Cara Mengatasi Perut Kembung yang Baik dan Benar

01 Sep 2020 @ 09:42:32
Perut kembung alias begah terkadang membuat aktivitas menjadi pengganggu. Banyak faktor yang menyebabkan perut menjadi kembung. Salah satunya adalah kembung atau terlalu banyak makan makanan yang mengandung gas. Bagaimana cara mengatasi perut kembung yang baik dan benar? Simak ulasanya berikut ini.

1. Minum Rebusan Jahe Hangat



Cara mengatasi perut kembung yang pertama adalah dengan menggunakan jahe. Jahe yang banyak dijumpai di dapur ini, ternyata memiliki banyak khasiat tersembunyi. Salah satunya adalah mengatasi perut yang terasa kembung maupun begah. Rasa jahe yang pedas membuat perut menjadi terasa hangat sehingga memberikan efek lega dan nyaman. Kamu bisa mengunyah jahe secara langsung untuk mendapatkan manfaat dari tanaman rempah yang satu ini. Selain mengunyah secara langsung, tidak ada salahnya jika kamu merebus parutan jahe dan menjadikannya wedang jahe yang semakin enak dinikmati. 

2. Konsumsi Probiotik



Perut kembung yang kamu rasakan juga bisa diatasi dengan konsumsi minuman probiotik. Perut kembung juga bisa disebabkan karena banyaknya gas yang dihasilkan oleh bakteri di usus. Banyak sekali jenis bakteri yang terdapat di usus manusia, sehingga hal ini mungkin ada hubungannya dengan produksi gas. Beberapa penelitian juga mendukung hal ini. 

Beberapa studi klinis juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen probiotik tertentu membantu mengurangi produksi gas dan rasa kembung pada orang dengan masalah pencernaan. Namun, penelitian lain mengungkapkan pendapat yang berbeda, dimana menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mengurangi gas, tetapi bukan gejala kembung. Kondisi ini tergantung pada setiap individu, serta jenis strain probiotik yang dikonsumsi.

3. Dengan Mengonsumsi Teh



Ketika perut terasa kembung, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi teh yang terbuat dari bahan jahe, peppermint, dan kembang lawang.  Kandungan rempah-rempah yang dibuat teh ini bisa membantu mengurangi penumpukan gas di lambung. 

Selain terasa nikmat dan melegakan tenggorokan, jenis rempah-rempah ini juga bisa menghangatkan tubuhmu. Namun satu yang harus kamu ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi teh kembang lawang jika tidak cocok, karena bisa menyebabkan diare.

4. Menghindari Minuman Bersoda



Bagi sebagian orang, mengkonsumsi soda bisa mengatasi perut begah alias perut kembung. Namun nyatanya, anggapan ini tidaklah benar. Soda mengandung banyak gas yang bisa menumpuk di perut, sehingga justru malah membuat perut menjadi kembung karena banyak gas yang masuk.

Tidak hanya karbon dioksida yang terkandung dalam soda, yang bisa membuat perut penuh dengan gas, tetapi gula dan pemanis buatan yang terdapat di dalamnya juga bisa membuat perut menjadi semakin kembung. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengurangi minuman bersoda.

5. Mengkonsumsi Rebusan Kunyit



Cara mengatasi perut kembung yang terakhir adalah dengan menggunakan air rebusan kunyit. Selain jahe, kunyit juga terkenal bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan, mulai dari sakit perut, mulas, sampai perut kembung sudah tidak diragukan lagi. Kunyit dipercaya mampu menenangkan sistem pencernaan dan mengeluarkan gas yang terjebak di dalam perut, sehingga bisa meredakan rasa kembung. Kamu bisa mengkonsumsi air rebusan kunyit, untuk mendapatkan manfaat kunyit yang satu ini.

Itulah kelima cara mengatasi perut kembung dengan baik dan benar. Diharapkan dengan informasi ini kamu bisa mengatasi kembung pada perut kamu ya. Pastikan kamu tidak terlalu banyak makan-makanan yang bisa membuat perut semakin begah dan tidak nyaman digunakan beraktivitas lagi.

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020