Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Aman Untuk Calon Buah Hati

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Feb 2021
Clock Icon
3 menit
Atasi mual saat hamil dengan cara mengatasi mual saat hamil yang aman.
Mual seringkali muncul pada perempuan di awal kehamilan yang tingkat keparahannya berbeda. Bahkan membuat wanita merasa lemah, lesu, dan tak bergairah ketika rasa mual muncul cukup parah dan sering. Agar ibu hamil tetap bisa menjalani hari yang produktif, berikut berbagai cara mengatasi mual saat hamil yang aman untuk buah hati:
banner consideration shipping bg blue

1. Hirup Aroma Segar



Indra penciuman wanita bisa meningkat menjadi beberapa kali lipat lebih sensitif saat sedang hamil. Inilah yang membuat apapun yang tadinya tercium biasa saja akan terasa begitu menyengat dan mengganggu sehingga menimbulkan rasa mual.

Cara mengatasinya, cari udara segar dengan membuka jendela untuk membuka akses masuk udara segar. Selain itu, ibu hamil juga bisa mencium aroma segar seperti ekstrak lemon, jeruk atau bunga yang bisa dibawa dan digunakan setiap saat.

2. Mengenali Rasa Mual



Mual bisa muncul dan hilang kapan saja, tetapi harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dengan mengenali penyebab munculnya sehingga bisa mengatasi masalah ini. Misalnya, apabila kamu mual setiap kali mencium bau masakan tetangga setiap pukul 09.00, maka sebelum mual karena hal tersebut, kamu bisa menyiapkan diri dengan menutup jendela atau masuk ke dalam ruangan yang cukup jauh dari bau masakan tersebut.

3. Jaga Asupan Cairan



Menjaga asupan cairan akan lebih baik dengan cara minum sedikit demi sedikit tapi sering dan teratur dibandingkan minum banyak air  secara langsung. Perlu diketahui bahwa ibu hamil sangat penting untuk mencukupi cairannya dalam tubuh. Jika mengalami dehidrasi, mual akan semakin terasa.

4. Makanan Dengan Porsi Sedikit



Mengonsumsi lebih banyak makanan per hari dengan porsi yang lebih kecil dapat membantu mengatasi rasa mual, terutama makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Daripada mengonsumsi makanan rasa manis dan pedas, makanan yang dapat ditoleransi saat mual adalah yang kering dan gurih, seperti cracker. Selain itu, makanan dingin juga lebih baik dibandingkan makanan yang panas karena bau yang ditimbulkannya akan lebih sedikit.
banner consideration promotion bg blue

5. Hindari Perut Kosong



Menghindari perut kosong selama hamil sangat penting untuk kesehatan bayi sehingga mual yang dialami pun akan teratasi dengan baik. Menurut Heidi Murkoff, penulis What to Expect When You're Expecting mengatakan, saat perut kosong, asam lambung tidak memiliki apa-apa untuk mencerna kecuali lapisan perut yang dapat memperparah mual.

Sedangkan makan terlalu banyak dapat membebani sistem pencernaan. Maka menjaga perut agar sedikit kenyang baik siang dan malam adalah pertahanan terbaik untuk mengatasi mual.

6. Konsumsi Suplemen Jahe



Mengkonsumsi jahe termasuk salah satu cara mengatasi mual saat hamil. Jahe dapat membantu mengurangi gejala mual selama awal kehamilan. Bila kamu ingin membeli ekstrak jahenya setelah berkonsultasi dengan dokter, pilih penjual online yang bisa dipercaya dan reputasinya baik, atau kunjungi toko kesehatan.

7. Minuman Elektrolit



Bagi kamu yang juga mengalami muntah, maka penting untuk mengisi cairan tubuh sehingga mengurangi risiko terjadinya dehidrasi. Mengutip dari Mayo Clinic, mual dan muntah yang sedang hingga berat pada ibu hamil dapat menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Maka ibu hamil dapat minum cairan ekstra dan obat resep jika merasakan morning sickness yang parah. Misalnya, air kelapa, jus buah, minuman elektrolit, atau membuat larutan air gula dan garam sendiri.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara mengatasi mual saat hamil yang aman untuk calon buah hati. Saat hamil memang mual akan menjadi hal yang cukup sering dialami ibu hamil. Diharapkan berbagai cara di atas bisa membantu ibu hamil untuk mengatasi mual dengan cara-cara yang aman bagi bayi.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.