Cara Menghilangkan Bau Badan Membandel. Ada 5 Cara Efektif yang Wajib Kamu Lakukan

31 Aug 2020 @ 11:55:26
Bau badan tidak mengenal jenis kelamin, maupun usia. Dalam istilah medis, bau badan dikenal dengan bromhidrosis. Bau badan ini akan timbul ketika bakteri yang berada di tubuh bertemu dengan keringat yang tidak memiliki bau dan berkembang biak. 

Bau yang dihasilkan sendiri merupakan pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit. Hal ini biasanya terjadi pada masa pubertas karena meningkatkan hormon androgen. Inilah beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu lakukan.

1. Baking Soda



Siapa sangka jika bahan yang sering muncul di dapur untuk pengembanh kue ini ternyata sangat ampuh digunakan sebagai pengganti deodoran. Dalam hal ini, baking soda sendiri berguna untuk menetralkan asam dan basa, sehingga bisa menghilangkan bau badan yang terjadi pada tubuh. Selain itu, saat kamu menggunakan baking soda, tidak akan menodai pakaian yang kamu kenakan seperti pada kebanyakan antiperspirant yang dijual di pasaran.

Untuk mendapatkan manfaat dari baking soda ini, kamu bisa menambahkannya dengan perasan lemon secukupnya. Setelah itu, oleskan pada ketiak dan diamkan 2-3 menit. Cara ini bisa mengurangi bau badan secara efektif ketika kamu seharian beraktivitas.

2. Cuka Apel



Selain baking soda, cuka sari apel ternyata juga dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk menghilangkan bau badan. Cuka apel sendiri memang sudah dikenal bermanfaat banyak dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Selain dapat mengurangi bau badan, cuka sari apel juga dapat mencegah kolesterol tinggi, diabetes, dan jerawat pada kulit wajah.

Cara pengaplikasian cuka apel untuk mengurangi bau badan cukup mudah. Cukup teteskan cuka apel secukupnya pada kapas, lalu oleskan pada kulit ketiak. Kamu bisa menerapkan cara ini sehari dua kali. Namun perlu diingat, menyikapi bau cuka apel yang kurang sedap, pastikan kamu jangan sering-sering mengaplikasikannya, atau bahkan meneteskannya.

3. Minyak Pohon Teh



Cara efektif berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau badan adalah menggunakan minyak pohon teh. Tidak hanya itu, ternyata minyak pohon teh juga berkhasiat lain seperti menghilangkan bau mulut, alergi kulit, jamur kuku, maupun berbagai kondisi medis lainnya.

4. Lidah Buaya



Siapa sangka jika tanaman berwarna hijau yang memiliki duri-duri kecil di sekujur tubuhnya ini sangat efektif untuk menghilangkan bau badan. Lidah buaya sendiri memang terkenal mempunyai sejuta khasiat. Tidak hanya dalam dunia kesehatan, tetapi lidah buaya juga banyak digunakan sebagai produk utama dalam dunia kecantikan.

Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya sebagai penghilang bau badan, kamu cukup oleskan gel lidah buaya pada kulit ketiak. Diamkan semalaman, lalu bilas dengan air hangat ketika pagi sudah menjelang. Kamu bisa menggunakan cara ini secara rutin setiap malam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

5. Gosok dengan Kentang



Cara menghilangkan bau badan yang terakhir adalah dengan menggosok kulit ketiak dengan kentang. Selain dapat diolah menjadi masakan yang enak dimakan, ternyata kentang juga mempunyai khasiat lain, yaitu sebagai bahan alami penghilang bau badan. Caranya cukup mudah. Iris tipis kentang, lalu gosok pelan-pelan secara langsung pada kulit ketiak. Diamkan selama beberapa waktu hingga sari kentangnya kering. Setelah itu, kamu bisa membalurkan deodoran di ketiak. 

Kandungan yang terdapat di dalam kentang dipercaya mampu mengendalikan produksi keringat dan mencegah bakteri yang ada di ketiak. Kandungan asam alami dari kentang inilah yang dimanfaatkan untuk membantu menurunkan pH kulit ketiak.

Itulah lima cara menghilangkan bau badan yang bisa kamu lakukan. Selain menerapkan tips di atas, menjaga pola makan dan hidup sehat menjadi faktor utama terpenting yang dapat mengurangi bau badan. 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020