Cara Mengatasi Wajah Berminyak yang Efektif

02 Sep 2020 @ 09:44:39
Memiliki wajah berminyak memang sangat mengganggu, terutama bagi penampilan wanita. Kulit wajah yang berminyak ini sendiri disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Produksi sebum   yang berlebih inilah yang menyebabkan kulit wajah menjadi berminyak dan berujung pada kulit kusam, pori-pori tersumbat, komedo, hingga jerawat. Inilah beberapa cara mengatasi wajah berminyak yang efektif:

1. Rajin Mencuci Muka



Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi wajah berminyak pada wajah adalah dengan rajin mencuci muka. Mencuci muka paling tidak sehari dua kali akan mengurangi produksi sebum sehingga mengurangi produksi minyak di wajah. Kamu bisa mencuci wajah menggunakan sabun muka yang semakin efektif mengurangi minyak.

Akan tetapi ingat, jangan memakai sabun muka dengan wewangian maupun kandungan yang terlalu kuat karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi, sehingga membuat kulit lebih banyak memproduksi sebum. Untuk itu, pastikan kamu memilih produk sabun muka yang lembut.

2. Pakai Toner



Cara kedua yang bisa mengatasi kulit berminyak adalah dengan menggunakan toner. Toner mengandung alkohol yang bisa menyerap minyak pada wajah sehingga cukup efektif untuk membuat kulit wajah kering.

Kamu bisa memilih toner dengan astringent alami, seperti witch hazel, yang mampu menenangkan kulit dan mengatur produksi sebum di wajah. Pada beberapa orang yang cocok, menggunakan toner dengan astringent alami dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah dan menghilangkan sisa produk make up yang dapat menyumbat pori-pori. 

3. Menggunakan Pelembab


Cara untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembab. Banyak orang beranggapan jika menggunakan pelembab bisa membuat kulit mereka semakin berminyak. Padahal, dengan menggunakan pelembab yang tepat bisa bermanfaat bagi pemilik kulit berminyak. 

Tips bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak, jangan memilih pelembab dengan kandungan minyak, guna menjaga kulit tetap lembab tanpa terasa berminyak. Tidak ada salahnya juga jika kamu memakai pelembab dari bahan alami. Seperti gel lidah buaya yang sudah dibuktikan penelitian mampu mengurangi minyak pada wajah.

4. Gunakan Blotting Paper (Kertas Berminyak)



Cara mengatasi kulit berminyak selanjutnya dengan mudah adalah cukup menggunakan blotting paper atau kertas berminyak yang bisa menyerap minyak dari kulit wajah.  Menggunakan blotting paper ini memang tidak dapat mengontrol produksi sebum pada kulit, tetapi bertujuan untuk mengangkat minyak berlebih dari kulit sepanjang hari agar kulit wajah terlihat mengkilap karena memiliki minyak yang berlebih.

5. Oleskan Tabir Surya (Sunscreen)



Menggunakan tabir surya bisa menjadi salah satu opsi untuk mengatasi wajah berminyak dengan efektif. Selain itu, penggunaan tabir surya juga dapat membantu mencegah kulit keriput dan flek hitam akibat paparan sinar matahari. 

Jika kamu khawatir akan munculnya jerawat, tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioksida. Pastikan kamu menghindari menggunakan sunscreen yang mengandung minyak dan wewangian karena ini akan membuat kulit wajah teriritasi. 

Menggunakan sunscreen dengan SPF 30 secara rutin setelah menggunakan pelembab setiap sebelum pergi beraktivitas di luar rumah juga bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengurangi wajah berminyak.

Itulah kelima cara mengatasi wajah berminyak yang bisa kamu lakukan. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa melakukan berbagai cara tersebut dengan rutin ya. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan konsumsi makanan yang sehat dan juga olahraga, supaya kesehatan tubuh dan kulit kamu bisa lebih maksimal. Selamat mencoba! 

Artikel Terkait

Ketahui 6 Manfaat Masker Putih Telur dan Cara Membuatnya
Ada banyak sekali manfaat masker putih telur untuk kesehatan kulit wajah dan kecantikan kamu..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Air Mawar yang Bukan Hanya Untuk Hiasan Ruangan
Ada 7 manfaat air mawar yang sangat baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit kamu, apa aja sih?..
Rizki Indra
17 September 2020
7 Manfaat Lidah Buaya (Aloe Vera) Untuk Kecantikan
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat lidah buaya atau aloe vera untuk kecantikan..
Rizki Indra
16 September 2020