaca adalah dengan memberikan label pada beberapa benda di rumah. Yang paling mudah adalah minta anak menuliskan namanya sendiri lalu tempelkan di pintu kamarnya. Atau minta mereka menuliskan nama benda-benda di kamar lalu menempelkannya pada barang tersebut contohnya lemari, meja dan sebagainya.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, ternyata tidak sulit bukan cara mengajari anak menulis dan membaca yang mudah dan efektif itu? Kamu bisa melakukannya di sela-sela waktu bermain mereka agar anak-anak tidak merasa sedang belajar.


Agar waktu bermain dan belajar bersama anak menjadi lebih menyenangkan siapkan juga camilan enak dan sehat seperti Chimi, keripik ubi dari Lemonilo.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.