Cara Mengatasi Gusi Bengkak. Ada 5 cara Efektif yang Perlu Kamu Tahu

Gusi bengkak memang menjadi masalah yang menimbulkan ketidaknyamanan saat makan maupun minum. Selain itu, gusi yang bengkak juga dapat menyebabkan berbagai macam gangguan mulut yang tidak ringan. Jika masalah ini tidak segera ditangani, gusi bengkak juga bisa ikut mempengaruhi jaringan dan tulang yang menopang gigi. Inilah 5 cara mengatasi gusi bengkak yang bisa kamu lakukan: 

banner consideration shipping bg blue

1. Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi gusi bengkak pertama adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Selain dipercaya untuk membersihkan karang atau plak pada gigi, kandungan di dalam garam juga dimanfaatkan untuk mengobati gusi bengkak. Dalam hal ini, kandungan sodium pada garam bisa menjadi antiseptik alami untuk kesehatan mulut. 
Untuk mendapatkan manfaat garam dalam mengatasi gusi bengkak, caranya cukup mudah. Kamu tinggal mencampurkan air dan garam dan menjadikannya obat kumur setelah kamu selesai menyikat gigi. Berkumur dengan air garam ini bisa kamu lakukan secara rutin sampai gusi bengkak semakin membaik. 

2. Berkumur dengan Air Lemon

Mengatasi gusi bengkak juga bisa dilakukan dengan air lemon. Selain berkumur dengan air garam, kandungan antiseptik alami lainnya juga bisa didapatkan pada lemon. Kandungan asam alkali yang dijumpai pada lemon bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Kadar pH yang seimbang ini tentunya akan meminimalisir gusi yang membengkak.
Untuk mendapatkan manfaat dari air lemon ini caranya mudah, kamu cukup memeras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Jika sudah, kamu tinggal menggunakan campuran air ini sebagai obat kumur sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Oleskan Belimbing Wuluh pada Gusi

Cara mengatasi gusi bengkak lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Siapa sangka buah yang biasanya digunakan sebagai campuran masak ini ternyata cukup efektif untuk mengatasi masalah gusi yang membengkak. Belimbing wuluh sendiri cukup mudah dijumpai dalam masyarakat Indonesia yang beriklim tropis.

banner consideration promotion bg blue

Untuk mendapatkan manfaat dari belimbing wuluh yang ini kamu cukup mengoleskan pada gusi yang bengkak. Pilihlah belimbing wuluh yang belum terlalu matang, tumbuk hingga halus, lalu oleskan pada bagian gusi yang membengkak.

4. Oleskan Campuran Merica, Garam, dan Air pada Gusi

Cara efektif selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gusi yang bengkak adalah dengan menggunakan ramuan bumbu yang biasanya ditemui di dapur. Bumbu dapur tersebut adalah merica. Hal ini karena merica mengandung zat anti inflamasi dan analgesik yang berguna untuk meredakan rasa nyeri. Kandungan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gusi bengkak.
Untuk mengaplikasikan manfaat dari merica sebagai obat pereda gusi bengkak ini, kamu bisa menambahkan campuran air dan garam lalu aduk hingga berbentuk pasta dan oleskan pada gusi yang bengkak. Cukup mudah, bukan?

5. Berkumur dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji

Jambu biji memang dikenal sebagai pohon serbaguna. Tidak hanya buahnya yang berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit demam berdarah, tetapi rebusan airnya ternyata juga mempunyai manfaat untuk mengatasi gusi yang bengkak.
Berkumur dengan air rebusan daun biji dipercaya sebagai salah satu cara yang efektif untuk membasmi bakteri dan menjaga kesehatan mulut. Untuk pengapliasiannya juga cukup mudah. Rebuslah beberapa lembar daun biji dengan air, lalu kamu dapat berkumur dengan air rebusan ini.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah kelima cara mengatasi gusi bengkak yang bisa kamu lakukan dengan efektif. Dengan mengetahui informasi ini diharapkan kondisi gusi yang bengkak bukan lagi menjadi masalah untuk kamu! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami